Alat pengatur temperatur udara ruangan ber-AC dengan sensor penghitung orang / Arif Nurul Hadi

DDCRp 697.93 HAD a
AuthorHadi, Arif Nurul
YearTugas Akhir (Diploma)--Universitas Negeri Malang. Program Studi D3 Teknik Elektro, 2008
Languageind

Abstract


ABSTRAK





Hadi, Arif Nurul. 2008. Alat Pengatur Temperatur Udara Ruangan ber-AC dengan Sensor Penghitung Orang. Tugas akhir, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. dan (II) Mokh. Sholihul Hadi, S.T.



Kata kunci: Mikrokontroler AT89S51, Infrared, Fotodioda, Relay, Remote Control.



Pendingin udara merupakan suatu usaha untuk mengontrol suhu dalam ruangan tertentu sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi yang menempati, selain itu pendingin udara juga berfungsi untuk menjaga suhu suatu alat, dalam hal ini peralatan yang rawan terhadap panas yang berada di dalam ruangan tersebut. Selama ini pengguna menaikkan atau menurunkan temperatur ruangan dengan menggunakan tenaga manusia. Dari permasalahan tersebut muncul ide yaitu pengatur temperatur udara ruangan ber-AC dengan input sensor penghitung orang. Sistem yang akan dibuat diharapkan nantinya secara otomatis dapat mengurangi kesalahan dalam pengaturan suhu suatu ruangan dan dapat menggantikan tenaga manusia yang ada serta menghemat pemakaian energi listrik.

Sensor pada alat ini diletakkan di sebelah kanan dan kiri tepi pintu. Cara kerja alat ini dimulai dengan mendeteksi orang yang keluar masuk dari pintu dengan infrared sebagai pengirim sinyal dan fotodioda sebagai penerima. Hasil dari pembacaan sensor akan diolah oleh mikrokontroler kemudian ditampilkan di LCD, apabila data yang dibaca pada mikrokontroler menunjukkan orang masuk, maka AC akan menurunkan suhu, dan juga sebaliknya apabila ada orang keluar maka AC akan menaikkan suhunya, dengan pertimbangan bahwa semua orang yang keluar masuk dapat dideteksi oleh sensor.

Dari pengujian yang telah dilakukan bahwa jarak maksimal antara infrared dan fotodioda adalah 1 meter dengan catatan bahwa infrared dan fotodioda harus lurus. pada saat sensor terhalang oleh benda sensor akan memberikan tegangan 1V (logika 1), sedangkan untuk kondisi tidak terhalang, sensor akan memberikan tegangan 0,2V (logika 0). Menurut datasheet tegangan 1,9V dianggap minimal logika high oleh mikrokontroler akan tetapi pada kenyataannya tegangan 1V masih bisa dibaca oleh mikrokontroler sebagai logika high. Alat ini akan bekerja jika sudah masuk pada tampilan jumlah orang dalam ruangan, jika belum masuk pada tampilan ini maka alat tidak akan berjalan.

Untuk menghitung orang yang keluar masuk melalui pintu maka digunakan sensor infrared sebagai pengirim sinyal dan fotodioda sebagai penerima dan untuk menampilkan jumlah orang ke dalam LCD maka seseorang harus melewati dua sensor yaitu sensor arah masuk dan arah keluar, untuk mengendalikan remote control digunakan dua relay, relay pertama dihubungkan pada tombol Up pada remote dan relay kedua dihubungkan pada tombol Down. Alat ini menggunakan sensor infrared dan fotodioda, keypad 3x4 sebagai pengubah tampilan menu. Untuk jenis pengolah sinyal menggunakan mikrokontroler AT89S51, dengan tampilan LCD. Data yang ditampilkan adalah jumlah orang dalam ruangan.


Download file

  1. 01807KI08-1.pdf (15.93 KB)
  2. 01807KI08-2.pdf (102.63 KB)
  3. 01807KI08-3.pdf (109.30 KB)
  4. 01807KI08-4.pdf (399.26 KB)
  5. 01807KI08-5.pdf (5.47 KB)
  6. 01807KI08-ABSTRAK.doc (27.00 KB)
  7. 01807KI08-ABSTRAK.pdf (8.63 KB)



Download Alat pengatur temperatur udara ruangan ber-AC dengan sensor penghitung orang / Arif Nurul Hadi


TypeLanguage
Download Alat pengatur temperatur udara ruangan ber-AC dengan sensor penghitung orang / Arif Nurul Hadi ID

Print Alat pengatur temperatur udara ruangan ber-AC dengan sensor penghitung orang / Arif Nurul Hadi

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....