Analisis buku teks mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas II Sekolah dasar (SD) / Avivatu Rosita

DDCRs 372.832045 ROS a
AuthorRosita, Avivatu
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, 2011
Languageind

Abstract


Kata Kunci: analisis buku teks, kesesuaian pendekatan penulisan, materi, sistem evaluasi dengan kurikulum tahun 2006.





Buku teks digunakan sebagai buku penunjang dalam proses pembelajaran. Namun saat ini masih ada beberapa buku yang belum sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan tahun 2006 baik dari segi pendekatan penulisan, kompetensi maupun sistem evaluasi Oleh karena itu, untuk mengatasi kondisi seperti itu, para guru atau calon guru harus memiliki kemampuan menelaah buku teks.



Dalam penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) bagaimana kesesuaian pendekatan penulisan buku teks dengan pendekatan yang ada dalam kurikulum yang ditetapkan tahun 2006? (2) bagaimana kesesuaian materi dalam buku teks dengan kompetensi dalam kurikulum yang ditetapkan tahun 2006? (3) bagaimana kesesuaian sistem evaluasi yang ada dalam buku teks dengan sistem evaluasi dalam kurikulum yang ditetapkan tahun 2006?



Untuk memecahkan masalah tersebut, penelitian dirancang dengan model analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku teks PKn SD/MI Kelas 2 yang ditulis oleh Setiati Widihastuti dan Fajar Rahyuningsih, penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas 2008. Data hasil analisis dikumpulkan menggunakan instrumen.



Data yang dikumpulkan sebagai berikut: pertama, kesesuaian pendekatan penulisan pada bab 1 sesuai dengan pendekatan filosofis konstruktivisme namun pada akhir pembahasan belum ada konfirmasi jawaban yang tepat, sedangkan pada bab 2, 3, dan 4 sesuai dengan pendekatan filosofis kognitivisme. Tidak ertulis pendekatan kurikuler yang berupa SK, KD dan tidak sesuai dengan pendekatan pembelajaran tematik; kedua, kesesuaian materi dari 4 SK dan 9 KD dijabarkan menjadi 22 indikator, tetapi 7 indikator pembelajaran tidak dibahas; ketiga, kesesuaian sistem evaluasi terdapat 189 sistem evaluasi aspek kognitif, 10 istem evaluasi aspek afektif dan tidak terdapat sistem evaluasi aspek psikomotor.



Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan: pertama, Pendekatan penulisan buku teks tidak sesuai dengan pendekatan dalam kurikulum tahun 2006; kedua, Materi dalam buku teks kurang sesuai dengan kompetensi dalam kurikulum tahun 2006; ketiga, Sistem evaluasi dalam buku teks cenderung pada aspek kognitif, sedangkan untuk aspek afektif hanya terdapat afektif yang bersifat kognitif saja, dan tidak terdapat aspek psikomotor. Saran-saran dari hasil penelitian: pertama, penulis hendaknya melakukan revisi pada buku teks PKn kelas II; kedua, bagi guru atau calon guru, sebelum mempergunakan buku teks, guru dapat menelaah kesesuaian materi buku teks dengan kurikulum tahun 2006 dan guru bisa mengembangkan sendiri materi jika indikator belum dicantumkan atau memanfaatkan sumber belajar yang lain. Ketiga, bagi peneliti lain hendaknya dapat meneliti materi buku teks PKn sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan karakteristik siswa SD.


Download file

  1. 01606KI11-3. Cover.pdf (7.08 KB)
  2. 01606KI11-6. ABSTRAK.pdf (8.47 KB)
  3. 01606KI11-BAB I.pdf (100.26 KB)
  4. 01606KI11-BAB II.pdf (23.63 KB)
  5. 01606KI11-BAB III.pdf (71.60 KB)
  6. 01606KI11-BAB IV.pdf (124.12 KB)
  7. 01606KI11-BAB V.pdf (14.60 KB)
  8. 01606KI11-Daftar Rujukan.pdf (9.03 KB)



Download Analisis buku teks mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas II Sekolah dasar (SD) / Avivatu Rosita


TypeLanguage
Download Analisis buku teks mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas II Sekolah dasar (SD) / Avivatu Rosita ID

Print Analisis buku teks mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas II Sekolah dasar (SD) / Avivatu Rosita

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....