Analisis faktor-faktor motivasional pemilihan jurusan siswa SMK Swasta se-Kota Malang / Ira Ermayanti

DDCRs 370.154 ERM a
AuthorErmayanti, Ira
Year2009
Languageind

Abstract


ABSTRAK





Ermayanti, Ira. 2009. Analisis Faktor-Faktor Motivasional Pemilihan Jurusan Siswa SMK Swasta Se Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Bambang Setyadin, M.Pd, (II) Dra. Mustiningsih, M.Pd.



Kata kunci: motivasi, jurusan.



Pendidikan merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan, karena pendidikan sudah menjadi kebutuhan primer dalam rangka membina dan membentuk watak serta kepribadian bangsa agar menjadi bangsa yang berbudaya dan beradab. Salah satu masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia adalah terbatasnya lapangan kerja. Bentuk jenjang pendidikan yang ada di Indonesia sebagai jembatan untuk memasuki dunia kerja adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional yang terdiri dari berbagai macam jurusan. Sehubungan akan hal itu bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMK memiliki motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik.

Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: (1) apa sajakah faktor-faktor yang menjadi motivasi pemilihan jurusan siswa SMK Swasta se Kota Malang, (2) apakah faktor motivasi yang paling dominan sebagai pendorong siswa memilih jurusan di SMK Swasta se Kota Malang, dan (3) berdasarkan aspek motivasinya, berapa orang siswa yang mengalami salah pilih jurusan di SMK Swasta se Kota Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor yang menjadi motivasi pemilihan jurusan siswa SMK Swasta se Kota Malang, (2) faktor motivasi paling dominan yang mendorong siswa memilih jurusan di SMK Swasta, dan (3) menemukan jumlah siswa yang salah dalam memilih jurusan di SMK Swasta berdasarkan motivasi mereka.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksploratori dan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa Kelas I SMK Swasta se Kota Malang tahun ajaran 2009/2010, yaitu 11244 siswa. Sampel penelitian berjumlah 368 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang berisi 53 item pernyataan dengan reliabilitas 0,934. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor eksploratori, analisis deskriptif, dan analisis diskriminan, dengan menggunakan program komputer SPSS (Statistical Product and Service Solution) for Windows version 12.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan pembentukan faktor-faktor baru hasil dari analisis faktor adalah: (1) Faktor sesuai kemampuan dan harapan, (2) Faktor kesenangan, (3) Faktor dorongan pihak luar, (4) Faktor pertimbangan animo masyarakat, (5) Faktor sesuai hobi, (6) Faktor status ekonomi, (7) Faktor kelengkapan sarana dan parasarana, (8) Faktor dukungan keluarga, (9) Faktor informasi relasi, (10) Faktor favorit, dan (11) Faktor dukungan teman. Jumlah sampel sebanyak 368 siswa, berdasarkan motivasinya siswa yang salah memilih jurusan adalah 356 dan sisanya 12 mengalami ketepatan memilih jurusan.

Implikasi penelitian ini adalah: (1) Faktor yang paling dominan dalam pemilihan jurusan adalah faktor sesuai kemampuan dan harapan, maka dalam penerimaan siswa yang diutamakan adalah menggali kemampuan dan harapan siswa sebagai dasar untuk menentukan jurusannya; dan (2) Sebagian besar siswa ternyata salah pilih jurusan, oleh karena itu harus dilakukan replacement jurusan untuk disesuaikan dengan kemampuan dan harapan siswa.

Saran yang dikemukakan sebagai berikut: (1) Pengelola SMK Swasta se Kota Malang, hendaknya Pengelola SMK Swasta se Kota Malang memperhatikan faktor-faktor yang menjadi motivasi siswa dalam pemilihan jurusan terutama faktor yang paling dominan, yaitu faktor sesuai kemampuan dan harapan. Upaya untuk menggali kemampuan dan harapan siswa selain dari hasil studi selama di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), dapat dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Sehubungan dengan hasil tersebut dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan penerimaan peserta didik baru agar tidak terjadi salah pilih jurusan yang nantinya berimbas pada kesalahan penjurusan/pengelompokan siswa. Apabila terjadi kesalahan pemilihan jurusan atau penjurusan siswa, maka perlu dilakukan penggantian jurusan kepada siswa bersangkutan yang disesuaikan dengan kemampuan dan harapannya, hal demikian dimaksudkan agar: proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan lancar, siswa dapat lebih fokus menerima pelajaran sehingga harapannya dapat tercapai, dan tercetak output (lulusan) yang berkualitas dan siap pakai dalam dunia kerja; (2) Siswa, hendaknya bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya agar tidak salah memilih jurusan, mereka perlu mengetahui seberapa tingkat kemampuan dan harapan yang dimiliki, selain itu perhatian serta pertimbangan faktor-faktor motivasi pemilihan jurusan yang lain juga diperlukan sebagai landasan memutuskan jurusan yang dipilih; (3) Pengelola Jurusan Administrasi Pendidikan, hendaknya melakukan kajian ulang atau mengembangkan hasil terhadap penelitan ini, sehingga penelitian ini dapat menambah keilmuan dalam bidang manajemen pendidikan yang terkait dalam salah satu substansi, yaitu manajemen peserta didik; dan (4) Peneliti Lain, penelitian ini dapat dijadikan referensi terhadap penelitian yang sejenis. Tetapi apabila dari hasil penelitian ini terdapat motif-motif yang tidak seluruhnya benar, sebaiknya disanggah dengan menggunakan teori motivasi baru yang menentukan siswa memilih jurusan.


Download file

  1. 00305KI10-BAB I.doc (56.50 KB)
  2. 00305KI10-BAB II.doc (119.00 KB)
  3. 00305KI10-BAB III.doc (201.00 KB)
  4. 00305KI10-BAB IV.doc (695.00 KB)
  5. 00305KI10-BAB V.doc (115.50 KB)
  6. 00305KI10-BAB VI.doc (47.00 KB)



Download Analisis faktor-faktor motivasional pemilihan jurusan siswa SMK Swasta se-Kota Malang / Ira Ermayanti


TypeLanguage
Download Analisis faktor-faktor motivasional pemilihan jurusan siswa SMK Swasta se-Kota Malang / Ira Ermayanti ID

Print Analisis faktor-faktor motivasional pemilihan jurusan siswa SMK Swasta se-Kota Malang / Ira Ermayanti

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....