Analisis karakteristik parkir pada gedung perkantoran bank di Kota Malang / Moch. Asfiak

DDCRs 388.474 MOC a
AuthorMoch. Asfiak
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, 2007
Languageind

Abstract


Parkir merupakan salah satu fasilitas dan pelayanan publik yang terdapat pada setiap gedung perkantoran termasuk di perkantoran Bank. Kegagalan dalam mengatasi masalah perparkiran dapat mengakibatkan kemacetan, kenyamanan lingkungan terganggu, dan juga mengundang dampak kerawanan yaitu berupa kecelakaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik parkir dan kebutuhan parkir di gedung perkantoran bank di kota Malang, yakni BCA, BNI dan BRI. Dengan penelitian ini akan diperoleh suatu gambaran tentang karakteristik parkir yang dapat memberikan penilaian terhadap kinerja dari pelataran parkir yang ada. Berdasarkan kinerja parkir tersebut, dapat dikemukakan suatu alternatif penanganan sehingga diharapkan akan terwujud area parkir yang lebih nyaman dan teratur.

Hasil penelitian ini menunjukkan akumulasi maksimum terjadi peningkatan mulai pukul 08.00, sesuai dengan jam buka bank dan mencapai puncaknya pada jam 09.01 ? 09.30 untuk mobil dengan nilai rata-rata sebesar 19 kendaraan dan pada jam 9:46 ? 10:00 untuk sepeda motor dengan nilai rata-rata sebesar 11 kendaraan. Nilai turn over keseluruhan bank selama empat hari pengamatan, diperoleh angka 0,96 kendaraan/petak/jam untuk mobil dan 0,46 kendaraan/petak/jam untuk sepeda motor. Durasi rata-rata parkir gabungan untuk mobil adalah 20 menit dan 17 menit untuk sepeda motor. Persentase jumlah kendaraan parkir di gedung perkantoran bank terhadap lamanya parkir, angka paling tinggi untuk mobil maupun sepeda motor adalah pada durasi 0 ? 15 menit, di mana 45% mobil dan 59% sepeda motor. Kebutuhan ruang parkir berdasarkan metode akumulasi maksimum parkir secara keseluruhan, diketahui bahwa untuk mobil sebesar 21 petak dan 13 petak untuk sepeda motor. Perhitungan kebutuhan ruang parkir berdasarkan SRP dengan menggunakan akumulasi maksimum, dapat diketahui bahwa untuk BCA, ruang parkir (SRP) mobil seluas 379,5 m2 dan sepeda motor seluas 57 m2. Ruang parkir mobil BNI seluas 391 m2, dan untuk sepeda motor off street dan on street masing-masing seluas 21 m2 dan 27 m2. Untuk BRI, mobil seluas 126,5 m2 dan sepeda motor seluas 46,5 m2.


Download file




Download Analisis karakteristik parkir pada gedung perkantoran bank di Kota Malang / Moch. Asfiak


TypeLanguage
Download Analisis karakteristik parkir pada gedung perkantoran bank di Kota Malang / Moch. Asfiak ID

Print Analisis karakteristik parkir pada gedung perkantoran bank di Kota Malang / Moch. Asfiak

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....