Analisis perbedaan kinerja keuangan, bid-ask spread, dan return saham sebelum dan sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2004-2008 / Ridha Aji R.

DDCRs 332.632 AJI a
AuthorAji R., Ridha
Year2009
Languageind

Abstract


Dalam dunia usaha, salah satu cara untuk mendapatkan dana adalah dengan cara menerbitkan saham baru atau right issue. Dengan bertambanya jumlah dana perusahaan, maka akan menunjang kegiatan perusahaan, sehingga keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. Disamping keuntungan yang didapatkan dari melakukan right issue, maka dampak lain dari right issue misalnya peningkatan bid-ask spread maupun return saham dari perusahaan yang bersangkutan atau sebaliknya, dengan dilakukannya right issue akan menurunkan bid-ask spread maupun return saham. Untuk itu dalam memutuskan melakukan right issue benar-benar dipertimbangkan oleh pihak manajemen.



Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kinerja keuangan sebelum right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI. (2) Untuk mengetahui kinerja keuangan sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI. (3) Untuk mengetahui bid-ask spread sebelum right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI. (4) Untuk mengetahui bid-ask spread sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2004-2008. (5) Untuk mengetahui return saham sebelum right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun. (6) Untuk mengetahui return saham sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI. (7) Untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI. (8) Untuk mengetahui perbedaan bid-ask spread sebelum dan sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI.(9) Untuk mengetahui perbedaan return saham sebelum dan sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI.



Penelitian ini menggunakan analisis rasio, bid-ask spread dan return saham. Dimana rasio keuangan terdiri dari: return on asset, return on equity, current ratio, debt to equity ratio, total asset turover, dan earning per share. Sedangkan populasi yang digunakan yaitu pada paerusahaan yang terdaftar di BEI yang melakukan right issue pada tahun 2004-2008. Sampel yang diambil menggunakan tekinik purposive sampling, pemilihan sampel dengan memilih perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI yang melakukan right issue tahun 2004-2008. Pengumpulan data menggunakan data dokumentasi, yaitu laporan keuangan yang dipublikasikan dari data sekunder yang diterbitkan dari Pusat Data Bisnis Universitas Negeri Malang.



Dari hasil penelitian terbukti bahwa terdapat perbedaan kineja keuangan yang diukur oleh total asset turnover untuk 2 semester sebelum dan sesudah right issue, 3 semester sebelum dan sesudah right issue dan untuk rasio yang lain tidak terdapat perbedaan, sehingga nilai tambah perusahaan yang diinginkan belum tercapai. Untuk pengukuran bid-ask spread dan return saham tidak terdapat perbedaan, hal ini disebabkan karena investor beranggapan bahwa right issue tidak memberikan sinergi bagi perusahaan, karena kebocoran informasi sebelum peristiwa right issue.



Dari hasil penelitian dapat diasarankan bagi perusahaan yang melakukan right issue dapat meningkatkan kinerjanya terutama dalam pengelolaan dana secara efektif dan efisien sehingga menarik investasi untuk menanamkan modalnya. Dalam melakukan investasi, investor sebaiknya memperhatikan faktor-faktor internal perusahaan seperti kinerja manajemen perusahaan dan faktor-faktor eksternal yang mungkin akan berpengaruh tehadap pembentukan harga saham yang akan berdampak bid-ask spread dan return saham yang diperoleh investor.


Download file

  1. 00007KI10-ABSTRAK.doc (29.50 KB)
  2. 00007KI10-BAB I.pdf (54.34 KB)
  3. 00007KI10-BAB II.pdf (134.33 KB)
  4. 00007KI10-BAB III.pdf (62.41 KB)
  5. 00007KI10-BAB iv.pdf (212.73 KB)
  6. 00007KI10-BAB V.pdf (138.90 KB)
  7. 00007KI10-BAB VI.pdf (9.59 KB)



Download Analisis perbedaan kinerja keuangan, bid-ask spread, dan return saham sebelum dan sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2004-2008 / Ridha Aji R.


TypeLanguage
Download Analisis perbedaan kinerja keuangan, bid-ask spread, dan return saham sebelum dan sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2004-2008 / Ridha Aji R. ID

Print Analisis perbedaan kinerja keuangan, bid-ask spread, dan return saham sebelum dan sesudah right issue pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2004-2008 / Ridha Aji R.

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....