Analisis saluran distribusi dan volume penjualan pada PR. Putra Abadi Sidoarjo / Widya Dharma

DDCRs 658.87 DHA a
AuthorDharma, Widya
Year2009
Languageind

Abstract


Pabrik rokok Putra Abadi Sidoarjo adalah salah satu perusahaan rokok diitngkat lokal yang berlokasi di daerah Tanggulangin, Sidoarjo. Pabrik rokok Putra Abadi Sidoarjo sebagai produsen rokok tentunya tidak kalah dalam berinovasi mencipatakan rokok yang sesuai dengan citra rasa dan iklim dimana rokok tersebut akan dipasarkan. Salah satu produk yang mereka ciptakan adalah rokok sam sam dji special isi 12 dan sam sam dji siaga isi 10. Di dalam pemasaranya pihak manajemen melakukan penjualan sampai keluar pulau Jawa. Dalam menguasai pangsa pasar Pabrik rokok Putra Abadi Sidoarjo menggunakan saluran distribusi melalui agen-agen yang tersebar diwilayah tertentu yang telah ditetapkan dan ditentukan pihak manajemen sebagai area pemasaran Berangkat dari pemikiran dan permasalahan di atas membuat peneliti tertarik untuk mengungkap dan mengkaji lebih jauh lagi kedalam bentuk penelitian dengan judul “Analisis Saluran Distribusi dan Volume Penjualan pada Pabrik Rokok Putra Abadi Sidoarjo”.



Adapun rumusan masalahnya adalah faktor-faktor apakah yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan saluran distribusi pada perusahaan pabrik rokok Putra Abadi Sidoarjo. Bagaimana model saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan pabrik rokok Putra Abadi Sidoarjo. Berapakah volume penjualan yang dihasilkan oleh agen dan sales pada tahun 2006-2007.Bagaimana keterkaitan antara saluran distribusi dengan volume penjualan pada PR. Putra Abadi Sidoarjo.



Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Popolasi penelitian ini adalah Agen dan distributor Bagian Pemasaran Pabrik Rokok Putra Abadi Sidoarjo dengan jenis data yang dipergunakan adalah data dokumentasi. Teknik analisa data yang dipergunakan adalah kualitatif.



Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan saluran distribusi pada perusahaan pabrik rokok Putra Abadi Sidoarjo yakni sistem penjualan dilakukan secara langsung dan tunai kepada para agen. Atau melalui mekanisme tempo bagi para agen atau distributor yang telah bekerjasama lama dengan PR. Putra Abadi Sidoarjo sehingga dapat menghindari kemacetan penjualan yang disebabkan karena tidak mampu bayarnya agen atau distributor terhadap pembayaran rokok dan juga sebagai upaya yang dilakukan untuk pembelian yang tidak berkali-kali yang menyebabkan tingginya biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh PT.Putra Abadi Sidoarjo. Model saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan pabrik rokok Putra Abadi Sidoarjo menggunakan model saluran distribusi panjang.



Volume penjualan yang dihasilkan oleh agen dan sales pada tahun 2006-2007 fluktuatif, dengan jumlah penjualan rata-rata perbulan produk rokok PR. Putra Abadi Sidoarjo pada tahun 2006 penjualan tertinggi didapatkan pada Bulan November sebanyak 161 bal. Jumlah pendapatan terrendah didapatkan pada Bulan Agustus sebanyak 30 bal sementara tahun 2007 Januari sampai April, terus terjadi kenaikan tiap bulannya, sedangkan dari April ke Mei terjadi penurunan, demikian pula antara Mei ke Juni juga mengalami penurunan. Peralihan antara Juni ke Juli volume penjualan mengalami kenaikan dan mengalami penurunan lagi pada Bulan Agustus. Kenaikan terjadi lagi pada bulanseptember dan terus naik pada Bulan Oktober. PadaBulan November terjadi penurunan dan pada Bulan desember kembali terjadi kenaikan.

Keterkaitan antara saluran distribusi dengan volume penjualan pada PR. Putra Abadi Sidoarjo dipergunakan sebagai suatu strategi distribusi yang dipilih dan di pergunakan dalam perusahaan sebab hal ini sangat berkenan erat dengan penentuan dan manajemen saluran distribusi yang dipergunakan oleh perusahaan tersebut untuk memasarkan barang dan jasanya, sehingga produk tersebut dapat sampai ditangan konsumen sasaran dalam jumlah dan jenis yang dibutuhkan, pada waktu yang diperlukan, dan tempat yang tepat untuk mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen, alternatif yang dipilih dapat berupa distribusi langsung (direct channel) atau distribusi tidak langsung (indirect channel).


Download file

  1. 03128KI09-4_ABSTRAKSI WIDYA 050909.pdf (11.34 KB)
  2. 03128KI09-Abstrak.doc (27.50 KB)
  3. 03128KI09-BAB I.pdf (32.67 KB)
  4. 03128KI09-BAB II.pdf (71.88 KB)
  5. 03128KI09-BAB III.pdf (21.37 KB)
  6. 03128KI09-BAB IV.pdf (118.84 KB)
  7. 03128KI09-BAB V.pdf (33.22 KB)
  8. 03128KI09-BAB VI.pdf (16.36 KB)



Download Analisis saluran distribusi dan volume penjualan pada PR. Putra Abadi Sidoarjo / Widya Dharma


TypeLanguage
Download Analisis saluran distribusi dan volume penjualan pada PR. Putra Abadi Sidoarjo / Widya Dharma ID

Print Analisis saluran distribusi dan volume penjualan pada PR. Putra Abadi Sidoarjo / Widya Dharma

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....