Hubungan antara disiplin kerja guru dan iklim sekolah di SMK negeri se-kota Malang / Juwita Muktisari

DDCRs 371.2 MUK h
AuthorMuktisari, Juwita
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, 2011
Languageind

Abstract


Kata kunci: disiplin kerja, iklim sekolah, guru atau tenaga pendidik





Kehidupan pada saat ini dirasakan berjalan semakin cepat. Di mana saja dapat dijumpai suatu keadaan yang terasa sibuk dan terburu-buru sehingga waktu juga terasa demikian sempit dan sangat berharga. Keadaan ini dengan sendirinya menuntut pula perubahan sikap dan perubahan perilaku manusia, khususnya di dalam terwujudnya disiplin kerja di mana saja dan kapan saja. Disiplin kerja adalah sikap mental yang menunjukkan kesungguhan hati untuk menaati segala hal secara cermat dan tertib, sehingga mancapai kondisi yang baik dalam memenuhi fungsi pendidikan. Kurangnya kedisiplinan akan menghambat penyelenggaraan pendidikan yang secara tidak langsung akan mempengaruhi proses pengembangan pendidikan secara keseluruhan. Tenaga pendidik khususnya guru sebagai pelaksana yang langsung berhubungan dengan anak didik mempunyai peranan yang sangat besar dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan lingkungan sekolah berada dalam keadaan yang nyaman, aman, harmonis, dan menyenangkan untuk melakukan kegiatan proses belajar mengajar dan kegiatan lainnya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing staf sekolah.



Rumusan masalah yang diteliti adalah: (1) bagaimana tingkat disiplin kerja di SMK Negeri se-Kota Malang; (2) bagaimana tingkat kondisi iklim sekolah di SMK Negeri se-Kota Malang; dan (3) bagaimana hubungan antara disiplin kerja dan iklim sekolah di SMK Negeri se-Kota Malang. Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu (1) untuk mengetahui tingkat disiplin kerja di SMK Negeri se-Kota Malang; (2) untuk mengetahui tingkat kondisi iklim sekolah di SMK Negeri se-Kota Malang; dan (3) untuk mengetahui hubungan antara disiplin kerja dan iklim sekolah di SMK Negeri se-Kota Malang.



Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Adapun langkah-langkah perhitungan yang dilakukan dalam analisis deskriptif yaitu menentukan persentase dan menentukan kualifikasi dari variabel disiplin kerja (x) dan variabel iklim sekolah (y). Jumlah populasi guru yang ada di SMK Negeri Se-Kota Malang sebanyak 944 orang guru dari 12 SMK Negeri, didapatkan 33 orang guru yang mewakili sebagai sampel penelitian, dari jumlah populasi guru yang ada di SMK Negeri Se-Kota Malang. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini ditentukan berdasarkan rumus pengambilan jumlah sampel dari Taro dan Yamane atau disebut Rumus Slovin. Dalam pengambilan sampel ini peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling, karena keterbatansan waktu, tenaga, dan dana sehingga tidak dapat mengambil sampel besar dan jauh.



Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja guru berada pada kualifikasi sangat tinggi dengan persentase sebesar 30,3% dan diwakili oleh10 responden, kualifikasi tinggi dengan persentase sebesar 60,6% dan diwakili oleh 20 responden,dan kualifikasi cukup dengan persentase sebesar 9,1% dan diwakili 3 responden dengan jumlah keseluruhan sebanyak 33 responden.



Sedangkan iklim sekolah berada pada kualifikasi sangat tinggi sebesar 27,3% dan diwakili oleh 9 orang responden, kualifikasi tinggi berada pada persentase sebesar 54,5% dan diwakili oleh 18 responden dan kualifikasi cukup berada pada persentase sebesar 18,2% dan diwakili oleh 6 responden dengan jumlah keseluruhan 33 responden. Untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus kolerasi Product Moment, dan didapatkan hasil perhitungan analisis data mendapatkan nilai sebesar 0,344 lebih besar dari pada nilai harga kritik r Product Moment sebesar 0,560 untuk taraf signifikan 5%. Yang berarti ada hubungan antara disiplin kerja guru dan iklim sekolah di SMK Negeri se-Kota Malang.



Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) tingkat disiplin kerja guru di SMK Negeri se-Kota Malang dikategorikan tinggi, (2) tingkat kondisi iklim sekolah di SMK Negeri se-Kota Malang dikategorikan tinggi dan, (3) terdapat hubungan antara disiplin kerja guru dan iklim sekolah di SMK Negeri se-Kota Malang.



Saran ditujukan untuk : (1) Kepala sekolah; kepala sekolah supaya mempertahankan disiplin kerja yang sudah berada pada kategori tinggi, kepala sekolah juga perlu membekali guru dalam pelatihan dan pendidikan yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya, kepala sekolah tetap mempertahankan iklim sekolah yang sudah berada pada kategori tinggi, kepala sekolah bersikap terbuka, saling mendukung terhadap para guru dan warga sekolah, dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, sebagai bahan acuan kepala sekolah dalam membina disiplin kerja dan iklim sekolah agar lebih baik dari sebelumnya. Dan menambah wawasan bagi kepala sekolah tentang disiplin kerja para guru dan staf sekolah; (2) Guru; para guru diharapkan mampu bekerja secara professional sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagi seorang pengajar, guru diharapkan mampu bekerja sama secara profesional dengan rekan kerjanya tanpa membanding hasil kerjanya dengan orang lain,guru mampu berkomunikasi secara terbuka dengan rekan kerja lainya, guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, tenang, harmonis, dengan semua rekan guru dan warga sekolah lainnya, guru diharapkan mampu mempertahankan displin kerja dan iklim kerja yang sudah berada pada tingkat tinggi; (3) Peneliti; Peneliti diharapkan mampu mencontoh disiplin kerja dan iklim kerja yang ada di SMK Negeri se-kota Malang. Bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat menyempurnakan penelitian dan menembah variabel serta metode penelitiannya agar lebih menarik.


Download file

  1. 01122KI11-ABSTRAK03.pdf (35.53 KB)
  2. 01122KI11-BAB I.pdf (42.38 KB)
  3. 01122KI11-BAB II.pdf (53.42 KB)
  4. 01122KI11-BAB III.pdf (431.95 KB)
  5. 01122KI11-BAB IV.pdf (385.34 KB)
  6. 01122KI11-BAB V.pdf (44.52 KB)
  7. 01122KI11-BAB VI.pdf (26.62 KB)



Download Hubungan antara disiplin kerja guru dan iklim sekolah di SMK negeri se-kota Malang / Juwita Muktisari


TypeLanguage
Download Hubungan antara disiplin kerja guru dan iklim sekolah di SMK negeri se-kota Malang / Juwita Muktisari ID

Print Hubungan antara disiplin kerja guru dan iklim sekolah di SMK negeri se-kota Malang / Juwita Muktisari

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....