Hubungan gaya kepimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan motivasi kerja dengan kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat / Lobu Ori

DDCRt 371.12 ORI h
AuthorOri, Lobu
YearTesis (Pascasarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen Pendidikan, 2008
Languageind

Abstract


Dalam organisasi manapun kinerja merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikankan dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Hal tersebut berlaku pula pada organisasi di bidang pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikan seperti yang diharapkan, maka kualitas pendidikan perlu ditingkatkan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan serta tersedianya dana yang memadai.

Sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Untuk itu, maka kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan agar mampu mengelola pendidikan. Sumber daya manusia yang dimaksud dalam tulisan ini adalah kepala sekolah dan guru SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat.

Dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya kepala sekolah diharapkan memiliki kemampuan untuk mengenal perilaku bawahannya. Artinya apabila seorang kepala sekolah menginginkan tanggung jawab hasil kerja dapat terpenuhi dengan baik, maka harus menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat, mengelola budaya sekolah yang kondusif dan memotivasi bawahannya untuk melakukan kegiatan organisasi menuju tujuan yang telah ditetapkan.

Sampai sejauh mana personil sekolah menyumbangkan hasil kerja yang positif, sangat banyak ditentukan oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah yang kondusif dan motivasi kerja guru di sekolah. Sebab hal-hal tersebut sangat menentukan tingkah laku dan dapat mempengaruhi kinerja personil sekolah.

Upaya meningkatkan motivasi kerja di sekolah tidak hanya sekedar menciptakan kondisi budaya sekolah yang kondusif dan hangat saja, tetapi sangat tergantung gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah serta untuk mendapatkan makna yang lebih mendalam dan berarti bagi pendidikan di sekolah. Sehingga setiap guru dapat bekerja dengan tenang dan menyenangkan serta akan terdorong untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, motivasi kerja dan kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat; serta untuk mengetahui besar hubungan antara variabel penelitian yaitu: (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru; (3) budaya sekolah dengan kinerja guru; (4) motivasi kerja dengan kinerja guru; dan (5) gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat; kemudian (6) untuk mengetahui besar sumbangan efektif gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif serta dilaksanakan di semua SMP Negeri yang ada di Kabupaten Sumba Barat. Sampel penelitian sebanyak 89 orang guru SMP Negeri yang ada di Kabupaten Sumba Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket model tertutup yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk rating scale. Teknk analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi ganda untuk uji hipotesis, dengan bantuan komputer program analisis statistik SPSS 12 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat gaya kepemimpinan kepala sekolah berkategori efektif dan kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat berkategori sangat tinggi sedangkan budaya sekolah dan motivasi kerja berkategori tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara: (2) gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (3) budaya sekolah dengan kinerja guru, (4) motivasi kerja dengan kinerja guru, (5) gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat, (6) sumbangan efektif gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat adalah sebesar 69,54%. Sedangkan sisanya 30,46% adalah besar sumbangan efektif yang berasal dari berbagai faktor atau variabel lain yang tidak termasuk dalam persamaan model regresi yang diperoleh.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan: (1) kepada kepala sekolah SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat perlu meningkatkan lagi kemampuannya dengan jalan mengikuti pelatihan, pengkajian dan diskusi antar kepala sekolah khususnya yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan yang tepat dan manajemen sekolah sehingga semakin mampu memperhatikan peningkatan budaya sekolah dan motivasi kerja guru yang lebih baik. (2) guru, staf tata usaha bersama-sama dengan kepala sekolah supaya mempertahankan bahkan meningkatkan lagi budaya sekolah yang lebh kondusif dan motivasi kerja serta kinerja yang tinggi sehingga mutu pendidikan semakin lebih baik. (3) penentu kebijakan di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga disarankan agar memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam mengevaluasi dan mengadakan pembinaan terhadap kinerja guru SMP di Kabupaten Sumba Barat. (4) kepada Pemerintah Daerah disarankan agar dalam pengangkatan kepala sekolah hendaknya dilaksanakan dengan seleksi yang ketat dan didasarkan atas kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh kepala sekolah, serta disarankan kepada peneliti lain agar menjadikan hasil analisis dan temuan penelitian ini sebagai bahan perbandingan untuk dikaji ulang serta dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan atau menghubungkan variabel kinerja guru dengan variabel-variabel lain yang belum tercakup dalam penelitian ini. Sehingga diperoleh gambaran yang lebih komprehensif bagi pengembangan teori dan praktik manajemen pendidikan pada bidang kinerja guru.


Download file




Download Hubungan gaya kepimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan motivasi kerja dengan kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat / Lobu Ori


TypeLanguage
Download Hubungan gaya kepimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan motivasi kerja dengan kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat /  Lobu Ori ID

Print Hubungan gaya kepimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan motivasi kerja dengan kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Sumba Barat /  Lobu Ori

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....