Ketertarikan kalangan ibu-ibu terhadap majeslis ta'lim di Kelurahan Mojolangu Kota Malang / Ghufron

DDCRt 297.62 GHU k
AuthorGhufron
Year2007
Languageind

Abstract


Majelis ta値im merupakan salah satu program pendidikan luar sekolah yang termasuk kedalam tipe program informasional. Menurut data di Depag Kota Malang tahun 2005 ada 2 majelis ta値im yang terdata di wilayah Kelurahan Mojolangu dan masih banyak majelis ta値im yang belum terdata. Ada tiga kelompok majelis ta値im yang mewakili karakteristik pendidikan ibu-ibu jamaahnya, yaitu majelis ta値im Hidayatullah yang ibu-ibu jamaahnya adalah dari kalangan yang berpendidikan tinggi (sarjana pascasarjana), majelis ta値im Darus Salam yang ibu-ibu jamaahnya adalah dari kalangan yang berpendidikan menengah, dan majelis ta値im Al-Islami yang ibu-ibu jamaahnya dari kalangan yang berpendidikan rendah. Majelis ta値im tersebut selalu didominasi oleh ibu-ibu.



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program belajar yang dikembangkan di majelis ta値im, untuk mengetahui mengapa program majelis ta値im dianggap penting oleh jamaah ibu-ibu, untuk mengetahui daya tarik apa saja yang ada dalam organisasi majelis ta値im sebagai kelompok belajar, untuk mengetahui ciri-ciri sosial anggota majelis ta値im tersebut, dan untuk mengetahui makna yang bisa dikonstruksikan terhadap fenomena ketertarikan ibu-ibu pada majelis ta値im tersebut.



Untuk mencapai tujuan yang diinginkan maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, peneliti mempergunakan teknik wawancara dan observasi. Adapun yang menjadi subyek dari penelitian ini adalah ibu-ibu jamaah majelis ta値im Hidayatullah, majelis ta値im Darus Salam, dan majelis ta値im Al-Islami yang ada di Kelurahan Mojolangu Kota Malang. Analisa data dilakukan melalui tiga alur : 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan.



Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketertarikan ibu-ibu pada majelis ta値im adalah karena kewajiban untuk menuntut ilmu terutama ilmu agama sebagai bekal akhirat, karena bisa menjawab seluruh permasalahan agama yang selama ini belum terpecahkan, bisa bertukar pendapat mengenai masalah-masalah keluarga, menghilangkan kejenuhan, supaya tidak membicarakan kejelekan orang lain, sebagai syiar agama, sebagai sarana hiburan karena kadang-kadang penceramahnya lucu, karena materi ceramahnya aktual dan menarik/sesuai dengan fenomena yang ada di masyarakat dan mampu menjawab kebutuhan rohani serta untuk mengisi waktu senggang.



Bertolak dari hasil penelitian disarankan Ustadz supaya dapat merancang program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan (aktual) warga belajar. Hal ini dapat menarik minat warga belajar untuk tetap aktif mengukuti kegiatan majelis ta値im. Agar bisa lebih efektif hendaknya dalam mengikuti majelis ta値im yang mempunyai struktur kelompok yang homogen. Agar majelis ta値im tetap menjadi daya tarik bagi ibu-ibu, maka pelaksanaan majelis ta値im harus menerapkan prinsip-prinsip andragogi yang berorientasi pada pengalaman, kesukarelaan, dan permasalahan yang dihadapi sesuai dengan kebutuhan ibu-ibu jamaah majelis ta値im sehingga mereka akan termotivasi secara baik dalam mengikuti kegiatan majelis ta値im. Sebagai upaya pelaksanaan ajaran agama yang konsekuen, maka dibutuhkan contoh dan teladan secara terus menerus. Pelaksanaan majelis ta値im agar selalu dapat memberikan dampak positif/semangat kepada ibu-ibu anggota majelis ta値im.


Download file

  1. 01749KI07-ABSTRAK DAN ARTIKEL TESIS GHUFRON.doc (90.00 KB)



Download Ketertarikan kalangan ibu-ibu terhadap majeslis ta'lim di Kelurahan Mojolangu Kota Malang / Ghufron


TypeLanguage
Download Ketertarikan kalangan ibu-ibu terhadap majeslis ta'lim di Kelurahan Mojolangu Kota Malang / Ghufron ID

Print Ketertarikan kalangan ibu-ibu terhadap majeslis ta'lim di Kelurahan Mojolangu Kota Malang / Ghufron

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....