Manajemen layanan khusus bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Pasuruan / Nora Lorentia Febirauqa

DDCRs 371.42 FEB m
AuthorFebirauqa, Nora Lorentia
Year2010
Languageind

Abstract


Kata kunci: manajemen, layanan khusus, bimbingan dan konseling



Layanan khusus BK di sekolah pada dasarnya adalah untuk membantu peserta didik mengembangkan diri, sikap dan kebiasaan belajar yang baik, menguasai kemampuan dan keterampilan serta menyiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Adapun fungsi-fungsi manajemen yang digunakan dalam pelaksanaan program layanan khusus BK yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Oleh karena itu, peran manajemen dalam peningkatan layanan khusus BK perlu dilaksanakan dengan sebaik mungkin sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Fokus penelitian secara umum adalah Manajemen layanan khusus yang ada di SMK Negeri 1 Pasuruan. Fokus rinci penelitian terdiri dari (1) Manajemen layanan khusus BK di SMK Negeri 1 Pasuruan yang mencakup proses (a) perencanaan; (b) proses pengorganisasian; (c) proses pelaksanaan; (d) proses evaluasi. (2) bidang dan jenis layanan khusus BK; (3) faktor pendukung pelaksanaan program dan kegiatan layanan khusus BK; (4) faktor penghambat pelaksanaan program dan kegiatan layanan khusus BK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Jalan Veteran 11 Pasuruan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan untuk untuk menjawab fokus penelitian yaitu wawancara, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan: (1) ketekunan pengamatan; (2) triangulasi sumber dan metode; dan (3) kecukupan referensial.

Hasil temuan penelitian ini meliputi (1) manajemen layanan khusus BK yang mencakup (a) perencanaan dalam menyusun program layanan khusus BK; (b) pengorganisasian program layanan khusus BK; (c) pelaksanaan program dan kegiatan layanan khusus BK; (d) evaluasi program dan kegiatan layanan khusus BK. (2) bidang garapan dan jenis layanan khusus BK; (3) faktor pendukung pelaksanaan program dan kegiatan layanan khusus BK yang terdiri dari (a) kepala sekolah; (b) seluruh personil BK; (c) wakil kepala sekolah; (d) guru matapelajaran; (e) wali kelas; (f) siswa; (g) orang tua dan masyarakat. (4) faktor penghambat pelaksanaan program dan kegiatan layanan khusus BK yang terdiri dari (a) personil BK; (b) ruangan BK; (c) guru baru; (d) lingkungan sosial siswa; (e) kondisi ekonomi orang tua siswa.

Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat disarankan bagi: (1) Kepala SMK Negeri 1 Pasuruan diharapkan dapat lebih meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan personil BK untuk melakukan sosialisasi mengenai program BK secara terus menerus kepada guru-guru, baik guru-guru baru maupun guru-guru lama; (2) Personil BK SMK Negeri 1 Pasuruan diharapkan personil BK selalu meningkatkan kinerja dan keahliannya serta selalu menciptakan motivasi-motivasi baru dalam memberikan pelayanannya kepada siswa; (3) Wakil Kepala, Wali Kelas dan Guru SMK Negeri 1 Pasuruan diharapkan dapat lebih meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam pelaksanaan program layanan khusus BK di sekolah, sehingga dapat program yang telah disusun dapat terlaksana dengan maksimal; (4) Pengelola Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi tambahan referensi bagi penelitian dalam ruang lingkup yang memiliki keterkaitan dengan manajemen pelaksanaan layanan khusus BK; (5) Peneliti lain agar dapat dijadikan bahan referensi untuk mengembangkan penelitian sejenis pada berbagai aspek lain dengan latar yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.


Download file

  1. 00123KI11-4 - ABSTRAK.pdf (52.88 KB)
  2. 00123KI11-BAB I PENDAHULUAN.pdf (67.15 KB)
  3. 00123KI11-BAB II KAJIAN TEORI.pdf (118.60 KB)
  4. 00123KI11-BAB III METODE PENELITIAN.pdf (326.33 KB)
  5. 00123KI11-BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN.pdf (1049.98 KB)
  6. 00123KI11-BAB V PEMBAHASAN.pdf (77.96 KB)
  7. 00123KI11-BAB VI PENUTUP.pdf (29.61 KB)



Download Manajemen layanan khusus bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Pasuruan / Nora Lorentia Febirauqa


TypeLanguage
Download Manajemen layanan khusus bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Pasuruan / Nora Lorentia Febirauqa ID

Print Manajemen layanan khusus bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Pasuruan / Nora Lorentia Febirauqa

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....