Penerapan KTSP pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik / Nur Faiko

DDCRs 499.221071 NUR p
AuthorNur Faiko
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 2007
Languageind

Abstract


Lembaga pendidikan resmi atau sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang dapat mengantarkan masyarakat dalam menambah wawasan dan pengetahuan. Sehingga dapat memajukan tingkat pendidikan masyarakat menuju masyarakat yang berpendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UU Sisdiknas, pasal 3). Dalam konstitusi UUD ?45 termaktub bahwa sistem pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencetak manusia Indonesia seutuhnya, termasuk tujuan khusus yaitu mencetak manusia SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia yang handal dan profesional serta siap pakai.

Untuk mningkatkan SDM Indonesia dibutuhkan peningkatan mutu pendidikan yang tinggi. Karena itu, diperlukan pembaharuan sistem pendidikan nasional. Dalam memperbaharui pendidikan dibutuhkan tiga hal, yaitu pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektivitas metode pembelajaran.

Kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh setiap satuan pendidikan. Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan

merupakan keharusan agar sistem pendidikan nasional selalu relevan dan kompetitif. Pada saat ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2006 atau disebut dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).

KTSP singkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Dalam KTSP peran guru lebih dominan, yaitu menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, baik dalam program tertulis, maupun pembelajaran nyata dikelas. KTSP dibuat oleh guru disetiap satuan pendidikan untuk menggerakkan pembelajaran.

Pemerintah menetapkan standar kompetensi lulusan dan standar isi untuk dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Dalam mengembangkan silabus dan pelaksanaannya, harus disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi sekolah atau daerah.

Dalam peraturan pemerintah No.19 tahun 2005, disebutkan bahwa standar kompetensi mata pelajaran bahasa, dan sastra Indonesia berorientasi pada hakikat pembelajaran bahasa. Bahwa belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi, dan belajar sastra adalah belajar menghargai manusia dan kemanusiaannya.

Keterampilan berbahasa dan bersastra terdiri dari keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Pengajaran menulis pada hakikatnya merupakan pengajaran yang aktif produktif, yaitu menghasilkan (menghasilkan pesan), yang hasilnya nanti berupa tulisan (Zuchdi, 1997: 62). Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang sangat penting dikuasai siswa. Pada dasarnya menulis adalah kemampuan untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis melatih siswa untuk berkreasi, berimajinasi, dan bernalar.

Sabarti Akhadilah dkk (1989:2) menyatakan bahwa menulis merupakan suatu proses, dimana siswa harus melalui beberapa tahap sehingga dapat menghasilkan suatu tulisan. Disini peran guru sangat penting dalam menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis.

Standar kompetensi menulis kelas VIII di SMP pada semester 1 (gasal) meliputi mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi, dan mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng. Sedangkan standar kompetensi pada semester 2 (genap) meliputi mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat dan mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi.

Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan KTSP pada perencanaan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik, (2) bagaimana penerapan KTSP pada kegiatan belajar mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik, (3) bagaimana penerapan KTSP pada kegiatan penilaian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik, (4) apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan KTSP pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka tujuan penelitian ini adalam untuk mengetahui (1) penerapan KTSP pada perencanaan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik, (2) penerapan KTSP pada kegiatan belajar mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik, (3) penerapan KTSP pada kegiatan penilaian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik, (4) faktor pendukung dan penghambat penerapan KTSP pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik.


Download file




Download Penerapan KTSP pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik / Nur Faiko


TypeLanguage
Download Penerapan KTSP pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik / Nur Faiko ID

Print Penerapan KTSP pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik / Nur Faiko

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....