Penerapan metode "paired storytelling" untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang / Fitri Cahyo Arini

DDCRs 372.622 ARI p
AuthorArini, Fitri Cahyo
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, 2011
Languageind

Abstract


Kata Kunci: Metode, Paired storytelling, ketrampilan berbicara, SD Negeri Bareng 3 kota Malang.





Masalah yang ada di kelas V SD Negeri Bareng 3 kota malang ini, salah satunya yaitu dalam mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada aspek berbicara. Hal ini terlihat dari pernyataan guru bahwa beliau sangat jarang melakukan pembelajaran bahasa aspek berbicara karena alas an waktu yang terbatas, kemudian dilihat dari nilai siswa pada aspek berbicara masih rendah dan keberanian siswa dalam berbicara di depan teman-temanya juga rendah, masih banyak siswa yang kurang percaya diri dan cenderung diam.



Berdasarkan masalah tersebut, peneliti ingin menerapkan metode paired storytelling. metode tersebut adalah metode bercerita berpasangan, metode dipilih karena dengan menerapkan metode tersebut kendala waktu dapat sedikit teratasi, kemudian siswa yang memiliki ketrampilan berbicara kurang dapat termotivasi oleh pasanganya yang memiliki ketrampilan berbicara lebih dan sebaliknya, siswa yang memiliki ketrampilan berbicara lebih dapat membantu dan memotivasi siswa yang memiliki ketrampilan berbicara kurang.



Peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana penerapa metode paired storytelling untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Bareng 3 kota Malang, (2) apakah ketrampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Bareng 3 kota Malang dapat meningkat setelah menerapkan metode paired storytelling.



Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian yang diinginkan peneliti adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode paired storytelling dalam meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Bareng 3 kota Malang dan mendiskripsikan peningkatan ketrampilan berbicara melalui metode paired storytelling pada siswa kelas V SD Negeri Bareng 3 kota Malang.



Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan satu cara yaitu analisis kulitatif untuk kualitas proses pembelajaran, prestasi belajar siswa, daya serap klasikal. Nilai rata-rata mengalami peningkatan pada setiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 74,19 dengan 1 siswa mendapatkan nilai D(kurang), 14 siswa mendapatkan nilai C(cukup), dan 21 siswa mendapatkan nilai B (baik). Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 86,48 dengan 1 siswa mendapatkan nilai C(cukup), 7 siswa mendapatkan nilai C(cukup), dan 28 siswa mendapatkan nilai A(sangat baik). Metode paired storytelling dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam aspek pembelajaran berbahasa. Aktivitas siswa terlihat pada kegiatan belajar siswa, terjadi kerjasama, keaktifan serta keberanian yang positif. Rata-rata skor aktivitas siswa meningkat, pada siklus I yakni 71,09 kemudian rata-rata pada siklus II yakni 78,80.



Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah penerapan metode paired storytelling dapat berjalan dengan baik, dengan menerapkan metode ini siswa lebih berani dan percaya diri dalam berbicara di depan teman-temanya dan penerapan metode paired storytelling dapat meningkatkan ketrampilan berbicara. Hal ini, dapat dilihat dari nilai siswa yang semakin meningkat dari belum adanya tindakan hingga dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II.



Sebagai seorang guru, sebaiknya membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan menerapan dengan sesuai, lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun rencana pelaksanaan tersebut, misalnya menentukan serta menerakan metode atau model yang berfariasi, menarik, tidak membosankan dan yang paling penting sesuai dengan materi yang akan disampaikan.


Download file

  1. 01378KI11-1ABSTRAK.pdf (16.42 KB)
  2. 01378KI11-2COVER.pdf (13.36 KB)
  3. 01378KI11-3DAFTAR PUSTAKA.pdf (14.28 KB)
  4. 01378KI11-BAB I.pdf (25.17 KB)
  5. 01378KI11-BAB II.pdf (46.50 KB)
  6. 01378KI11-BAB III.pdf (91.05 KB)
  7. 01378KI11-BAB IV.pdf (93.16 KB)
  8. 01378KI11-BAB V.pdf (39.60 KB)
  9. 01378KI11-BAB VI.pdf (17.44 KB)



Download Penerapan metode "paired storytelling" untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang / Fitri Cahyo Arini


TypeLanguage
Download Penerapan metode ID

Print Penerapan metode

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....