Penerapan pendekatan pakem dalam pembelajaran seni tari pada kelas IX di SMP 20 Malang / Retno Kusuma Wardhani

DDCRs 793.3107 WAR p
AuthorWardhani, Retno Kusuma
Year2010
Languageind

Abstract


ABSTRAK



Kusuma,Wardhani, Retno. 2010. Penerapan Pendekatan PAKEM dalam Pembelajaran Seni Tari pada Kelas IX di SMPN 20 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hj. Ida Siti Herawati, M. Pd.



Kata Kunci: pendekatan PAKEM, Seni Tari



Guru seni tari memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dalam pembelajaran seni tari. Pelajaran bidang seni tari lebih banyak menekankan pada aspek psikomotorik, dan hal ini yang membedakan pelajaran bidang seni tari dengan pelajaran lainya. Sehingga penangananya pun juga berbeda. Salah satu bentuk penangananya adalah dengan cara memilih atau menentukan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran dan tujuan pembelajaran bisa tercapai. Salah satu pendekatan pembelajaran yang tepat adalah pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) yang menuntut keaktifan guru beserta siswa dalam proses pembelajaran. Dengan PAKEM siswa bisa lebih kreatif dan proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran seni tari pada kelas IX di SMPN 20 Malang dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Ruang lingkup penelitian ini meliputi; (1) Perencanaan Pembelajaran Seni Tari dengan menggunakan pendekatan PAKEM, (2) Penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran seni tari pada kelas IX di SMPN 20 Malang, (3) Peran serta guru siswa dengan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran seni tari, (4) Hasil belajar siswa dengan pendekatan PAKEM.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara bersamaan pada saat penelitian. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SMPN 20 Malang dengan sumber data guru seni tari dan siswa kelas IX. Untuk mendapatkan validitas maka penulis menggunakan triangulasi data serta ketekunan dalam pengamatan. Tahap-tahap penelitian antara lain (1) Tahap Persiapan, (2) Penyusunan Rancangan Penelitian, (3) Pelaksanaan penelitian, (4) Penyusunan Laporan

Hasil penelitian diuraikan sebagai berikut; (1) Guru seni tari telah membuat kelengkapan atau perangkat pembelajaran yang terdiri dari Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal ini sudah sesuai dengan karakteristik PAKEM bahwa guru telah aktif dalam menyusun perangkat pembelajaran; (2) Pada penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran seni tari bisa dilihat dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada materi apresiasi, strategi pembelajaran telah menggambarkan siswa aktif berinteraksi dalam bentuk diskusi dan tanya jawab. Sedangkan pada materi ekspresi, pada strategi pembelajaran guru menuntut siswa untuk kreatif mengeksplorasi gerak. Hal ini sudah sesuai dengan karakteristik PAKEM bahwa guru telah membuat siswa aktif dan kreatif dalam pembelajaran seni tari. Dalam mengelola kelas guru telah menciptakan pembelajaran yang efektif, tercermin dari pencapaian tujuan pembelajaran, serta penguasaan ketrampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang dilaksanakan telah menggambarkan suasana menyenangkan dimana siswa tidak berada pada posisi tertekan, siswa berani untuk aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga aktif dalam penggunaan media pembelajaran secara optimal. Hal ini sudah sesuai dengan karakteristik PAKEM yaitu guru dan siswa sama-sama aktif dan kreatif dalam pembelajaran seni tari; (3) Interaksi menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pemberian informasi, demonstrasi, dan penugasan; (4) Hasil pembelajaran PAKEM pada materi apresiasi menggambarkan sikap siswa yang aktif dan kreatif, sedangkan pada materi ekspresi menghasilkan produk penciptaan karya tari sederhana.

Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari pada kelas IX di SMP Negeri 20 Malang selain menggunakan pendekatan PAKEM juga menggunakan pendekatan CTL (Contexstual Teaching and Learning) secara beriringan dengan maksud agar mampu mencapai tujuan pembelajaran serta rencana pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Kondisi tersebut menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dalam pencapaian hasil belajar secara optimal.


Download file

  1. 00412KI10-BAB I.doc (56.00 KB)
  2. 00412KI10-BAB II.doc (64.50 KB)
  3. 00412KI10-BAB III.doc (42.00 KB)
  4. 00412KI10-BAB IV_deal.doc (10926.50 KB)
  5. 00412KI10-BAB V.doc (2298.50 KB)
  6. 00412KI10-BAB VI.doc (53.00 KB)



Download Penerapan pendekatan pakem dalam pembelajaran seni tari pada kelas IX di SMP 20 Malang / Retno Kusuma Wardhani


TypeLanguage
Download Penerapan pendekatan pakem dalam pembelajaran seni tari pada kelas IX di SMP 20 Malang / Retno Kusuma Wardhani ID

Print Penerapan pendekatan pakem dalam pembelajaran seni tari pada kelas IX di SMP 20 Malang / Retno Kusuma Wardhani

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....