Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas anggota di Koperasi Primkopad Blitar / oleh Zenty Yussardi

DDCRs 334.2 ZEN p
AuthorZenty Yussardi
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen, 2007
Languageind

Abstract


Menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat serta dalam menghadapi era globalisasi yang mengandung perubahan cepat dalam segala hal, maka perlulah bagi pelaku bisnis untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Untuk itu suatu koperasi yang masuk dalam suatu persaingan hendaknya mampu memberikan kualitas pelayanan yang baik dan bahkan yang paling baik dengan harapan akan dapat meningkatan loyalitas anggota serta dapat menjaring anggota-anggota yang lebih banyak. Koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar sebagai salah satu koperasi pegawai negeri harus mampu menjaga loyalitas anggotanya. Karena loyalitas anggota sangat menentukan kelangsungan dan keberhasilan koperasi. Sebuah koperasi yang berorientasi pada keinginan, permintaan dan kebutuhan nasabah, memiliki potensi besar untuk berhasil.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas anggota di koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Yang mana dengan rancangan tersebut akan dapat diketahui apakah ada pengaruh antara dimensi kulitas jasa terhadap loyalitas anggota. Diharapkan hasil penelitian ini dapat berguna bagi perkembangan dan kemajuan koperasi.

Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (dimensi kualitas jasa yang terdiri dari lima sub variabel yaitu bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati). Sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas anggota. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota di koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi non partisipatori dan kuesioner tertutup. Teknik pengambilan sampel dengan aksidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 11.0.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Ada pengaruh yang signifikan antara bukti langsung (fasilitas fisik) terhadap loyalitas anggota koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar, 2) Ada pengaruh yang signifikan antara keandalan terhadap loyalitas anggota koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar, 3) Ada pengaruh yang signifikan antara daya tanggap terhadap loyalitas anggota koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar, 4) Ada pengaruh yang signifikan antara jaminan terhadap loyalitas anggota koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar, 5) Ada pengaruh yang signifikan antara empati terhadap loyalitas anggota koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar. Empati merupakan salah satu dimensi kualitas jasa yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap loyalitas anggota koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar, 6) Ada pengaruh yang signifikan antara bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati secara simultan terhadap loyalitas anggota koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat diberikan ke koperasi adalah : 1) Kualitas jasa yang telah disajikan kepada anggota hendaknya terus dijaga dan ditingkatkan,agar loyalitas anggota terhadap jasa semakin meningkat, 2) Melakukan perbaikan atas fasilitas fisik atau bukti langsung yang telah ada, agar para anggota lebih terkesan untuk melakukan transaksi di koperasi PRIMKOPAD Kodim 0808 Blitar, 3) Perlu adanya pengembangan SDM untuk para karyawan, agar SDM yang ada lebih potensial dalam menghadapi persaingan dan tantangan jaman yang selalu berubah, 4) Perlu membentuk suatu sistem informasi anggota dalam suatu koperasi data agar upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan anggota mudah tercapai.


Download file




Download Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas anggota di Koperasi Primkopad Blitar / oleh Zenty Yussardi


TypeLanguage
Download Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas anggota di Koperasi Primkopad Blitar / oleh Zenty Yussardi ID

Print Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas anggota di Koperasi Primkopad Blitar / oleh Zenty Yussardi

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....