Pengaruh inflasi, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi terhadap nilai tukar rupiah / Yulis Mahardika

DDCRs 332.41 YUL p
AuthorYulis Mahardika
Year2007
Languageind

Abstract


Salah satu indikator makro penting dalam perekonomian nasional adalah nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika. Nilai tukar rupiah sangat berpengaruh dalam penyusunan APBN maupun kegiatan perdagangan internasional. Asumsi besaran nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika sangat berpengaruh terhadap penerimaan, pengeluaran serta pembiayaan dalam APBN. Pada kegiatan perdagangan internasional nilai tukar rupiah merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Apabila dalam penentuan besaran asumsi nilai tukar rupiah menyimpang jauh dari kenyataan maka dapat merugikan perusahaan karena harus menanggung biaya atas selisih besaran nilai tukar yang diperkirakan dengan kenyataan. Pada penelitian ini meneliti permasalahan tentang pengaruh variabel inflasi, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi terhadap nilai tukar rupiah secara simultan maupun parsial.



Untuk menjawab permasalahan yang ada digunakan analisis deskriptif, yaitu menghitung rata-rata variabel tiap bulannya. Keseluruhan variabel baik variabel bebas maupun terikat diperoleh langsung dari data statistik Bank Indonesia periode Januari 2004 sampai Nopember 2006, sedangkan alat pengujian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (x) terhadap variabel terikat (y) adalah analisis regresi linier berganda (Multiple Regressuon).





Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara tingkat inflasi, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi terhadap nilai tukar rupiah, serta terdapat pengaruh secara parsial antara tingkat inflasi, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi terhadap nilai tukar rupiah.



Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi para praktisi dan instansi terkait agar memperhatikan faktor makro untuk menentukan asumsi nilai tukar rupiah dalam menyusun rencana anggaran yang melibatkan transaksi dengan mata uang asing, tersedianya informasi yang cukup akurat dan mendukung dalam melakukan analisis pergerakan nilai tukar rupiah agar tidak terjadi penetapan asumsi nilai tukar rupiah yang menyimpang jauh dari kenyataan, serta mendukung upaya untuk meningkatkan nilai tukar rupiah agar mendatangkan manfaat bagi perkembangan perekonomian nasional. Sedangkan untuk kalangan akademisi agar dalam penelitian berikutnya perlu ditambahkan variabel lain yang berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah, serta sampel yang digunakan dapat ditambah menjadi lebih banyak dengan menggunakan data harian.




Download file

  1. 01409KI07-1_HALAMAN DEPAN.doc (122.50 KB)
  2. 01409KI07-BAB I.pdf (28.78 KB)
  3. 01409KI07-BAB II.pdf (76.92 KB)
  4. 01409KI07-BAB III.pdf (29.47 KB)
  5. 01409KI07-BAB IV.pdf (64.88 KB)
  6. 01409KI07-BAB V.pdf (30.94 KB)
  7. 01409KI07-BAB VI.pdf (6.90 KB)



Download Pengaruh inflasi, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi terhadap nilai tukar rupiah / Yulis Mahardika


TypeLanguage
Download Pengaruh inflasi, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi terhadap nilai tukar rupiah / Yulis Mahardika ID

Print Pengaruh inflasi, suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi terhadap nilai tukar rupiah / Yulis Mahardika

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....