Pengembangan laboratorium biologi virtual berbasis multimedia interaktif / Azhar Ahmad Smaragdina

DDCRs 574.0287 SMA p
AuthorSmaragdina, Azhar Ahmad
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, 2011
Languageind

Abstract


Kata kunci: multimedia interaktif, laboratorium virtual, biologi.



Laboratorium virtual adalah serangkaian alat-alat laboratorium yang berbentuk perangkat lunak (software) komputer berbasis multimedia interaktif, yang dioperasikan dengan komputer dan dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium seakan-akan pengguna berada pada laboratorium sebenarnya. Laboratorium virtual potensial untuk memberikan peningkatan secara signifikan dan pengalaman belajar yang lebih efektif. Pengembangan laboratorium virtual ini di­harapkan dapat menyelesaikan permasalahan belajar yang dialami oleh peserta didik dan mengatasi permasalahan biaya dalam pengadaan alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan kegiatan praktikum bagi sekolah-sekolah yang kurang mampu. Penelitian ini bertujuan untuk meng­embangkan Laboratorium Biologi Virtual berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran alternatif dan mengukur tingkat kelayakannya.



Penelitian ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan oleh Pustekkom. Pada model ini pengembangan media dan bahan ajar dikelompokkan ke dalam tiga tahap besar, yaitu: 1) tahap pe­rancangan; 2) tahap produksi; dan 3) tahap evaluasi. Subjek coba pada penelitian ini terdiri dari ahli media, ahli materi dan calon pengguna (siswa). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang bersifat tertutup. Setelah data uji coba berhasil didapatkan, maka dilakukan pengolahan data. Pengolahan data hasil uji coba dianalisis menggunakan rumus persentase.



Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, didapatkan persentase hasil uji coba oleh ahli media sebesar 91,7%, ahli materi sebesar 99%, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 77% dan hasil uji coba lapangan sebesar 91,1%. Rata-rata prosentase hasil uji coba adalah 89,7%. Dengan hasil tersebut maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: 1) Media pembelajaran Laboratorium Biologi Virtual ber­basis multimedia interaktif telah memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan rata-rata persentase validitas dari ahli media sebesar 91,7%; 2) Materi dalam media pembelajaran Laboratorium Biologi Virtual telah memenuhi Standar Kompetensi Struktur dan Fungsi Sel dengan rata-rata persentase validitas dari ahli materi sebesar 99%; 3) Media pembelajaran Laboratorium Biologi Virtual berbasis multimedia interaktif telah dikembangkan dengan baik dengan rata-rata persentase validitas sebesar 89,7 %; 4) Media pembelajaran Laboratorium Biologi Virtual ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan rata-rata persentase validitas sebesar 89,7 %.


Download file




Download Pengembangan laboratorium biologi virtual berbasis multimedia interaktif / Azhar Ahmad Smaragdina


TypeLanguage
Download Pengembangan laboratorium biologi virtual berbasis multimedia interaktif / Azhar Ahmad Smaragdina ID

Print Pengembangan laboratorium biologi virtual berbasis multimedia interaktif / Azhar Ahmad Smaragdina

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....