Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) biologi pada materi sistem regulasi kelas XI SMA / Nuril Hidayati

DDCRs 570.76 HID p
AuthorHidayati, Nuril
Year2011
Languageind

Abstract


Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Sistem Regulasi





Proses pembelajaran biologi yang dilakukan dengan pendekatan kontekstual memuat pengetahuan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMAN 9 Malang didapatkan bahwa pembelajaran biologi sering memanfaatkan LKS dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa masih ada yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yakni sebesar 75 pada mata pelajaran Biologi. Motivasi belajar siswa rendah dan siswa merasa bosan dengan LKS yang digunakan dalam pembelajaran karena isi serta kegiatan dalam LKS kurang mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari serta gambar dalam LKS kurang menarik minat siswa untuk mempelajarinya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dikembangkan bentuk LKS yang dapat memicu motivasi siswa serta meningkatkan hasil belajarnya. Lembar kegiatan siswa yang dikembangkan memuat penguasaan konsep, kemampuan berpikir kritis siswa dan kegiatan praktikum.



Pengembangan LKS dilakukan mengacu pada model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yakni, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis permasalahan dan analisis kebutuhan dengan menganalisis Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Tahap perencanaan dilakukan dengan merumuskan rancangan pembelajaran dan perangkat sehingga diperoleh garis besar/draft pembelajaran. Pengembangan dilakukan dengan melakukan validasi ahli dan praktisi serta uji coba. Validasi ahli dan praktisi digunakan untuk mengetahui kelayakan LKS, isi serta kegiatan dalam LKS sebelum dilakukan uji coba. Pada tahap uji coba digunakan untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKS dalam pembelajaran dan mengukur motivasi dan hasil belajar siswa. Tahap penyebarluasan tidak dilakukan dalam penelitian karena penyebarluasan hanya dilakukan oleh pengguna LKS sendiri.



Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebesar 21,1% (9 siswa) menunjukkan kriteria motivasi sangat baik dan sebesar 78,0% (32 siswa) menunjukkan kriteria motivasi baik. Rata-rata nilai kognitif siswa secara klasikal adalah sebesar 85,1 sehingga dikatakan seluruh siswa telah tuntas 100%. Tes hasil belajar afektif siswa sebesar 70,1% (29 siswa) dengan kriteria sangat baik dan sebesar 29,0% (12 siswa) dengan kriteria baik. Praktikum1 sebesar 56,0% (23 siswa) termasuk dalam kategori sangat baik dan sebesar 43,1% (18 siswa) termasuk dalam kategori baik. Sedangkan untuk praktikum 2 diperoleh nilai 46,0% (19 siswa) memenuhi kriteria sangat baik dan sebesar 53,1% (22 siswa) memenuhi kriteria baik. Berdasarkan uraian di atas maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan lembar kegiatan siswa dapat meningkatkan motivasi siswa dan juga hasil belajar siswa.


Download file




Download Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) biologi pada materi sistem regulasi kelas XI SMA / Nuril Hidayati


TypeLanguage
Download Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) biologi pada materi sistem regulasi kelas XI SMA / Nuril Hidayati ID

Print Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) biologi pada materi sistem regulasi kelas XI SMA / Nuril Hidayati

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....