Pengembangan model latihan strategi serangan futsal di SMA Negeri 9 Malang / Darus Shufi

DDCRs 796.3322 SHU p
AuthorShufi, Darus
Year2009
Languageind

Abstract


Permainan futsal merupakan hasil pengembangan dari permainan sepakbola lapangan besar. Salah satu ciri permainan futsal adalah bermain dengan kecepatan. Permainan futsal kini merupakan salah satu pilihan sekolah untuk dijadikan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka kegiatan peningkatan prestasi. Pada umumnya permainan futsal mempunyai tujuan yang sama dengan permainan sepakbola yaitu memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Hal ini membutuhkan sebuah strategi permainan yaitu strategi serangan yang terkoordinasi. Apabila strategi serangan tersebut sudah bisa dikuasai/terkoordinir dengan baik, tentunya permainan futsal akan berjalan dengan baik, menarik, dan dapat memperbesar peluang untuk menghasilkan gol.



Pelaksanaan latihan futsal untuk tingkat pemula terlebih dahulu diperkenalkan dengan teknik dasar yaitu teknik dasar passing, controlling, dribbling, dan shooting. Setelah semua teknik dasar dikuasai selanjutnya adalah melatihkan strategi-strategi dalam permainan futsal. Sesuai dengan tujuan permainan futsal, maka strategi serangan yang baik akan ikut menentukan seberapa besar tim tersebut memperoleh peluang untuk menghasilkan gol dan memperoleh kemenangan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner dengan pihak yang bersangkutan di sekolah SMA Negeri 9 Malang (peserta dan pelatih ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 9 Malang) secara umum diperoleh hasil sebagai berikut: Peserta atau tim kurang menguasai strategi serangan dalam permainan futsal, sedangkan teknik dasar yang dikuasai oleh peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 9 Malang sudah baik. Pelatih belum memberikan model-model latihan strategi serangan futsal yang menarik dan sesuai dengan kondisi saat di lapangan, selama ini strategi yang diberikan oleh pelatih kurang menarik dan kurang relevan dengan keadaan di lapangan karena pelatih hanya memberikan strategi secara lisan dan tidak dipratikkan.



Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya model-model latihan strategi serangan futsal yang diterima oleh peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 9 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model-model latihan strategi serangan futsal sehingga dapat memperbesar peluang tim untuk menciptakan gol dan membantu pelatih dalam penyampaian materi strategi serangan.



Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan research and development dari Borg dan Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk para ahli dan siswa. Dengan kualifikasi, 3 ahli futsal dan 1 ahli media (hanya diambil saran), sedangkan untuk siswa dilakukan uji coba (kelompok kecil) sebanyak 10 siswa, dan uji lapangan (kelompok besar) sebanyak 24 siswa.



Hasil analisis data penelitian berupa pengembangan model latihan strategi serangan futsal di SMA N 9 Malang ini adalah sebagai berikut: dari 3 ahli futsal sudah sesuai di berikan kepada siswa yaitu persentasenya 93,5%, dari uji coba (kelompok kecil) yaitu persentasenya 82,71%, dan dari uji lapangan (kelompok besar), yaitu persentasenya 90,75%, sehingga produk penelitian pengembangan ini memperoleh kelayakan untuk digunakan oleh subjek penelitian. Secara garis besar hasil pengembangan model latihan strategi serangan futsal ini terdiri dari 10 model latihan strategi serangan futsal yang dinamis. Pengembangan model latihan strategi serangan ini didasarkan oleh pola formasi dan unsur-unsur teknik yang dibutuhkan saat melakukan strategi serangan futsal.


Download file

  1. 01603KI09-ABSTRAK.doc (23.00 KB)
  2. 01603KI09-ABSTRAK.docx (14.12 KB)
  3. 01603KI09-BAB I.pdf (31.49 KB)
  4. 01603KI09-BAB II.pdf (671.95 KB)
  5. 01603KI09-BAB III.pdf (47.87 KB)
  6. 01603KI09-BAB IV.pdf (1045.58 KB)
  7. 01603KI09-BAB V.pdf (23.14 KB)



Download Pengembangan model latihan strategi serangan futsal di SMA Negeri 9 Malang / Darus Shufi


TypeLanguage
Download Pengembangan model latihan strategi serangan futsal di SMA Negeri 9 Malang / Darus Shufi ID

Print Pengembangan model latihan strategi serangan futsal di SMA Negeri 9 Malang / Darus Shufi

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....