Pengembangan model pengenalan air dalam pembelajaran renang di SMA Negeri 12 Malang / Ahmad Siswo Hadi

DDCRs 797.2107 AHM p
AuthorAhmad Siswo Hadi
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Jasmani, 2007
Languageind

Abstract




Renang merupakan aktivitas yang penuh tantangan dan ada kecenderungan menakutkan bagi mereka yang belum pernah mengenal atau berhubungan langsung dengan air. Pada kenyatannya, belajar renang membutuhkan waktu. Ketidak sabaran bagi pemula dan rasa takut tenggelam dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar keterampilan renang. Keberhasilan terhadap proses pembelajaran renang merupakan tugas guru atau pengajar untuk dapat disiasati agar tercipta pembelajaran renang yang menarik dan menyenangkan.

Pengenalan air merupakan latihan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa takut akan air dan mengenal sifat air seperti dingin, basah dan tahanan air. Selain itu pengenalan air juga sebagai dasar dari gaya-gaya renang berikutnya

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pengenalan air dalam pembelajaran renang. Untuk membantu menghilangkan rasa takut di air tersebut, perlu di lakukan suatu strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa mempunyai keberanian dan tidak takut tenggelam di air dengan aktivitas pengenalan air yang bervariasi dan menyenangkan.

Pengembangan model pengenalan air dalam pembelajaran renang menggunakan model pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Rancangan pengembangan dengan R & D dari Borg and Gall mempunyai langkah-langkah sebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan berbagai informasi termasuk kajian pustaka dan observasi lapangan, 2) perencanaan dalam bentuk persiapan dari produk, materi-materi, buku petunjuk yang akan digunakan, dan alat evaluasi, 3) tinjauan para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan 2 ahli cabang olahraga renang, menggunakan teknik kuesioner dan konsultasi kemudian dianalisis, 4) uji coba kelompok kecil dengan menggunkan 1-3 sekolah dari 6-12 subjek, 5) revisi produk pertama berdasarkan tinjauan dari para ahli dan uji coba kelompok kecil, 6) uji coba lapangan yang diadakan di 5-15 sekolah dengan 30-100 subjek yang diteliti, menggunakan teknik kuesioner kemudian dianalisis, 7) revisi produk kedua, revisi produk yang dihasilkan oleh uji coba lapangan, 8) hasil akhir produk pengembangan yang dihasilkan oleh uji coba lapangan.

Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Malang. Subjek uji coba dari pengembangan ini terdiri dari 1) tinjauan dari satu ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan dua ahli renang, 2) uji coba kelompok kecil adalah siswa SMA Negeri 12 Malang yang diambil secara random sampling dengan jumlah 15 orang, dan 3) uji coba lapangan adalah siswa SMA Negeri 12 Malang dengan jumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk angket evaluasi untuk ahli Pembelajaran, ahli renang dan siswa. Analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah persentase.

Dari pengembangan dan prosedur yang dilakukan di atas, diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan model pengenalan air dalam pembelajaran renang ini dapat digunakan dan dapat dipraktekkan oleh siswa SMA Negeri 12 Malang. Yang dapat dibuktikan dari hasil yang sudah memenuhi kriteria dapat digunakan yaitu untuk ahli pembelajaran, dapat digunakan untuk ahli renang, sudah memenuhi kriteria sehingga dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil (uji coba tahap I), dan sudah memenuhi kreteri sehingga dapat digunakan untuk uji coba kelompok besar (ujicoba tahap II).

Untuk perbaikan pengembangan model pengenalan air dalam pembelajaran renang ini disarankan agar perlu adanya tindak lanjut oleh peneliti lain yang sesuai dengan pengembangan ini, dengan maksud untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada pengembangan ini. Sehingga hasil pengembangan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.


Download file




Download Pengembangan model pengenalan air dalam pembelajaran renang di SMA Negeri 12 Malang / Ahmad Siswo Hadi


TypeLanguage
Download Pengembangan model pengenalan air dalam pembelajaran renang di SMA Negeri 12 Malang / Ahmad Siswo Hadi ID

Print Pengembangan model pengenalan air dalam pembelajaran renang di SMA Negeri 12 Malang / Ahmad Siswo Hadi

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....