Pengembangan modul PKN berbasis kemampuan berpikir kritis SMP kelas VIII / Nofi Rosita Hayati

DDCRs 323.607 HAY p
AuthorHayati, Nofi Rosita
Year2010
Languageind

Abstract


Kata Kunci: Pengembangan Modul, PKn SMP, Berpikir Kritis





Pengajaran dengan modul adalah salah satu pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (student centered).Modul merupakan bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta pembelajaran Modul disebut juga media untuk belajar mandiri karena didalamnya telah dilengkapi petunjuk untuk belajar mandiri. ( htttp://www. Rosyid info.2010/06pengertian-funsi-dan-tujuan-penulisan.html). Penggunaan modul dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami suatu konsep melalui gaya penulisan yang komunikatif yang diharapkan akan menambah motivasi dan minat baca siswa.

Kegiatan pembelajaran PKn akan lebih bermakna bila ditunjang dengan adanya modul, bagi guru menyiapkan dan menyusun modul yang baik memakan waktu, memerlukan keahlian, dan keterampilan yang cukup memadai. Hendaknya guru yang memulai pengajaran dengan modul, diberikan waktu khusus untuk mempersiapkannya. Saat ini dilakukan berbagai usaha mengembangkan modul pembelajaran yang sesuai dengan materi PKn yang diajarkan dengan pembelajaran yang sesuai salah satunya dengan berpikir kritis. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan Modul Pkn Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis SMP Kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Modul PKn Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis SMP Kelas VIII serta menguji tingkat kelayakkannya.

Langkah pengembangan modul ini meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (kelompok besar). Uji coba pada pengembangan ini meliputi tinjauan Ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar (uji lapangan). Tinjauan ahli terdiri dari 1 ahli media yaitu Dosen TEP, 1 Ahli pembelajaran yaitu guru PKn, dan 1 ahli Pkn yaitu Dosen PPKN. Uji coba kelompok kecil sebanyak 6 siswa MTs Mubtadiin Malang, dan Uji coba Kelompok besar (Uji lapangan) sebanyak 30 siswa MTs Mubtadiin Malang.

Hasil pengembangan dari penelitian ini terdiri dari 4 bagian yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, bagian akhir dan bagian kunci jawaban. Bagian pendahuluan terdiri dari halaman muka (cover), halaman dalam, kata pengantar, petujuk penggunaan, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel. Bagian isi terdiri dari 5 Bab, wacana, ajang berpikir kritis dan soal latihan. Bagian akhir terdiri dari daftar pustaka. Bagian kunci jawaban berisi jawaban-jawaban dari soal ajang berpikir kritis dan soal latihan. Hasil dari ahli media, ahli pembelajaran, ahli PKn , uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar (70,1%100%) dengan makna digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa modul PKn yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai bahan ajar. Saran yang dapat diberikan adalah (1). Modul PKn SMP Kelas VIII yang dikembangkan akan lebih

i

baik bila di uji cobakan lebih dari satu sekolahan. (2). Guru yang menggunakan Modul PKn SMP Kelas VIII yang dikembangkan, sebaiknya terlebih dahulu mempelajari langkah-langkah berpikir kritis (3). Modul PKn SMP Kelas VIII yang dikembangkan diharapkan dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran PKn SMP Kelas VIII.


Download file

  1. 00693KI11-ABSTRAK.pdf (12.66 KB)
  2. 00693KI11-BAB I.pdf (41.55 KB)
  3. 00693KI11-BAB II.pdf (62.03 KB)
  4. 00693KI11-BAB III.pdf (57.44 KB)
  5. 00693KI11-BAB IV.pdf (76.59 KB)
  6. 00693KI11-BAB V.pdf (17.78 KB)
  7. 00693KI11-COVER SKRIPSI.pdf (26.71 KB)
  8. 00693KI11-DAFTAR PUSTAKA.pdf (42.15 KB)
  9. 00693KI11-DAFTAR RUJUKAN.pdf (9.77 KB)
  10. 00693KI11-kata pemgantar.pdf (339.98 KB)
  11. 00693KI11-sampul kunci jwbn.pdf (222.65 KB)



Download Pengembangan modul PKN berbasis kemampuan berpikir kritis SMP kelas VIII / Nofi Rosita Hayati


TypeLanguage
Download Pengembangan modul PKN berbasis kemampuan berpikir kritis SMP kelas VIII / Nofi Rosita Hayati ID

Print Pengembangan modul PKN berbasis kemampuan berpikir kritis SMP kelas VIII / Nofi Rosita Hayati

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....