Pengembangan paket layanan informasi perencanaan studi lanjut untuk siswa SMA / Qadri Fajrianingsih

DDCRs 371.42 FAJ p
AuthorFajrianingsih, Qadri
Year2010
Languageind

Abstract


Kata kunci : Paket, layanan informasi, perencanaan studi lanjut, siswa SMA.





Sekolah menengah mempunyai peranan dalam mempersiapkan siswa untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dalam upaya mempersiapkan siswa tersebut pada tingkat SMA, keberadaan serta peran guru pembimbing sangat dibutuhkan, sehingga dapat memberikan pelayanan bimbingan kepada siswa yang memerlukan. Anak usia SMA merupakan remaja yang penuh dengan persoalan-persoalan dan dapat membuat mereka menjadi bingung bila tidak mendapat bantuan yang tepat. Salah satu persoalan yang dihadapi oleh siswa SMA khususnya kelas tiga adalah perencanaan studi lanjut setelah SMA. Banyaknya jenis dan status perguruan tinggi serta berbagai fasilitas pendidikan yang ditawarkan dapat pula membuat siswa merasa bingung dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan dirinya. Informasi studi lanjut perlu diberikan kepada siswa sebagai dasar untuk menetapkan keputusan mengenai pilihan studi lanjut. Terkait dengan pemilihan studi lanjut konselor mempunyai tugas untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam pemilihan jurusan pada studi lanjut setelah SMA. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memberikan layanan informasi sekolah lanjutan kepada siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Paket Layanan Informasi Perencanaa Studi Lanjut untuk Siswa SMA yang berterima secara teoritis dan praktis yang dapat digunakan oleh siswa dan konselor sekolah Menengah Atas sebagai media pemberian informasi tentang studi lanjut setelah SMA.

Penelitian pengembangan merupakan suatu kegiatan penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu diawali dengan menjejaki gejala¬gejala awal (need assesment), dan kemudian menguji keefektifan produk yang dibuat. Model pengembangan yang digunakan adalah model pembelajaran Dick & Carey. Ada sepuluh tahap dalam pengembangan paket yang dikemukakan oleh Dick & Carey, namun tidak semua tahap ditempuh dalam proses pengembangan paket. Hal ini dilakukan agar dalam pembuatan paket, langkah-langkah yang digunakan lebih sederhana dan mudah dipahami. Proses pengembangan paket berlangsung dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pengembangan, (3) Penilaian uji ahli, (4) uji lapangan sehingga menghasilkan produk akhir Paket Layanan Informasi Perencanaan Studi Lanjut untuk Siswa SMA. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk dan dianalisis dengan menggunakan skala likert.

Berdasarkan penilaian ahli BK, paket layanan informasi ini sangat berguna bagi siswa dan konselor dalam memberikan informasi tentang studi lanjut dengan skor rata-rata 4. Dilihat dari aspek kemudahan penggunaan paket layanan informasi ini sangat mudah digunakan dengan skor rata-rata 3. Dari aspek kemenarikan, paket ini menarik dengan skor rata-rata 3. Adapun dari aspek ketepatan paket ini sangat tepat untuk digunakan oleh siswa dan konselor dalam memberikan layanan informasi studi lanjut dengan skor rata-rata 3,8. Berdasarkan penilaian ahli Media Pembelajaran, paket layanan informasi ini sangat berguna bagi siswa dan konselor dalam memberikan informasi tentang studi lanjut dengan skor rata-rata 4. Dilihat dari aspek kemudahan penggunaan paket layanan informasi ini sangat mudah digunakan dengan skor rata-rata 4. Dari aspek kemenarikan, paket ini sangat menarik dengan skor rata-rata 4. Adapun dari aspek ketepatan paket ini sangat tepat untuk digunakan oleh siswa dan konselor dalam memberikan layanan informasi studi lanjut dengan skor rata-rata 4. Berdasarkan hasil uji kelompok kecil di SMA Negeri 1 Sumenep dengan subyek siswa, diperoleh data 94,58% paket sangat sesuai dan baik untuk digunakan oleh siswa SMA. Dari subyek konselor paket dari aspek kegunaan skor rata-rata 4 (sangat berguna) dari aspek kemudahan skor rata-rata 3,14 (sangat mudah), dari aspek kemenarikan skor rata-rata 3.67 (sangat menarik) dari aspek ketepatan skor rata-rata 3,5 (sangat tepat). Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk akhir berupa Paket Layanan Informasi Perencanaan Studi Lanjut sangat baik untuk digunakan oleh konselor maupun siswa di SMA.

Dari hasil penelitian, disarankan (1) Konselor sebagai pelaksana kegiatan memanfaatkan Paket Layanan Informasi Perencanaan Studi Lanjut untuk Siswa SMA sebagai media dalam pemberian dan penyampaian informasi mengenai studi lanjut kepada siswa yang membutuhkan sehingga dapat mempermudah kinerja konselor dalam penyampaian informasi, (2) kepala sekolah memanfaatkan Paket Layanan Informasi Perencanaan Studi Lanjut untuk Siswa SMA sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, dan (3) Paket Informasi Perencanaan Studi Lanjut, disarankan digunakan siswa SMA sebagai salah satu faktor pertimbangan dari berbagai faktor yang lain dalam menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.


Download file

  1. 00550KI11-16. RIWAYAT HIDUP.pdf (29.73 KB)
  2. 00550KI11-2. ANGKET KEBUTUHAN SISWA.pdf (114.48 KB)
  3. 00550KI11-2.Abstract.pdf (34.86 KB)
  4. 00550KI11-ABSTRAK.pdf (14.39 KB)
  5. 00550KI11-BAB I.pdf (42.96 KB)
  6. 00550KI11-BAB II.pdf (133.03 KB)
  7. 00550KI11-BAB III.pdf (599.73 KB)
  8. 00550KI11-BAB IV.pdf (354.46 KB)
  9. 00550KI11-BAB V BARU 03.pdf (23.53 KB)
  10. 00550KI11-COVER AWAL.pdf (88.85 KB)



Download Pengembangan paket layanan informasi perencanaan studi lanjut untuk siswa SMA / Qadri Fajrianingsih


TypeLanguage
Download Pengembangan paket layanan informasi perencanaan studi lanjut untuk siswa SMA / Qadri Fajrianingsih ID

Print Pengembangan paket layanan informasi perencanaan studi lanjut untuk siswa SMA / Qadri Fajrianingsih

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....