Penggunaan media visual dalam pembelajaran PKN di SMP Laboratorium UM / Hesti Lestia Wulandari

DDCRs 332.607 WUL p
AuthorWulandari, Hesti Lestia
Year2010
Languageind

Abstract


Kata Kunci: Media Visual, Pembelajaran, PKn





Kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting dalam proses pembelajaran. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Maka pemilihan media yang sesuai dengan materi pelajaran PKn menjadi sangat penting. Salah satunya dalam penggunaan media pembelajaran yaitu media visual. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan seseorang. Media visual dapat pula menumbuhkan minat dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Sehingga penggunaan media visual sangat membantu dalam proses pembelajaran, guna untuk menarik minat belajar siswa dan memotivasi siswa dalam belajar, dengan demikian penggunaan media visual sangat efektif bila diterapkan dalam pembelajaran PKn.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media visual pada mata pelajaran PKn di SMP Laboratorium UM, (2) kelebihan dan kelemahan penggunaan media visual dalam pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM, (3) faktor pendukung dan penghambat penggunaan media visual dalam pelajaran PKn di SMP Laboratorium UM.

Penelitian tentang penggunaan media visual dalam pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru PKn kelas VII dan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media visual pada mata pelajaran PKn di SMP Laboratorium UM dilakukan oleh guru sendiri, mulai dari pengoperasian LCD serta pada penyampaian materi yang diiringi dengan penggunaan media visual seperti penggunaan LCD untuk penayangan power point dan analisis gambar serta penggunaan gambar-gambar utuk metode pembelajaran picture and picture hingga akhir proses pembelajaran; (2) Kelebihan penggunaan media visual dalam pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM yaitu dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar dan mempermudah menangkap materi yang diberikan, mudah didapat, bentuknya bervariasi. Sedangkan kelemahannya yaitu kalau guru tidak mengetahui cara menggunakan fasilitas yang berhubungan dengan media visual, maka waktu akan terbuang sia-sia pada jam pelajaran, serta guru harus selalu memberikan gambar¬gambar atau peristiwa-peristiwa yang baru agar siswa tidak mudah bosan (monoton); (3) faktor pendukung dan penghambat penggunaan media visual dalam pembelajaran PKn di SMP Laboratorium UM yaitu sarana dan prasarana

i

yang ada di sekolah, kemampuan atau pengetahuan guru dalam penggunaan media visual antara lain penggunaan LCD proyektor, serta kesiapan siswa dalam menerima penggunaan media visual.

Berdasarkan temuan penelitian di atas, saran yang diajukan adalah sebagai berikut: (1) sekolah dapat membantu pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan media visual secara optimal; (2) bagi guru Pendidikan Kewarganegaraan dianjurkan menggunakan media visual yang bervarisi pada mata mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk semua pokok bahasan supaya dapat memotivasi siswa dalam belajar; (3) Bagi siswa diharapkan untuk lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran khususnya yang menggunakan media visual seperti picture and picture, analisis gambar, serta penayangan power point.


Download file

  1. 00513KI11-abstract 1.pdf (77.40 KB)
  2. 00513KI11-ABSTRAK REVISI UJIAN 1.pdf (10.64 KB)
  3. 00513KI11-BAB I.pdf (26.05 KB)
  4. 00513KI11-BAB II.pdf (67.45 KB)
  5. 00513KI11-BAB III.pdf (33.63 KB)
  6. 00513KI11-BAB IV new.pdf (6010.37 KB)
  7. 00513KI11-BAB V.pdf (34.76 KB)
  8. 00513KI11-BAB VI.pdf (9.77 KB)
  9. 00513KI11-COVER SKRISI A.pdf (65.33 KB)
  10. 00513KI11-DAFTAR ISI.pdf (10.49 KB)
  11. 00513KI11-DAFTAR RUJUKAN.pdf (12.19 KB)



Download Penggunaan media visual dalam pembelajaran PKN di SMP Laboratorium UM / Hesti Lestia Wulandari


TypeLanguage
Download Penggunaan media visual dalam pembelajaran PKN di SMP Laboratorium UM / Hesti Lestia Wulandari ID

Print Penggunaan media visual dalam pembelajaran PKN di SMP Laboratorium UM / Hesti Lestia Wulandari

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....