Peningkatan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 18 Malang / Happy Sri Nurjayanti

DDCRs 330.07 NUR p
AuthorNurjayanti, Happy Sri
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi, 2008
Languageind

Abstract


Pembelajaran inquiry adalah suatu model yang membutuhkan siswa menemukan sesuatu mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah dalam suatu penelitian ilmiah. Tujuan utamanya adalah mengembangkan sikap dan ketrampilan siswa yang memungkinkan mereka menjadi pemecah masalah yang mandiri.Inquiri pada dasarnya adalah cara menyadari apa yang telah dialami, Karena itu inquiri menuntut peserta didik berpikir . Metode ini melibatkan mereka dalam kegiatan intelektual. Metode ini menuntut peserta didik memproses pengalam belajar menjadi suatu yang bermakna dalam kehidupan nyata. Dengan demikian , melalui metode ini peserta didik dibiasakan untuk produktif, analisis dan kritis.

Kemampuan memecahkan masalah adalah kemampuan untuk mengembangkan cara berpikir tentang masalah-masalah ekonomi secara nyata, teratur dan teliti yang bertujuan untuk memperoleh kemampuan dan kecakapan berpikir untuk memecahkan suatu masalah secara rasional, lugas dan tuntas. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis, mengkritik, dan menarik kesimpulan suatu masalah yang diberikan oleh guru dalam mata pelajaran ekonomi berdasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang telah dilakukan oleh para siswa sendiri.

Penelitian dilakukan di SMPN 18 Malang yang bertujuan mendeskripsikan pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran ekonomi.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif agar pembaca memperoleh gambaran yang jelas mengenai penerapan pembelajaran berbasis masalah mulai dari tahap awal penelitian sampai tahap pelaporannya yang disertai dengan perhitungan hasil tes kemampuan memecahkan masalah dan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran berlangsung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rerata skor keterampilan memecahkan masalah siklus I kelas VII SMPN 18 Malang 63,06%. Sedangkan rerata skor kemampuan memecahkan masalah pada siklus II diperoleh rerata skor 82,58%. Hasil data ini membuktikan bahwa keterampilan memecahkan masalah siswa kelas VII mulai meningkat yaitu sebesar 19,52%. Untuk data kemampuan berpikir kritis siklus I rerata skor kelas sebesar 61,29%. Sedangkan untuk data kemampuan berpikir kritis siklus II rerata skor kelasnya sebesar 84,96%. Hasil data ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X8 meningkat sebesar 23,67%.

Berdasarkan pada penelitian yang telah dilaksanakan maka terdapat beberapa saran untuk lebih mengoptimalkan penerapan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi yaitu guru mata pelajaran ekonomi disarankan untuk menerapkan model pembelajaran inquiry sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa, pelaksanaan pembelajaran inquiry hendaknya dipertimbangkan kesesuaian antara materi yang di buku dengan siswa dan kondisi lingkungan siswa serta waktu yang tersedia, penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya untuk diterapkan pada kelas dan sekolah lain dengan materi berbeda, guru harus selalu mengingatkan siswa untuk memperhatikan dan menananggapi kelompok yang sedang presentasi. Selain itu guru harus tegas dalam memberikan tugas pada siswa agar siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.










Download file

  1. 02316KI08-ABSTRAK4.doc (23.00 KB)
  2. 02316KI08-BAB I1.mdi (54.28 KB)
  3. 02316KI08-BAB II1.mdi (169.92 KB)
  4. 02316KI08-BAB III1.mdi (98.87 KB)
  5. 02316KI08-BAB IV1.mdi (161.36 KB)
  6. 02316KI08-BAB V2.mdi (57.36 KB)
  7. 02316KI08-BAB VI1.mdi (10.88 KB)



Download Peningkatan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 18 Malang / Happy Sri Nurjayanti


TypeLanguage
Download Peningkatan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 18 Malang / Happy Sri Nurjayanti ID

Print Peningkatan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 18 Malang / Happy Sri Nurjayanti

Publications by Year

    Table 'bp_karyailmiah' is marked as crashed and should be repaired