Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui media VCD animasi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Ike Mega Irawati

DDCRs 499.22183 IRA p
AuthorIrawati, Ike Mega
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, 2011
Languageind

Abstract


Kata kunci: Menyimak, dongeng, media, VCD animasi





Pembelajaran menyimak di sekolah menengah pertama merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memegang peranan penting. Keterampilan ini merupakan keterampilan pertama yang dikuasai siswa dan memiliki peranan terhadap keterampilan berbahasa serta penguasaan materi pelajaran yang lain. Berdasarkan observasi awal, keterampilan menyimak pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang masih kurang dan belum mencapai standar nilai yang berlaku di sekolah tersebut. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata klasikal siswa yang kurang dari 70. Pemilihan media pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam penelitian ini media yang digunakan adalah media VCD animasi. Dengan media ini siswa belajar menyimak dongeng. Dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng melalui media VCD animasi dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap memahami isi dongeng dan tahap menemukan hal yang menarik.



Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengangkat dua permasalahan, yaitu (1) Bagaimana peningkatan keterampilan memahami isi dongeng yang diperdengarkan melalui media VCD Animasi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang Tahun Ajaran 2010-2011? dan (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan melalui media VCD Animasi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang Tahun Ajaran 2010-2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan memahami isi dongeng yang diperdengarkan melalui media VCD animasi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang Tahun Ajaran 2010-2011 dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan melalui media VCD animasi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang Tahun Ajaran 2010-2011.



Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek umum penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 9 Malang dengan jumlah 38 siswa yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan tahun ajaran 2010-2011 dan subyek khusus penelitian ini adalah kelompok siswa yang memperoleh nilai dibawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM). SKM untuk mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah 70. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa data numerikal yang diperoleh dari hasil belajar siswa dengan menggunakan media VCD animasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian, Lembar Kerja Siswa (LKS),dan rubrik penilaian.



Penelitian dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2011 dan 29 Maret 2011 dalam dua siklus. Data penelitian meliputi data numerikal yang berwujud hasil belajar peningkatan keterampilan menyimak dongeng. Data diperoleh melalui instrumen utama, yaitu tes uraian, LKS (Lembar Kerja Siswa), dan rubrik penilaian untuk mengetahui hasil keterampilan menyimak dongeng yang didukung dengan instrumen penunjang berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan untuk mengetahui proses pada saat kegiatan belajar menyimak dongeng dilaksanakan.



Hasil penilitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase keberhasilan hasil belajar siswa pada keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan media VCD animasi. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari siklus I dan siklus II melalui tahap memahami isi dongeng dan tahap menemukan hal menarik. Kegiatan yang dilakukan meliputi menyimak dongeng yang diputar oleh guru, kemudian menganalisis unsur intrinsik dan menenukan hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan. Penggunaan media VCD animasi dapat mempermudah siswa dalam memahami alur cerita sehingga siswa dapat mengapresiasikan kegiatan menyimak dongeng hal ini terbukti bahawa siswa dapat menentukan tema, tokoh dan watak tokoh, setting, dan latar serta dapat menemukan hal yang menarik disertai alasan yang logis.



Kedua tahapan ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang. Peningkatan keterampilan menyimak dongeng pada tahap memahami isi dongeng yang diperdengarkan terlihat dari persentase keberhasilan siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I 68,4% atau 5 siswa terteliti yang memperoleh nilai ≥ 70 dan pada siklus II meningkat 18,4 poin menjadi 86,8% atau 12 siswa terteliti yang memperoleh nilai ≥ 70. Dengan rincian 86,8% atau 12 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek menyebutkan tokoh, 94,7% atau 15 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek menyebutkan watak tokoh, 76,3% atau 8 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek menyebutkan jalan cerita atau peristiwa, 84,2% atau 11 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek menentukan amanat.Dengan demikian ada peningkatan persentase keberhasilan siswa pada tahap memahami isi dongeng.



Peningkatan keterampilan menyimak dongeng pada tahap menemukan hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan terlihat dari persentase keberhasilan siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I 65,7% atau 4 siswa terteliti yang memperoleh nilai ≥ 70 dan pada siklus II meningkat 26,4 poin menjadi 92,1% atau 14 siswa terteliti yang memperoleh nilai ≥ 70. Dengan rincian 100% atau 17 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek menentukan hal menarik dari peristiwa, 94,7% atau 15 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek menentukan hal menarik dari tokoh, 81,5% atau 10 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek menentukan hal menarik dari latar, 86,8% atau 12 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek menentukan hal menarik dari gaya bahasa, 71% atau 6 siswa meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek menentukan amanat. Dengan demikian ada peningkatan persentase keberhasilan siswa pada tahap menemukan hal yang menarik dari dongeng.



Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia , hendaknya menggunakan media VCD animasi ini untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng karena berdasarkan hasil penelitian, keterampilan siswa dalam menyimak dongeng mengalami peningkatan. Guru hendaknya memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran, yaitu dengan menggunakan media VCD animasi untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng. Pembelajaran menggunakan media VCD animasi dapat dijadikan alternativ bagi guru dalam pembelajaran menyimak dongeng karena terbukti mengarah ke arah positif.



Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia akan berhasil apabila dikemas dengan menarik dan tidak membosankan. Oleh karena itu, melalui laporan penelitian ini disumbangkan gagasan kepada guru untuk lebih kreatif lagi dengan menerapkan media VCD animasi.Temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam merancang skenario pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.



Kepada peneliti berikutnya yang melakukan penelitian sejenis, diharapkan dapat menggunakan dan mengembangkan media VCD animasi sebagai dasar untuk melakukan penelitian lain secara lebih kreatif dengan mengembangkan keterampilan berbahasa yang lainnya atau keterampilan berbahasa yang sama namun dengan kompetensi dasar yang berbeda.


Download file




Download Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui media VCD animasi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Ike Mega Irawati


TypeLanguage
Download Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui media VCD animasi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Ike Mega Irawati ID

Print Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui media VCD animasi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 9 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Ike Mega Irawati

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....