Peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Lamongan / Risa Eka Febrianti

DDCRs 339.35 FEB p
AuthorFebrianti, Risa Eka
Year2011
Languageind

Abstract


Kata Kunci: Potensi pariwisata, Upaya, Pendapatan Asli Daerah







Pembangunan nasional yang sedang dilaksanakan tidak terlepas dari peran serta daerah dalam turut mewujudkan tujuan pembangunan daerah secara utuh dan terpadu. Setiap pemerintah daerah berupaya keras meningkatkan perekonomian daerahnya sendiri termasuk meningkatkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu upaya untuk meningkatkan penerimaan daerah yaitu dengan mengoptimalkan potensi dalam sektor pariwisata. Pembangunan kepariwisata dilanjutkan dan ditingkatkan dengan mengembangkan dan mendayagunakan sumber dan potensi kepariwisataan nasional menjadi kegiatan ekonomi yang dapat diandalkan untuk memperbesar penerimaan devisa, memperluas dan meratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja bagi daerah setempat, mendorong pembangunan, serta memperkenalkan nilai budaya bangsa.

Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah: Apa saja sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah, Bagaimanakah peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan PAD, dan Bagaimanakah upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Lamongan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan, beberapa obyek wisata di Kabupaten Lamongan dengan teknik survei lapangan dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan : Sektor pariwisata di Kabupaten Lamongan menunjukkan perkembangan yang cukup baik, terutama setelah adanya Obyek wisata Wisata Bahari Lamongan, Sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah yaitu berasal dari Pajak daerah, yang selanjutnya disebut Pajak, Retribusi Daerah, Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, serta Lain-lain pendapatan asli daerah sah. Upaya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam pembangunan sektor pariwisata agar dapat menarik pengunjung obyek wisata yang lebih banyak yaitu kegiatan marketing dan promosi, mengadakan riset pemasaran wisata, sehingga perlu meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana.

Adapun saran yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mengoptimalkan potensi dan peluang pariwisata dalam kaitannya dengan PAD Kabupaten Lamongan adalah: Pentingnya untuk mensosialisasikan Program Sadar Wisata pada semua warga Kabupaten Lamongan sehingga diharapkan POKDARWIS tiap desa akan bisa memaksimalkan potensi-potensi di desanya masing-masing dengan keunikan yang mereka miliki. Serta di dukung dengan Faktor keamanan yang mutlak diperlukan karena bisa menjamin rasa aman wisatawan di Kabupaten Lamongan.


Download file




Download Peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Lamongan / Risa Eka Febrianti


TypeLanguage
Download Peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Lamongan / Risa Eka Febrianti ID

Print Peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Lamongan / Risa Eka Febrianti

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....