Perbedaan hasil belajar siswa kelas IV yang mengikuti kursus jarimatika dengan yang mengikuti kursus sempoa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 3 Rumbuk Lombok Timur / Nurlaila Novi Maulia

DDCRs 372.72044 MAU p
AuthorMaulia, Nurlaila Novi
Year2009
Languageind

Abstract


ABSTRAK





Maulia, Nurlaila Novi. 2009. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Yang Mengikuti Kursus Jarimatika dengan Yang Mengikuti Kursus Sempoa Pada Mata pelajaran Matematika Di SD Negeri 3 Rumbuk Lombok Timur”. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. A.J.E. Toenlioe, M.Pd, (II) Dra. Susilaningsih.



Kata Kunci: Hasil Belajar, Jarimatika, Sempoa



Pendidikan menjadi faktor terpenting dalam menciptakan manusia yang cerdas, kreatif, dan stabil, baik fisik, mental, maupun spiritual.Pendidikan di sini mencakup pendidikan formal seperti di sekolah, informal seperti halnya di rumah maupun pendidikan non formal seperti bimbingan belajar di lembaga-lembaga kursus. Banyak siswa memilih lembaga-lembaga kursus sebagai alternatif penunjang dan pendukung pembelajaran di sekolah.

Lembaga kursus jarimatika dan sempoa merupakan salah satu yang dipilih siswa sebagai penunjang pendidikan mereka khususnya dalam mata pelajaran matematika. Jarimatika dan sempoa diyakini dapat menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan anak. Dengan gerak visual jari-jari pada metode hitung jarimatika dan manik-manik pada sempoa dapat memicu kerja otak kanan yang akan menghasilkan kreatifitas anak, di samping memicu kerja otak kiri (aspek koginitif) yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelas IV yang mengikuti kursus jarimatika dengan yang mengikuti kursus sempoa pada mata pelajaran matematika SD Negeri 3 Rumbuk Lombok Timur?. Dan tujuan penelitian ini adalah mengkaji perbedaan hasil belajar antara siswa kelas IV yang mengikuti kursus jarimatika dengan yang mengikuti kursus sempoa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 3 Rumbuk Lombok Timur.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kausal komparatif, merupakan bentuk penelitian deskriptif yang membandingkan dua atau lebih dari dua situasi, kejadian, kegiatan, program, dan lain-lain yang sejenis atau hampir sama.

Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Rumbuk Lombok Timur yang berjumlah 95 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah 17 siswa kelas IV yang mengikuti kursus jarimatika dan 35 siswa kelas IV yang mengikuti kursus sempoa.

Data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan analisis statistik yaitu menggunakan t test atau uji t pooled varian. Analisis ini untuk mengkaji signifikansi perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti kursus sempoa dengan siswa yang mengikuti kursus jarimatika.

Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t pooled varian diperoleh thitung adalah 1,45 dan ttabel ditemukan 2,010 pada taraf kesalahan 0,05 atau 5 % dengan ini dinyatakan thitung < ttabel yakni 1,45 < 2,010. Dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas IV yang mengikuti kursus jarimatika dengan yang mengikuti kursus sempoa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 3 Rumbuk Lombok Timur. Dengan skor rata-rata tes hasil belajar kelompok sampel jarimatika lebih tinggi dibanding dengan kelompok sampel sempoa. Skor rata-rata kelompok sampel jarimatika adalah 87,05 dan kelompok sampel sempoa adalah 83. dengan selisih beda skor rata-rata kedua kelompok sampel adalah 4,05 dan selisih persentase yang termasuk skor tinggi dan sangat tinggi adalah 21,6% lebih tinggi kelas IV A dibanding kelas IV B.

Saran peneliti untuk sekolah adalah pendidikan alternatif yang dapat menunjang pembelajaran di kelas dapat dijadikan sebagai program sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di sekolah. Bagi guru, hendaknya meningkatkan penguasaan terhadap metode dan teknik pengajran yang variatif dan aktraktif, member perlakuan dan bimbingan yang sama terhadap siswa. Sedangkan bagi peneliti lain, diharapkan akan dapat meneliti hal yang sama secara mendalam dan detail tentang metode dan teknik pengajaran matematika menggunakan jarimatika dan sempoa, dengan sampel yang lebih luas, serta memerhatikan level atau tingkatan dari pembelajaran jarimatika dan atau sempoa.








Download file

  1. 02495KI09-1.pdf (37.49 KB)
  2. 02495KI09-2.pdf (636.20 KB)
  3. 02495KI09-3.pdf (89.04 KB)
  4. 02495KI09-4.pdf (337.10 KB)
  5. 02495KI09-5.pdf (26.53 KB)
  6. 02495KI09-6.pdf (15.23 KB)
  7. 02495KI09-abstrak.doc (31.00 KB)



Download Perbedaan hasil belajar siswa kelas IV yang mengikuti kursus jarimatika dengan yang mengikuti kursus sempoa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 3 Rumbuk Lombok Timur / Nurlaila Novi Maulia


TypeLanguage
Download Perbedaan hasil belajar siswa kelas IV yang mengikuti kursus jarimatika dengan yang mengikuti kursus sempoa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 3 Rumbuk Lombok Timur / Nurlaila Novi Maulia ID

Print Perbedaan hasil belajar siswa kelas IV yang mengikuti kursus jarimatika dengan yang mengikuti kursus sempoa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 3 Rumbuk Lombok Timur / Nurlaila Novi Maulia

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....