Perbedaan kondisi sosial ekonomi pekerja sektor industri kerajinan batik tulis di Madura / Nila Eny Yustanti

DDCRs 330.95982 YUS p
AuthorYustanti, Nila Eny
Year2010
Languageind

Abstract


ABSTRAK



Yustanti, Nila Eny. 2010. Perbedaan Kondisi Sosial Ekonomi Pekerja Sektor Industri Kerajinan Batik Tulis di Madura. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M. Si. (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.SI.



Kata Kunci: kondisi sosial,kondisi ekonomi, pekerja industri kerajinan.



Pekerjaan dalam Industri kerajinan batik tulis ada dua yaitu sebagai pembatik dan pencelup, pekerjaan ini termasuk dalam home industri dan merupakan pekerjaan secara turun temurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi pekerja sektor kerajinan industri batik tulis di Kabupaten Sumenep, mengetahui kondisi sosial ekonomi pekerja sektor kerajinan industri batik tulis di Kabupaten Pamekasan, dan Mengetahui perbedaan kondisi sosial ekonomi pekerja sektor kerajinan industri batik tulis di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pamekasan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dalam bentuk survey dengan 187 populasi yang tersebar di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pamekasan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposif sampling sehingga diperoleh 66 responden diantaranya 34 responden dari Kabupaten Sumenep dan 32 responden dari Kabupaten Pamekasan dengan menggunakan metode angket sebagai alat pengumpul data. Pengambilan datanya menggunakan 2 metode yaitu: dokumentasi dan angket. Analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data sekunder terdiri dari kondisi geografis daerah penelitian, peta wilayah penelitian, dan keadaan penduduk yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Data primer terdiri dari kondisi sosial ekonomi pekerja sektor industri kerajinan batik tulis di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pamekasan yang dikumpulkan dengan teknik angket dan dokumentasi, analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis tabulasi tunggal dan uji t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendidikan responden di Kabupaten Sumenep rata-rata SMP/ MTS, jenis pekerjaan terdiri dari pokok dan sampingan dimana pekerjaan pokok sebagai pencelup dan pembatik sedangkan sampingannya sebagai petani, tingkat produksi batik 12-55 lembar/bulan, pendapatan pengrajin perbulannya diperoleh dari hasil pendapatan sendiri dan pendapatan yang diperoleh anggota keluarga yang ikut bekerja (2) pendidikan responden di Kabupaten Pamekasan rata-rata SMP/ MTS, jenis pekerjaan terdiri dari pokok dan sampingan dimana pekerjaan pokok sebagai pencelup dan pembatik sedangkan sampingannya sebagai petani dan pedagang, tingkat produksi batik 12-55 lembar/bulan, pendapatan pengrajin perbulannya diperoleh dari hasil pendapatan sendiri dan pendapatan yang diperoleh anggota keluarga yang ikut bekerja (3) Berdasarkan hasil penelitian di Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep dengan menggunakan analisis tabulasi tunggal dan uji t-test diketahui ada perbedaan kondisi sosial ekonomi di kedua Kabupaten tersebut dimana dari tingkat pendidikan dan produksi lebih tinggi di Kabupaten Pamekasan. Sedangkan pendapatan tidak ada perbedaan.








Download file

  1. 01654KI10-BAB I.pdf (30.37 KB)
  2. 01654KI10-BAB II.pdf (49.14 KB)
  3. 01654KI10-BAB III.pdf (17.13 KB)
  4. 01654KI10-BAB IV.pdf (73.52 KB)
  5. 01654KI10-BAB V.pdf (106.09 KB)
  6. 01654KI10-BAB VI.pdf (10.56 KB)



Download Perbedaan kondisi sosial ekonomi pekerja sektor industri kerajinan batik tulis di Madura / Nila Eny Yustanti


TypeLanguage
Download Perbedaan kondisi sosial ekonomi pekerja sektor industri kerajinan batik tulis di Madura / Nila Eny Yustanti ID

Print Perbedaan kondisi sosial ekonomi pekerja sektor industri kerajinan batik tulis di Madura / Nila Eny Yustanti

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....