Profil pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Percobaan 1 Malang / Lusi Yuniarti

DDCRs 372.11 YUN p
AuthorYuniarti, Lusi
YearSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, 2011
Languageind

Abstract


Kata Kunci: profil, pembelajaran, sekolah dasar





Dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaanya belum sesuai dengan tuntutan kurikulum yang digunakan pada saat ini. Guru tidak menggunakan RPP sebagai rencana dalam pembelajaran yang digunakan sebagai acuan, pembelajaran yang dilakukan ada yang menggunakan model lama dan ada yang sudah beralih ke model baru, pelaksanaan penilaian yang dilakukan kurang memperhatikan dalam segi proses. Berangkat dari hal tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup gambaran RPP yang disusun, gambaran pelaksanaan pembelajaran, penerapan model-model pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru di kelas 1 SDN Percobaan 1 Malang. Penelitian dilakukan di SDN Percobaan 1 Malang karena di SD ini menggunakan kurikulum KTSP yang telah ditentukan oleh pemerintah, selain itu SD ini merupakan salah satu SD favorit yang ada di Kota Malang, dengan lokasi berada di sekitar lingkungan pendidikan.



Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai pengamat penuh, tanpa terlibat langsung dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dalam beberapa tahap, dimulai dengan penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan temuan yang dilakukan adalah memperpanjang kehadiran, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.



Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa gambaran pembelajaran yang ada di SDN Percobaan 1 Malang adalah sebagai berikut: RPP yang disusun sudah sesuai dengan tuntutan KTSP dan dikategorikan baik, walaupun guru tidak selalu menyusun dalam setiap pembelajaran, pembelajaran dilaksanakan di kelas gemuk dan pembelajaran yang dilakukan merupakan pembelajaran aktif, guru menggunakan model-model pembelajaran yang mengikuti perkembangan dalam dunia pendidikan, antara lain model pemebelajaran talking stick, number head together, role playing, IOC, pakem serta penilaian yang dilakukan adalah penilaian berbasis kelas, yang merupakan tuntutan dari KTSP.



Sebaiknya dalam penyusunan RPP dilakukan setiap kali akan melaksanakan pembelajaran, hal ini memudahkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang optimal. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama pembelajaran sebaiknya berorientasi kepada peserta didik, pembelajaran yang dilakukan di kelas gemuk sebaiknya dilakukan dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, dan tidak selalu dilakukan di ruang kelas.


Download file

  1. 01949KI11-1ABSTRAK.pdf (15.67 KB)
  2. 01949KI11-2DAFTAR ISI.pdf (12.00 KB)
  3. 01949KI11-3COVER.pdf (20.04 KB)
  4. 01949KI11-BAB I.pdf (98.53 KB)
  5. 01949KI11-BAB II.pdf (113.34 KB)
  6. 01949KI11-BAB III.pdf (625.43 KB)
  7. 01949KI11-BAB IV.pdf (99.17 KB)
  8. 01949KI11-BAB V.pdf (57.07 KB)
  9. 01949KI11-DAFTAR PUSTAKA (Recovered).pdf (196.76 KB)



Download Profil pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Percobaan 1 Malang / Lusi Yuniarti


TypeLanguage
Download Profil pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Percobaan 1 Malang / Lusi Yuniarti ID

Print Profil pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Percobaan 1 Malang / Lusi Yuniarti

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....