Sistem kontrol otomatisasi parkir mobil di dalam gedung perkantoran berbasis AT89S51 / Yayat Hidayat

DDCRp 621.381537 HID s
AuthorHidayat, Yayat
YearTugas Akhir (Diploma)--Universitas Negeri Malang. Program Studi D3 Teknik Elektro, 2008
Languageind

Abstract


Pada saat ini otomatisasi berkembang dengan pesatnya. Setiap alat maupun suatu sistem yang digunakan di dunia industri dan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari selalu dikembangkan agar menjadi lebih otomatis agar sesuatunya menjadi lebih praktis, efektif dan efisien.Tidak terkecuali dalam memenuhi kebutuhan transportasi.Banyak masyarakat yang memilih mobil sebagai sarana transportasi utama,tapi tidak diikuti dengan sarana tempat parkir yang memadai.

Sebagian besar tempat parkir yang ada kondisinya kurang memadai. Hal tersebut dikarenakan kurangnya fasilitas yang dapat membantu pemakai tempat parkir. Pengaturan tempat-tempat parkir saat ini hanya mengandalkan para petugas parkir tanpa dilengkapi dengan peralatan penunjang. Sehinga apabila terjadi kesalahan atau kelalaian petugas parkir,para pemakai tempat parkir akan dirugikan. Para pemakai tempat parkir akan mencari tempat parkir yang masih kosong, dan jika sudah penuh, pemakai tempat parkir akan keluar dari area parkir untuk mencari tempat parkir lain yang masih kosong. Hal ini sering terjadi pada tempat-tempat parkiran di dalam gedung perkantoran.



Sistem tempat parkir ini dapat menampung sekitar 10 mobil yang terdiri dalam 2 baris dan masing-masing baris terdiri dari 5 kolom, dan dikontrol oleh Mikrokontroler AT89S51. Sensor (infrared) yang dipasang pada pintu masuk dan pintu keluar untuk mengetahui adanya mobil masuk dan mobil keluar dan untuk membuka dan menutup portal pada gerbang pintu masuk dan pintu keluar serta sensor lokasi (infrared) yang dipasang pada masing-masing petak yang akan mendeteksi apakah tempat tersebut telah terisi. Sensor akan aktiv jika terdapat benda yang menghalanginya. Keluaran dari sensor berlogika 0 jika sensor aktiv dan brlogika 1 jika sensor tidak aktiv (pasif). Keluaran dari sensor dimasukan ke mikrokontroler sebagai kontrol utama yang akan mengoperasikan seluruh sistem. Keluaran dari mikrokontroler dihubungkan dengan CPU sebagai tampilan dari lokasi yang masih kosong. Jika area tempat parkir telah penuh, maka portal pintu masuk tidak akan terbuka lagi. Sebagai contoh apabila terdapat mobil masuk dan mengaktivkan sensor infrared yang diletakan sebelum pintu masuk, mikrokontroler akan bekerja untuk menggerakan motor yang berfungsi untuk membuka portal pada pintu masuk kemudian mobil mengaktivkan sensor yang diletakan setelah pintu masuk, mikrokontroler akan bekerja untuk menggerakan motor yang berfungsi untuk menutup portal pada pintu masuk. Mobil akan menempati lokasi yang masih kosong dan mengaktivkan sensor lokasi (infrared) yang keluarannya dimasukan ke mikrokontroler sebagai kontrol utama. Selain untuk menghidupkan display pada CPU yang dilanjutkan ke layar monitor, keluaran dari mikrokontroler juga dihubungkan dengan driver relay. Rangkaian driver relay bertujuan untuk mengatur gerak motor dengan masukan yang diperoleh dari keluaran mikrokontroler yang akan mengatur motor agar tidak bergerak atau membuka portal pada pintu masuk apabila area parkir telah penuh (dengan kapasitas tempat parikr 10 kendaraan). Semua sistem dioperasikan oleh Mikrokontroler AT89S51 sebagai kontrol utama Dari hasil pengujian rangkaian keseluruhan sistem, sistem kontrol otomatisasi tempat parkir mobil dalam gedung berbasis mikrokontroler dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan. Sensor akan aktif jika sinar terus terhalang.



Mobil masuk harus menghalangi sensor dengan memanfaatkan body mobil untuk memastikan bahwa terdapat mobil ada yang mengisi tempat parkir. Jika dalam keadaan full terdapat mobil yang keluar dan menyentuh sensor keluar, palang pintu akan membuka. Jika ada mobil masuk, maka pada display akan menampilkan lokasi yang masih kosong. Jika lokasi tempat parkir kosong, baris dan kolom yang dekat dengan pintu masuk lebih diprioritaskan untuk tampilan pada display. Dari perancangan dan pengujian sistem monitoring tempat parkir mobildalam gedung berbasis mikrokontroler dapat disimpulkan sebagai berikut:1. Sistem otomatisasi tempat parkir mobil dalam gedung berbasis mikrokontroler dapat menampung sekitar 10 kendaraan yang terbagi dalam 2 baris dan 5 kolom dan dikontrol oleh Mikrokontroler AT89S51. 2. Selang waktu antara 2 mobil yang akan mengaktifkan sensor masuk 1 detik setelah mobil menghalagi sensor masuk, sehingga tidak ada mobil yang mengaktitkan sensor secara bersama. 3. Baris dan kolom yang dekat dengan pintu masuk lebih diprioritaskan. 4. Lokasi yarg masih kosong ditampilkan pada display monitor dengan software program delphi 7. 5.Pada saat power supply dihidupkan, seluruh sistem dalam keadaan on, palang pintu masuk menutup, palang pintu keluar menutup, dan display monitor menampilkan tulisan parkir kosong. Berdasarkan hasil pengujian alat secara keseluruhan masih terdapat kelemahan pada mekanisasi alat sehingga diperlukan perbaikan dan perawatan yang tepat dan benar, agar kelemahan-kelemahan yang terjadi dapat berkurang.






Download file

  1. 01810KI08-1.pdf (29.23 KB)
  2. 01810KI08-2.pdf (310.50 KB)
  3. 01810KI08-3.pdf (303.44 KB)
  4. 01810KI08-4.pdf (110.31 KB)
  5. 01810KI08-5.pdf (7.22 KB)
  6. 01810KI08-abstrak.doc (29.50 KB)
  7. 01810KI08-ABSTRAK.pdf (12.55 KB)
  8. 01810KI08-BAB I.pdf (28.90 KB)
  9. 01810KI08-BAB III.pdf (306.02 KB)
  10. 01810KI08-BAB IV.pdf (110.69 KB)
  11. 01810KI08-BAB V.pdf (7.21 KB)
  12. 01810KI08-BAB_II.pdf (312.81 KB)



Download Sistem kontrol otomatisasi parkir mobil di dalam gedung perkantoran berbasis AT89S51 / Yayat Hidayat


TypeLanguage
Download Sistem kontrol otomatisasi parkir mobil di dalam gedung perkantoran berbasis AT89S51 / Yayat Hidayat ID

Print Sistem kontrol otomatisasi parkir mobil di dalam gedung perkantoran berbasis AT89S51 / Yayat Hidayat

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....