Strtategi pembelajaran muatan lokal "Seni Reyok" di SMA Negeri 2 Ponorogo / Nanik Indri Astutik

DDCRs 793.31907 AST s
AuthorAstutik, Nanik Indri
Year2009
Languageind

Abstract


ASBTRAK

Astutik, Nanik Indri. 2009. Strategi Pembelajaran Muatan Lokal "Seni Reyog" Di SMA Negeri 2 Ponorogo. Skripsi, Program Pendidikan Seni Tari, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd, (2) Drs. Imam Muhadjir.



Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Muatan lokal



"Seni Reyog" hadir di SMA Negeri 2 Ponorogo sebagai mata pelajaran muatan lokal. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran umum dan strategi guru mengajar muatan lokal "Seni Reyog" di SMA Negeri 2 Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum dan strategi guru mengajar muatan lokal "Seni Reyog" di SMA Negeri 2 Ponororgo.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik telaah dokumen, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, sajian data disertai penarikan kesimpuan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) "Seni Reyog" hadir di SMA Negeri 2 Ponorogo sebagai mata pelajaran muatan Lokal. Potensi pengembangan kemampuan daerah dan pemanfaatan sumber daya manusia (guru) menjadi pemikiran dasar kebijakan sekolah dan alasan dasar dari kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kelayakan menjadi guru muatan lokal "Seni Reyog" tidak harus berlatar belakang dari pendidikan seni/ pendidikan sarjana seni. Terbukti guru yang mengajar muatan lokal "Seni Reyog"di SMA Negeri 2 Ponorogo berlatar pendidikan Bahasa Inggris; (2) Sesuai dengan KTSP sebagai kurikulum yang digunakan dalam membelajarkan muatan lokal "Seni Reyog", guru telah menyiapkan perangkat mengajar sebelum mengajar. Standar kompetensi dan kompetensi dasar dikembangkan dari standar kompetensi dan kompetensi dasar dari mata pelajaran seni budaya sub mata pelajaran seni tari dan sub mata pelajaran seni musik tahun ajaran 2007/2008; (3) Kecenderungan guru dalam proses pembelajaran muatan lokal ”Seni Reyog” menggunakan model aprentisip, metode demonstrasi, drill/ latihan yang diulang-ulang dan menggunakan pendekatan eskpositorik. Media yang digunakan dalam pembelajaran muatan lokal "Seni Reyog" adalah media guru (media berbasis manusia), tape kaset pita, player, CD dan gamelan serta menggunakan properti eblek dan sampur.(4) Evaluasi yang digunakan adalah proses dan hasil, akhir semester genap ini siswa diwajibkan untuk menggelar pertunjukan kreasi gerak tari dan musik iringan tari warok dan jathil.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk (1) pengorganisasian perangkat mengajar dan perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar dilaksanakan dengan teliti, cermat dan tepat sehingga guru mempunyai pegangan/pedoman dalam melaksanakan kegiatan belajar.



i



Dengan berusaha semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran di kelas sesuai dengan perangkat mengajar yang telah dibuat; (2) Pihak sekolah diharapkan dapat meningkatkan dan menambah guru (pengajar) dan sarana prasarana yang sesuai untuk pembelajaran gerak tari dan musik iringan reyog; (3) Diharapkan guru mengetahui dan mengerti metode, pendekatan serta model pembelajaran seni untuk mengajarkan muatan lokal "Seni Reyog", karena isi dan materi "Seni Reyog " adalah kesenian yang sub materi seni tari dan musik; (4) Muatan lokal "Seni Reyog" hadir dalam pendidikan sebagai wujud bakti terhadap kesenian reyog diharapkan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo mengupayakan kelengkapan dari pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran muatan lokal "Seni Reyog", sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.


Download file

  1. 02236KI09-BAB 1.pdf (110.83 KB)
  2. 02236KI09-BAB 2 .pdf (230.87 KB)
  3. 02236KI09-BAB 3.pdf (114.10 KB)
  4. 02236KI09-BAB 4.pdf (752.83 KB)
  5. 02236KI09-BAB 5.pdf (176.80 KB)
  6. 02236KI09-BAB 6.pdf (66.40 KB)



Download Strtategi pembelajaran muatan lokal "Seni Reyok" di SMA Negeri 2 Ponorogo / Nanik Indri Astutik


TypeLanguage
Download Strtategi pembelajaran muatan lokal ID

Print Strtategi pembelajaran muatan lokal

Publications by Year

O.P.A.C

Universitas Negeri Malang Perpustakaan Universitas Negeri Malang Mulok Perpustakaan Universitas Negeri Malang Opac Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Index Artikel Perpustakaan Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang
....