• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Artikel Pustakawan Perpustaakaan UM



PELAYAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN SDN Jatimulyo 3 MALANG

 E-mail
Oleh Listariono , A.Ma, S.Pd    Rabu, 11 Maret 2015 17:37
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah, pengelola perpustakaan berupaya untuk menyediakan koleksi bahan pustaka yang dibutuhkan oleh pemustaka, yaitu murid-murid, guru-guru serta masyarakat yang ada di sekolah. Siswa dapat dapat memanfaatkan perpustakaan diwaktu luangnya untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya atau mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku-buku cerita. Sedangkan guru-gurunya dapat memanfaatkan perpustakaan untuk menambah wawasan pengetahuannya.
 

BAGAIMANA MEMILIH BAHAN PUSTAKA UNTUK PERPUSTAKAAN TAMAN KANAK-KANAK

 E-mail
Oleh Nining Nugrahini, SE    Selasa, 10 Maret 2015 14:36
Taman Kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak (Depdiknas, 2007:1). Potensi yang perlu dikembangkan yaitu potensi psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, social emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, kemandirian, dan seni. Agar potensi itu dapat berkembang dengan baik hendaknya penyelenggaraan pendidikan di TK mampu memberikan kesempatan kepada anak untuk tumbuh dalam semua aspek-aspek perkembangan dan kecerdasannya.
 

KATALOGISASI BAHAN PUSTAKA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

 E-mail
Oleh Nining Nugrahini, SE    Sabtu, 07 Maret 2015 19:50
Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 yaitu tentang Standar Nasional Pendidikan (Depdiknas, 2005: 34) diantaranya dijelaskan bahwa setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana prasarana yang meliputi ruang perpustakaan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Keberadaan perpustakaan sekolah mempunyai arti yang sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar siswa dalam mencapai tujuan pendidikan disekolah.
 

LAYANAN REFERENSI DAN PROMOSI KOLEKSI REFERENSI

 E-mail
Oleh Nining Nugrahini, SE    Sabtu, 07 Maret 2015 19:32
Istilah referensi berasal dari bahasa Inggris to refer  yang artinya menunjuk. Sedangkan referensi menurut Kamus Besar  Bahasa Indoesia adalah sumber, acuan, rujukan atau petunjuk. Di dalam ilmu perpustakaan istilah referensi berarti menunjuk kepada suatu koleksi yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemakai perpustakaan. Untuk koleksi referensi biasanya ditempatkan diruang tersendiri yang dinamakan ruang referensi dan untuk bukunya diberi tanda khusus huruf “ R” atau tulisan Ref, singkatan dari kata Rujukan atau Referensi.  Buku referensi merupakan buku yang dapat memberikan keterangan tentang suatu topik, nama orang, tempat, istilah, riwayat dari orang-orang terkenal dan lain sebagainya. Buku rujukan tidak dirancang untuk dibaca secara keseluruhan melainkan hanya dibaca pada bagian-bagian tertentu saja.
 

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN PUSTAKA DI ERA DIGITAL

 E-mail
Oleh Nining Nugrahini, SE    Sabtu, 07 Maret 2015 19:26
Keberadaan perpustakaan sekolah pada satuan pendidikan dewasa ini sangat dibutuhkan terutama bagi siswa maupun guru. Hal ini, karena perpustakaan sekolah memiliki peranan penting dalam melaksanakan fungsi dan tujuannya sebagai sumber belajar dalam upaya membantu dan   mendukung pencapaian pengembangan tujuan sekolah bersangkutan.
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 1 dari 25