• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Artikel Pustakawan Perpustaakaan UM



Puisi Arung Diri (Djoko Saryono)

 E-mail
Oleh Prof. Dr. Djoko Saryono , M.Pd    Selasa, 10 Februari 2015 16:44

 Puisi Arung Diri (Djoko Saryono)

Arung Diri
 

 
 

MENUJU ERA MULTIDISIPLINER DALAM KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 E-mail
Oleh Prof. Dr. Djoko Saryono , M.Pd    Selasa, 10 Februari 2015 16:41

MENUJU ERA MULTIDISIPLINER

DALAM KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 Oleh: Djoko Saryono


Abstrak: Makalah ini secara ringkas-konseptual membeberkan pergeseran gerak divergensi ke gerak konvergensi dalam ilmu-ilmu modern. Terkait dengan itu, dibeberkan juga pergeseran ideologi monodisipliner ke ideologi multidipliner baik dalam ilmu-ilmu modern pada umumnya maupun dalam ilmu bahasa dan ilmu sastra. Pergeseran gerak dan ideologi tersebut terbukti telah menghindarkan ilmu-ilmu analitis, ilmu-ilmu emansipatoris, dan ilmu-ilmu hermeneutis khususnya ilmu bahasa dan ilmu sastra dari “senjakala kematian”, sebaliknya malah berkembang baik sekarang. Sekarang makin banyak kajian bahasa dan kajian sastra berparadigma, berpendekatan, dan atau berteori multidisipliner. Era multidisipliner pun makin kuat dalam ilmu bahasa dan ilmu sastra.

 

Kata Kunci: ilmu-ilmu, ideologi, divergensi, konvergensi, monodisipliner, multidisipliner


 icon Era Multidisipliner.Pdf


 

 

PUISI SEBAGAI SENJATA

 E-mail
Oleh Prof. Dr. Djoko Saryono , M.Pd    Selasa, 10 Februari 2015 16:35

PUISI SEBAGAI SENJATA:

Perihal Sastra Kerakyatan, Sastra Pergerakan,

dan Sastra Perlawanan

 

Oleh

Djoko Saryono

 1.       Makna istilah rakyat dan bukan rakyat bisa merujuk pada kategori sosial politik dan sosial ekonomi. Ketika Menkopulhukam Tedjo Eddy Purdjiatno mengatakan bahwa rakyat nggak jelas, dia memosisikan diri sebagai penguasa. Di sini istilah rakyat beroposisi biner dengan penguasa, yang bisa kita sebut sebagai kategori sosial politik. Tatkala para politikus dan pejabat pemerintah selalu menyebut kata rakyat di dalam setiap pidato, mereka sedang membuat garis batas makna antara rakyat dan bukan rakyat, yang juga bisa kita sebut sebagai kategori sosial politik. Namun, ketika seorang konglomerat kakap menyatakan usaha-besarnya untuk memenuhi kebutuhan rakyat, dia sedang memosisikan diri sebagai kapitalis, yang bisa kita katakan sebagai ketegori sosial ekonomi. Demikian juga tatkala kaum berpunya mengidentifikasi diri berbeda dengan orang kebanyakan, dia tengah menarik garis batas makna antara rakyat dan kaum berada. Di sini istilah rakyat beroposisi biner dengan kaum kaya atau borjuis, yang dapat kita sebut sebagai kategori sosial ekonomi. Dengan demikian, rakyat dan bukan rakyat merupakan pembelahan sosial politik dan sosial ekonomi yang kemudian digunakan sebagai parameter dan demarkasi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya, yang lebih lanjut melahirkan istilah gaya hidup rakyat, ekonomi rakyat, dan [ke]budaya[an] rakyat (yang dibayangkan berbeda dengan gaya hidup borjuis, ekonomi kapitalis, dan [ke]budaya[an] borjuis atau tinggi).


  icon Puisi Sebagai Senjata.Pdf


 

 

Perpustakaan SDN Tegalgondo Kec. Karangploso Kab. Malang

 E-mail
Oleh Nining Nugrahini, SE    Senin, 09 Februari 2015 20:54

Penyelenggaraan pendidikan yang terprogram dan terarah diyakini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi modal dasar bagi kelanjutan pembangunan bangsa. Untuk mewujutkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam proses pendidikan sangat perlu memperhatikan sarana dan prasarananya.

Perpustakaaan sebagai salah satu sarana pendidikan untuk menunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan sekolah. Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional(UU No. 20 th 2003)  disebutkan bahwa setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik.

Dalam peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, diantaranya disebutkan bahwa setiap satuan pendidikan, wajib memiliki prasarana perpustakaan yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan (Depdiknas, 2005). Oleh karena itu keberadaan perpustakaan sekolah merupakan hal yang sangat penting. Perpustakaan sekolah diselenggarakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pemakai yang ada dilingkungan sekolah bersangkutan, khususnya para siswa, guru dan staf melalui pemanfaatan sumber informasi yang ada diperpustakaan.

Tujuan akhir dari didirikannya perpustakaan adalah untuk mendayagunakan agar koleksi yang dimiliki dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemakai(siswa, guru, staf sekolah dan masyarakat pemakai lainnya jika memungkinkan). Penggunaan koleksi perpustakaan dapat dicapai secara maksimal jika perpustakaan ditangani dengan baik dan benar, dan perpustakaan menjalankan kegiatan-kegiatan informasi secara dinamis. Sebagai ujung tombak jasa perpustakaan, bagian layanan berhubungan secara langsung dengan pemakai. Baik buruknya citra perpustakaan banyak dikaitkan dengan bagian ini. Untuk itu setiap petugas perpustakaan perlu melaksanakan tugasnya dengan penuh dedikasi, selalu mengutamakan kualitas layanan yang diberikan. Bila dipandang perlu sangat baik bila seseorang yang bertugas dibagian layanan mengerti masalah psikologi komunikasi atau psikologi yang berkaitan dengan layanan.

 

Hubungan Timbal Balik Teknologi Informasi Dan Manajemen Informasi

 E-mail
Oleh SETIAWAN, S.Sos    Rabu, 21 Januari 2015 21:26

Hubungan Timbal Balik Teknologi Informasi Dan Manajemen Informasi

Oleh :

Setiawan, S.Sos


Perkembangan jaman yang semakin modern ini membawa dampak yang luar biasa terhadap sendi-dendi kehidupan manusia, tuntutan hidup dalam hal mencapai kemudahan, efisien, dan kenyamanan mendorong manusia untuk mencari cara yang paling mudah, dan efektif . Di awali dengan kehidupan yang serba tradisional, manual kini berangsur-angsur menjadi kehidupan yang serba canggih. Hanya dengan berbekal sebuah computer yang terkoneksi dengan jaringan internet, setiap orang bisa mengetahui informasi apa saja yang ada di jagad dunia ini. Menurut Sugianto menyatakan bahwa komputer  merupakan suatu sistem yang terdiri atas perangkat software dan hardware mengalami pertumbuhan yang pesat, bahkan  komputer disebut-sebut  sebagai  tonggak awal rovulusi teknologi  digital. Revolusi teknologi harus di imbangi dengan pembaharuan (innovation) pendidikan dan pembelajaran. Dengan masuknya teknologi informasi khususnya komputer telah banyak merubah tatanan dan peran di masyarakat.Komputer yang semula sekadar untuk membantu memecahkan hitung-hitungan rumit kini bisa dipakai untuk olah kata, olah data, olah gambar, dan pangkalan data berbagai bidang kehidupan. Apalagi dengan munculnya teknologi multimedia interaktif yang sanggup menyajikan tulisan, suara, gambar, animasi, dan video secara bersaman maupun bergantian1

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Teknologi informasi mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat karena sudah merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Dalam teknologi informasi seperti ini kemudahan dalam berbagi informasi ataupun mencari informasi sangatlah penting dapat dilihat dari semakin berkembangnya teknologi internet dan jaringan. Sekarang ini internet merupakan suatu kebutuhan dalam berbagi informasi ataupun mencari informasi.


icon Hubungan TI dan MI.pdf
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 1 dari 24