• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Artikel Pustakawan Perpustaakaan UM



PROFESIONAL PUSTAKAWAN

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso , S.Sos    Selasa, 28 Juli 2015 19:41
Abstrak. Mentalitas profesional adalah sikap mental seorang pustakawan dalam menjalankan fungsi kepustakawanannya secara profesional berdasarkan kompetensi diri yang meliputi : (1) Kompetensi teknikal,  (2) Kompetensi sosial,  (3) Kompetensi konseptual,    (4) Kompetensi etikal, (5) Kompetensi  pembelajaran.
Seorang profesional dipersyaratkan memiliki ciri-ciri, yaitu  : (1) Body of knowledge (2) Continuing education (3) Altruism (4) Ethics. Sedangkan sikap profesional  dapat dirinci menjadi  lima komponen, yaitu : (1) Sikap mementingkan kepuasan pemakai, (2) Sikap efisien dan ekonomis, (3) Sikap disiplin, (4) Sikap selalu berupaya meningkatkan serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidangnya, serta (5) Sikap senantiasa memelihara rasa kesejawatan dengan teman-teman yang seprofesi.
 

KREATIF PUSTAKAWAN

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso , S.Sos    Selasa, 28 Juli 2015 19:38
Abstraks. Berpikir merupakan proses kognitif yang tidak apat dilihat secara fisik karena merupakan aktivitas mental seseorang dan hasil dari berpikir bisa berupa ide-ide, alasan-alasan, strategi-strategi maupun keputusan. Level berpikir dapat dibagi menjadi menjadi  empat, yaitu :  (1) Menghafal (Recall thinking).(2) Keterampilan dasar (Basic thinking), (3) Berpikir kritis (Critical thinking) (4) Berpikir kreatif (Creative thinking). Klasifikasikan ranah kognitif dapat dibagi ke dalam enam tingkatan berpikir, yaitu : (1) Mengingat (Remembering), (2)  Memahami (Understanding), (3) Menerapkan (Applying) (4) Menganalisis (Analysing), (5) Mengevaluasi (Evaluating), (6) Mencipta (Creating)
 

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso , S.Sos    Selasa, 28 Juli 2015 19:20
Abstraks. Iklan mempunyai fungsi, yaitu : (1)  fungsi informasi, (2) fungsi persuasif, (3) fungsi pengingat. Tujuan periklanan  menurut sasarannya, yaitu : (1) Iklan informatif, (2) Iklan persuasif, (3) Iklan pengingat, (4) Iklan penguatan. Iklan dapat diklasifikasikan dalam beberapa tipe besar, yaitu : (1)  Periklanan produk. (2) Periklanan eceran. (3) Periklanan korporasi. (4) Periklanan bisnis ke bisnis, (5) Periklanan politik). (6) Iklan direktori.  (7) Periklanan respon langsung. (8) Iklan pelayaan masyarakat. Kriteria yang digunakan dalam menentukan ILM adalah : (1) Non-komersial, (2) Tidak bersifat keagamaan, (3) Non-politik, (4) Berwawasan nasional, (5) Diperuntukkan bagi semua lapisan masyarakat, (6) Diajukan oleh organisasi yang telah diakui atau diterima, (7) Dapat diiklankan, (8) Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional
 

LAYANAN E-JOURNAL

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso , S.Sos    Selasa, 28 Juli 2015 19:06
Abstraks. Serial terutama jurnal ilmiah mempunyai peran, yaitu  : (1) menyampaikan gagasan, ide dan penemuan baru dalam bidang tertentu. (2) memberikan gambaran, potret peristiwa/kejadian serta situasi yang terjadi di bidang ekonomi, sosial, politik, kebudayaan serta perkembangan baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. (3) sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan informasi sekaligus sebagai sumber jawaban sehubungan adanya penemuan-penemuan baru yang dimuat dalam serial. (4) dapat memberikan cakrawala yang lebih luas. (5) melalui media ini akan dapat memberikan jawaban dari berbagai pertanyaan apa.
 

PENDIDIKAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso , S.Sos    Selasa, 28 Juli 2015 19:01
Abstrak. Beberapa kendala dalam pelaksanaan kegiatan promosi di perpustakaan PT, diantaranya  yaitu : (1)  sumber daya yang dimiliki perpustakaan PT belum memiliki nilai keunggulan, (2) masyarakat  akademis belum memandang secara benar terhadap tugas, fungsi dan peranan perpustakaan PT. Beberapa upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam promosi perpustakaan  PT, yaitu : (1) meyakinkan pimpinan PT tentang esensi perpustakaan. (2) meningkatkan citra  positif tentang  perpustakaan PT. (3) menempatkan promosi perpustakaan sebagai salah satu prioritas program perpustakaan PT. Strategi yang bisa digunakan dalam melaksanakan kegiatan promosi perpustakaan PT, yaitu  : (a) menerbitkan buku pedoman perpustakaan PT.  (b) mengadakan kegiatan ilmiah dalam bidang perpusdokinfo. (c) penataan kondisi fisik perpustakaan (Atmospheric). (d) kontak perorangan
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 1 dari 29