• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Artikel Pustakawan Perpustaakaan UM



Authority Control Pada Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Universitas Negeri Malang

 E-mail
Oleh Setiawan, S.Sos, M.IP    Senin, 25 Januari 2016 21:12
Pengolahan bahan pustaka merupakan suatu  proses kegiatan yang berkaitan dengan organisasi dan pengawasan koleksi perpustakaan. Tujuannya untuk membuat sarana temu kembali berupa susunan koleksi dan sistem katalog. Kedua sarana tersebut disusun menurut susunan yang baku untuk mempermudah pemakai menemukan kembali informasi yang diinginkan secara cepat dan tepat. Proses pengolahan meliputi pengkatalogan deskriptif, pengindeksan subyek, pemberian nomor panggil yang menunjukkan tempat dokumen dalam susunan koleksi dan pemberian perlengkapan fisik buku dan itu adalah bagian yang disebut Authority Control dalam pengelolaan koleksi perpustakaan.
 
Authority Control merupakan suatu kegiatan yang dianggap sangat perlu dikembangkan dan tetap dijaga keberadaannya, authority control pada koleksi-koleksi yang di kelola oleh perpustakaan merupakan suatu kegitan yang perlu. Karena Salah satu parameter kualitas kinerja perpustakaan adalah adanya authority control  yang baik dan transparan. authority control  dapat diartikan sebagai cara atau metode yang digunakan oleh suatu perpustakaan perguruan tinggi untuk mendayagunakan seluruh potensi dan unsur-unsur yang dimiliki secara optimal dalam upaya mencapai visi, misi perpustakaan yang telah ditetapkan. authority control  merupakan upaya sistematik dalam suatu proses untuk mencapai tujuan perpustakaan perguruan tinggi. Tujuan utama dari authority control  yang baik adalah terjadinya peningkatan kualita layanan perpustakaan secara terus menerus dan berkesinambungan. authority control  yang baik menjamin adanya proses kesejajaran, kesamaan, kohesi, keseimbangan peran, serta adanya peran saling mengawasi atau saling mengendalikan yang dilakukan oleh semua komponen perpustakaan terkait.


Download lengkap disini http://bit.ly/1JwR0N4
 

Pengolahan Bahan Putaka Perpustakaan Sekolah

 E-mail
Oleh Su'udi, S.Pd    Senin, 25 Januari 2016 20:02
Perpustakaan sekolah sebagai pusat informasi yang berfungsi menyediakan, mengolah, dan menyebarluaskan sumber-sumber informasi/ bahan pustaka yang dibutuhkan oleh siswa dan guru guna mendukung kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Pengelolaan perpustakaan secara baik dan profesional diharapkan siswa akan merasa senang belajar di perpustakaan, sehingga siswa dapat merasakan fungsi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar, pusat informasi dan tempat rekreasi yang sehat dan mendidik.

Agar perpustakaan sekolah berfungsi dengan baik, maka semua bahan pustaka yang dimiliki harus diolah dengan sistem tertentu, sehingga semua informasi yang ada di dalam bahan pustaka tersebut bisa ditemukan kembali dengan mudah dan cepat bila diperlukan. Dalam makalah ini penulis hanya akan membahas tentang bagaimana cara mengolah bahan pustaka sampai bahan pustaka tersebut siap dilayankan kepada pemakai perpustakaan.

Download lengkap disini http://bit.ly/1PuBEuT
 

Klasifikasi Bahan Pustaka Perpustakaan Sekolah

 E-mail
Oleh Su'udi, S.Pd    Senin, 25 Januari 2016 19:58
Sebagai sistem informasi, perpustakaan berfungsi menyediakan dan menyebarluaskan informasi yang terdapat dalam koleksinya. Oleh karena itu, koleksi perpustakaan harus diolah dan diatur   secara sistematis, dengan tujuan untuk memudahkan penemuan kembali koleksi yang dibutuhkan. Kegiatan pengaturan atau pengelompokkan bahan pustaka berdasarkan aturan tertentu disebut klasifikasi.

Secara umum klasifikasi adalah usaha menata pengetahuan atau benda kedalam  tata urutan yang sistematis. Kalau kita simak dalam kehidupan sehari-hari klasifikasi sudah banyak dilakukan manusia, seperti di supermarket, di pasar, di toko buku, pedagang mengelompokkan barang dagangannya yang sejenis dalam satu kelompok yang sama. Contoh yang paling mudah kita pahami misalnya sebuah toko pakaian yang menjual celana dan kemeja terlebih dahulu barang dagangannya dikelompok-kelompokkan barangkali pengelompokannya bisa berdasarkan nomor, ukuran, warna, harga, merk, dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan baik pedagang maupun pembeli dalam memilih kebutuhan yang diperlukan.

Download lengkap disini http://bit.ly/1ntoJgB
 

Katalogisasi Bahan Pustaka Perpustakaan Sekolah

 E-mail
Oleh Su'udi, S.Pd    Senin, 25 Januari 2016 19:50
Pada perpustakaan sekolah yang kecil yang buku-bukunya hanya sedikit kemungkinan besar guru pustakawan ingat kesemuanya, baik judulnya maupun letak penempatannya. Tetapi apabila buku atau judul bukunya banyak sekali sampai beribu-ribu jumlahnya kemungkinan guru pustakawan tidak ingat kesemuanya, sehingga apabila murid-murid dan guru-guru yang sedang mencari suatu buku bertanya kepada guru pustakawan tentang ada atau tidaknya buku yang sedang dicari serta dimana letaknya, maka guru pustakawan tidak mungkin dapat mengarahkannya.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut di atas adalah dilakukan katalogisasi. Katalogisasi buku-buku perpustakaan adalah suatu proses mengkatalog buku-buku yang dimiliki perpustakaan sekolah.

Dalam makalah ini hanya akan dibahas mengenai katalogisasi. Ada dua kegiatan dalam pembuatan katalog, yaitu katalogisasi deskriptif dan katalogisasi subyek.

Download lengkap disini http://bit.ly/1Pf6XI0
 

Pengolahan Terbitan Berseri Berbasis IT Di Perpustakaan Sekolah / Madrasah

 E-mail
Oleh Ali Mas’ud, S.Sos    Senin, 25 Januari 2016 18:48
Bahan pustaka di perpustakaan sangat beragam jenis maupun isinya, meliputi bahan pustaka cetak dan bahan non cetak. Bahan pustaka cetak misalnya terdiri dari buku, majalah, bulletin, brosur, dan banyak lagi yang lainnya yang merupakan bahan teksbook dan hard copy.   Sedangkan bahan non cetak terdiri dari bahan-bahan informasi yang disajikan dalam bentuk soft copy maupun bentuk digital. Koleksi perpustakaan masih dapat dipisahkan menjadi beberapa kelompok. Salah satu kelompok diantaranya adalah terbitan berseri.

Istilah terbitan berseri lebih sering dikaitkan dengan majalah atau surat kabar. Pada hal tidak demikian kenyataannya. Ada beragam jenis terbitan berseri yang dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh para pengguna jasa perpustakaan /pemustaka. Terbitan berseri menjadi salah satu ikon sajian di lembaga layanan perpustakaan yang dalam penyajiannya harus memperhatikan aspek-aspek kepustakaan.

Download lengkap disini http://bit.ly/1Quow7Q
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 2 dari 32
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno