• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Artikel Pustakawan Perpustaakaan UM



Penentuan notasi klasifikasi bahan pustaka di perpustakaan mengacu pada dewey decimal classification (DDC)

 E-mail
Oleh Ali Mas’ud, S.Sos    Senin, 25 Januari 2016 18:15
Klasifikasi sebenarnya sudah sangat dikenal oleh masyarakat pada umumnya sejak manusia ada dan bahkan sampai manusia nanti menghadap Tuhannya, manusia akan dikelompok-kelompokan dari yang golongan manusia pendosa, awam, beriman, sampai pada kelompok para nabi dan rasul.  Para ibu-ibu pedagang buah di pasar sudah begitu akrap dengan kata klasifikasi, ibu-ibu dalam berdagang akan mengelompokkan barang dagangannya berdasarkan kelompok tertentu misalnya ukuran, jenis, dan cirri-ciri lainnya. Contohnya buah mangga yang berdiameter 4 cm dikelompokkan dengan yang ukuran sama, begitu juga dengan yang punya ukuran diameter 7 cm dikelompokkan dengan ukuran yang sama,  begitulah seterusnya.

Begitu juga yang terjadi di perpustakaan para pustakawan akan mengelompokkan koleksi berdasarkan ciri-ciri yang melekat pada bahan pustaka (klasifikasi artificial) dan dikelompokkan berdasarkan subyek atau pokok bahasannya.     

Kelebihan yang akan didapat dari pengelompokan ini adalah Koleksi perpustakaan akan nampak rapi dan mudah ditemukan kembali apabila dikelompokkan menurut sistem tertentu. Pengelompokkan dapat saja berdasarkan pada jenis, ukuran (tinggi, pendek, besar, kecil, dll.) warna, abjad judul, dan abjad pengarang. Namun, sebagian besar perpustakaan menggunakan sistem pengelompokkan koleksi berdasarkan subyek.
 
Download lengkap disini http://bit.ly/1nIMNvy
 

Katalogisasi Deskriptif untuk Perpustakaan Sekolah

 E-mail
Oleh Ali Mas’ud, S.Sos    Senin, 25 Januari 2016 17:08
Kegiatan katalogisasi berkaitan dengan kegiatan mencatat keterangan fisik sebuah koleksi. Deskripsi bibliografis merupakan istilah yang dikenal berkaitan dengan kegiatan katalogisasi. Adapun pedoman untuk kegiatan katalogisasi yaitu Anglo American Cataloguing Rules yang mengatur mengenai kegiatan deskripsi bibliografis. Hasil dari kegiatan katalogisasi adalah katalog yang pada umumnya telah kita ketahui bersama.

Katalog perpustakaan dalam format tercetak dengan ukuran 7,5 cm x 12 cm dewasa ini mengalami suatu tantangan mengenai keberadaanya di masa kini dan mendatang. Kehadiran OPAC (on line public access catalog) dengan memanfaatkan bantuan komputer saat ini sudah mulai menggeser keberadaan katalog fisik yang kurang menarik dari segeri penampilan dan penggunaannya. Pengguna perpustakaan kini semakin berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Pengguna perpustakaan kini juga sudah familiar dengan pemanfaatan internet untuk melakukan pencarian informasi dan secara perlahan peranan dan fungsi perpustakaan sebagai penyedia informasi berkompetisi dengan internet.
 
Download lengkap disini http://bit.ly/1JwuRyf
 

KOMPETENSI DASAR PUSTAKAWAN DALAM MENULIS KARYA ILMIAH

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso, S.Sos    Selasa, 11 Agustus 2015 20:34
Abstrak. Kurang produktifnya pustakawan dalam melahirkan karya ilmiah disebabkan oleh  kurangnya motivasi dan keberanian dalam mengapresiasikan ide-ide dan gagasannya,  takut salah atau  gagal/ditolak, dan  terbelenggu oleh pekerjaan rutin. Dalam penulisan karya ilmiah seorang pustakawan dituntut memiliki kompetensi yang mencakup aspek : (1) Ilmu atau knowledge, (2) Keterampilan atau skill, (3) Perilaku atau attitude. Oleh karena itu, agar pilar-pilar kompetensi tersebut dapat benar-benar kokoh dan bermakna, dibutuhkan fondasi etis (ethical foundation) yang terdiri dari kecerdasan spiritual, moral dan etika serta integritas profesional.
 

UPAYA MENGATASI KECANDUAN ANAK DALAM MENONTON TELEVISI MELALUI PENYEDIAAN PERPUSTAKAAN KELUARGA

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso, S.Sos    Selasa, 11 Agustus 2015 20:22
Abstrak. Kehadiran televisi  telah  memberikan dampak negatif bagi kehidupan anak-anak terutama terkait dengan potret buram pertelevisian yang penuh dengan vulgarisme, seperti kekerasan, pornografi, dan gosip. Dampak yang terjadi bila anak terlalu banyak menonton televisi adalah : (1) Meningkatkan tingkah laku agresif. (2) Menghambat perkembangan keterampilan intelektual serta sosial, menurunkan kemampuan imajinasi dan kreativitas serta mengurangi kemampuan bermain sendiri. (3) Hal lain yang menyertai kepasifan ini adalah anak cenderung jadi lebih gemuk, bahkan bisa overweight, (4) Anak bermasalah  dalam bersoasialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Kehadiran perpustakaan keluarga merupakan usaha meminimalisasi pengaruh media elektronik saat ini yang kadang justru memberikan dampak negatif terhadap perkembangan anak.
 

PENINGKATAN KINERJA PUSTAKAWAN MELALUI PERBAIKAN LINGKUNGAN KERJA (IKLIM ORGANISASI) DAN MOTIVASI KERJA DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso, S.Sos    Selasa, 11 Agustus 2015 20:10
Abstrak.Perpustakaan PT berkewajiban untuk melakukan penataan dan perbaikan lingkungan kerja,  yang memungkinkan seorang pustakawan dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal  sehingga  menghasilkan kinerja unggulan.
Lingkungan kerja yang menyenangkan sangat berperan dalam pemeliharaan kesehatan dan keselamatan kerja dan bahkan juga dalam mencegah terjadinya kejenuhan dan kebosanan. Hal-hal yang termasuk dalam lingkungan kerja yaitu ventilasi yang baik,
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Halaman 3 dari 32
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno