• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

ARTIKEL GARFIELD’S CITATION TEORY

 E-mail
Oleh SETIAWAN, S.Sos    Rabu, 21 Januari 2015 19:29

ARTIKEL GARFIELD’S CITATION TEORY

Is Citation Analysis A Legitimate Evaluation Tool.?:

Apakah Analisis Citation Alat Evaluasi Yang Sah

(SEBUAH TEORI ANALISIS KUTIPAN/SITIRAN)

 

Oleh :

Setiawan, S.Sos

 


Perkembangan suatu keilmuan sangat mutlak di perlukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil dari pemikiran-pemikiran, yang nantinya pemikiran itu bisa dijadikan suatu teori yang bisa di gunakan sebagai landasan ilmiah yang relevan, Perpustakaan sebagai tempat informasi tentunya tidak terlepas dari kajian keilmuan, kajian keilmuan sarat dengan kutipan-kutipan/kutipan teori. Kajian analisis kutipan dilatar belakangi oleh tingkat pertumbuhan jurnal ilmiah yang sangat cepat dan mendorong para ahli informasi untuk mengembangkan metode analisis kutipan untuk mengkaji sebuah jurnal.

Dalam bibliometrika, yang dikaji adalah informasi terekam, khususnya informasi dalam bentuk grafis. Dengan demikian, objek kajiannya adalah buku, pengarang (hasil karyanya), majalah, laporan penelitian, disertasi, dan sebagainya. Analisis kutipan merupakan penyelidikan melalui data kutipan dari suatu dokumen, baik dokumen yang disitir maupun  dokumen yang menyitir (Sri Hartinah, 2002) .Sedangkan menurut Lasa (1990: 26), analisis kutipan adalah cara perhitungan yang dilakukan atas karyatulis yang disitir oleh para pengarang.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jelas bahwa analisis kutipan adalah pernyataan yang diterima suatu dokumen dari dokumen yang lain atau karya yang digunakan sebagai bibliografi pada sebuah artikel atau buku. Sedangkan rujukan adalah pernyataan yang diberikan sebuah dokumen kepada dokumen yang lain atau daftar pustaka yang dijadikan acuan oleh penulis dalam menyusun karya tulisnya. Kutipan selalu berhubungan dengan dua jenis data, yaitu data yang disitir (yang telah terbit sebelumnya) dan data yang menyitir. Data yang dikaji dalam analisis kutipan adalah data yang disitir yang terdapat dalam dokumen yang menyitir.


icon Artikel Garfield’s Citation Teory

 

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno