• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

BAGAIMANA MEMILIH BAHAN PUSTAKA UNTUK PERPUSTAKAAN TAMAN KANAK-KANAK

 E-mail
Oleh Nining Nugrahini, SE    Selasa, 10 Maret 2015 14:36
Taman Kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak (Depdiknas, 2007:1). Potensi yang perlu dikembangkan yaitu potensi psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, social emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, kemandirian, dan seni. Agar potensi itu dapat berkembang dengan baik hendaknya penyelenggaraan pendidikan di TK mampu memberikan kesempatan kepada anak untuk tumbuh dalam semua aspek-aspek perkembangan dan kecerdasannya.
Sebagai lembaga pendidikan prasekolah, tugas utama TK adalah mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap/ perilaku, dan keterampilan agar anak dapat melanjutkan kegiatan belajar yang sesungguhnya di sekolah dasar dengan menganut prinsip: “ Bermain sambil Belajar dan Belajar seraya Bermain”.
Agar pendidikan terselenggara dengan baik tentunya tenaga kependidikan maupun peserta didik harus didukung dengan sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar. Salah satu sarana sumber belajar adalah perpustakaan. Hal ini sesuai dengan surat edaran dari Depdiknas bahwa perpustakaan TK hendaknya dilengkapi dengan buku-buku cerita, gambar-gambar dan rak dengan berbagai permainan, model, peralatan untuk bermain peran yang ada dilingkungan anak juga akan memperkaya imajinasi, kreativitas dan mental anak dalam mengekpresikan diri. Walaupun pada kenyataannya belum banyak pihak yang memperhatikan perpustakaan PAUD dan TK. Perpustakaan pada jenjang apapun harus dipandang sebagai pendukung pengembangan anak, sehingga dalam pengembangan perpustakaan harus mendapat perhatian dari berbagai pihak sejak usia dini. Karena perpustakaan merupakan komponen sekolah yang diperlukan sebagai pendukung pengembangan potensi semua anak tentunya pihak sekolah tetap berusaha mefasilitasinya dengan kemampuan yang ada.
Dalam kegiatan perpustakaan meliputi tiga kegiatan utama yaitu kegiatan penghimpunan, pengolahan, dan penyebarluasan segala macam informasi pendidikan kepada siswa dan guru. Dalam pembahasan  ini hanya membahas pemilihan bahan pustaka, dan cara pengadaannya.
Sebelum membahas pemilihan bahan pustaka sebaiknya kita mengenal jenis koleksi perpustakaan. Yang dimaksud dengan koleksi perpustakaan adalah sejumlah bahan atau sumber-sumber informasi, baik berupa buku ataupun bahan bukan buku, yang dikelola untuk kepentingan proses belajar dan mengajar di sekolah yang bersangkutan.

icon Perpustakaan TK.pdf
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno