• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Dampak Outbond Terhadap Peningkatan Kebersamaan dan Kerjasama di Perpustakaaan

 E-mail
Oleh SETIAWAN, S.Sos    Rabu, 21 Januari 2015 20:26

Dampak Outbond Terhadap Peningkatan Kebersamaan dan Kerjasama di Perpustakaaan

Oleh :

Setiawan, S.Sos


Perkembangan jaman di era global ini memang banyak memiliki dampak yang luar biasa terhadap tingkat kinerja di kalangan pimpinan, dan karyawan di berabgai satuan organisasi, perusahaan, dan lembaga-lembaga baik lembaga swata maupun negeri. Peningkatan kinerja ini tentunya sangat berpengaruh terhadap sikap pribadi setiap masing masing personalia, kadang kita jumpai di berbagai media-media ada karyawan di perusahaan ini stress akibat beban kerja yang begitu besar, ada juga karyawan induvidualistis sudah tidak memiliki rasa kebersamaan dalam bekerja, mereka bekerja hanya untuk diri sendiri tidak mau tau tentang pekerjaan orang lain. Charles dan Sharason (1988) menjelaskan bahwa stres kerja terjadi ketika kemampuan individu tidak seimbang atau tidak sesuai dengan tuntutan dalam lingkungan pekerjaannya ini merupakan contoh kecil yang dapat kita temukan di tempat kerja, maupun di masyarakat.

Banyaknya permasalahan-permasalahan ini perlu disikapi dengan seksama oleh berbagai pimpinan organisasi, lembaga-lembaga, tak terkecuali oleh lembaga penyedia informasi seperti perpustakaan. Perpustakaan merupakan suatu unit pelaksana teknik yang di dalamnya memiliki system pekerjaan yang sangat beragam dari mulai mengolah sampai menyajikan koleksi tersebut merupakan pekerjaan yang mungkin monoton, hanya itu-itu saja. Ini bisa menjadikan kinerja setiap personal akan mengalami permasalahan kalau tidak tilanjuti dengan suatu kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan pencerahan.

Kegiatan yang sangat umum dan sekarang menjamur adalah kegiatan permainan outbound, Banyak perusahaan, organisasi masyarakat, dan lembaga pendidikan mulai menggunakan metode manajemen outbound dalam Eksperimen sumber daya manusia personilnya. Dalam permainan outbound mempunyai tujuan tertentu, terutama dalam hal meningkatkan kinerja. Permainan ini biasanya dibuat dan dikembangkan melalui berbagai tujuan tertentu, misalnya meningkatakan kerja sama dalam bekerja menurut Prabowo, Rezha Mukti ( 2011) menyatakan Permainan outbound merupakan salah satu metode yang sesuai untuk meningkatkan personality seseorang, karena melalui permainan tersebut dapat diciptakan suasana santai dan menyenangkan. Melalui permainan outbound, suasana dapat diciptakan sesuai dengan keinginan. Kegiatan permainan outbound biasanya didesain dalam suasana menegangkan melalui segmen tantangan dan bisa juga melalui suasana rileks. Permainan yang disajikan dalam outbound memang telah disusun sedemikian rupa, sehingga bukan hanya psikomotorik (fisik) peserta yang 'tersentuh', tapi juga sisi afeksi (emosi) dan kognisi (kemampuan berpikir)


icon Dampak Outbond.pdf
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno