• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

electronic-Dewey Decimal Classification (e-DDC): Sebagai Pedoman Klasifikasi Bahan Pustaka

 E-mail
Oleh Sokhibul Ansor, M. Hum    Jumat, 12 September 2014 17:10

electronic-Dewey Decimal Classification (e-DDC):

 Sebagai Pedoman Klasifikasi Bahan Pustaka 

 Oleh: Sokhibul Ansor, S. Sos. M. Hum


 

Perkembangan teknologi informasi mempunyai dampak yang luar biasa dan memberi peluang bagi lembaga pengelola informasi termasuk perpustakaan untuk melakuka tugas dan fungsinya lebih cepat, tepat dan efisien. Salah satunya adalah munculnya e-DDC yang digunakan dalam pengindeksan subyek atau dikenal juga dengan nama katalogisasi subyek, yakni penentuan subyek dokumen menjadi nomor klasifikasi (bahasa non verbal) yang menunjukkan tempat dimana koleksi tersebut akan diletakkan dalam jajaran koleksi bahan pustaka.

 

Software e-DDC (electronic-Dewey Decimal Classification) adalah freeware yang khusus dikembangkan untuk membantutugas pustakawan atau pengelola perpustakaan dalam menentukan nomor klasifikasi suatu koleksi. Karena sifatnya yang free, maka freeware ini boleh digunakan dan didistribusikan siapa saja secara bebas demi kemajuan perpustakaankhususnya di Indonesia.

 

e-DDC ini disusun berdasarkan Sistem Klasifikasi DDC versi cetak Edisi 22 dan merupakan penyempurnaandari e-DDC versi sebelumnya yang berdasarkan DDC cetak Edisi 21.

 

Walaupun e-DDC telah muncul, namun konsep dasar tentang klasifikasi mutlak dipahami bagi pengelola informasi di perpustakaan. Hal ini karena penggunakan DDC, tidak selalu berdiri sendiri seperti yang tertera dalam bagan klsasifikasi, namun pada subyek koleksi bahan pustaka tertentu, perlu penggabungan antara bagan klasifikasi dengan tabel pembantu yang terdiri dari mulai tabel 1 sampai dengan tabel 6


icon electronic-ddc.pdf (575.02 KB)  
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno