• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Hubungan Timbal Balik Teknologi Informasi Dan Manajemen Informasi

 E-mail
Oleh SETIAWAN, S.Sos    Rabu, 21 Januari 2015 21:26

Hubungan Timbal Balik Teknologi Informasi Dan Manajemen Informasi

Oleh :

Setiawan, S.Sos


Perkembangan jaman yang semakin modern ini membawa dampak yang luar biasa terhadap sendi-dendi kehidupan manusia, tuntutan hidup dalam hal mencapai kemudahan, efisien, dan kenyamanan mendorong manusia untuk mencari cara yang paling mudah, dan efektif . Di awali dengan kehidupan yang serba tradisional, manual kini berangsur-angsur menjadi kehidupan yang serba canggih. Hanya dengan berbekal sebuah computer yang terkoneksi dengan jaringan internet, setiap orang bisa mengetahui informasi apa saja yang ada di jagad dunia ini. Menurut Sugianto menyatakan bahwa komputer  merupakan suatu sistem yang terdiri atas perangkat software dan hardware mengalami pertumbuhan yang pesat, bahkan  komputer disebut-sebut  sebagai  tonggak awal rovulusi teknologi  digital. Revolusi teknologi harus di imbangi dengan pembaharuan (innovation) pendidikan dan pembelajaran. Dengan masuknya teknologi informasi khususnya komputer telah banyak merubah tatanan dan peran di masyarakat.Komputer yang semula sekadar untuk membantu memecahkan hitung-hitungan rumit kini bisa dipakai untuk olah kata, olah data, olah gambar, dan pangkalan data berbagai bidang kehidupan. Apalagi dengan munculnya teknologi multimedia interaktif yang sanggup menyajikan tulisan, suara, gambar, animasi, dan video secara bersaman maupun bergantian1

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Teknologi informasi mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat karena sudah merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Dalam teknologi informasi seperti ini kemudahan dalam berbagi informasi ataupun mencari informasi sangatlah penting dapat dilihat dari semakin berkembangnya teknologi internet dan jaringan. Sekarang ini internet merupakan suatu kebutuhan dalam berbagi informasi ataupun mencari informasi.


icon Hubungan TI dan MI.pdf
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno