• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

KATALOGISASI BAHAN PUSTAKA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

 E-mail
Oleh Nining Nugrahini, SE    Sabtu, 07 Maret 2015 19:50
Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 yaitu tentang Standar Nasional Pendidikan (Depdiknas, 2005: 34) diantaranya dijelaskan bahwa setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana prasarana yang meliputi ruang perpustakaan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Keberadaan perpustakaan sekolah mempunyai arti yang sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar siswa dalam mencapai tujuan pendidikan disekolah.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, keberadaan perpustakaan di masing-masing sekolah perlu mendapatkan perhatian yang serius. Bahkan disamping keberadaannya, yang tidak kalah pentingnya ialah bagaimana mengelola sebuah perpustakaan sekolah sehingga perpustakaan dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan, yang pada gilirannya dapat merupakan sarana bagi keberhasilan studi siswa-siswa kita. Memang banyak sekolah-sekolah, baik dari tingkat sekolah dasar, SLTP, maupun tingkat SLTA (SMU dan SMK) yang sudah mempunyai perpustakaan, namun sayangnya belum banyak perpustakaan sekolah yang dikelola dengan baik.
Perpustakaan pada hakekatnya mempunyai fungsi utama yaitu bertugas mengadakan, mengolah, menyediakan dan menyebarkan informasi yang dimilikinya  untuk kepentingan pemustaka. Untuk melaksanakan fungsi tersebut perpustakaan dituntut untuk mengolah dan mengatur koleksinya sedemikian rupa sehingga informasi yang terkandung dalam bahan pustaka dapat disimpan dan ditemukan kembali dengan mudah , cepat, dan tepat jika diperlukan sewaktu-waktu. Untuk itu di dalam perpustakaan diperlukan suatu sistem temu kembali informasi yang baik. Sistem temu kembali tersebut adalah dengan cara mengklasifikasi dan mengkatalog koleksi bahan pustaka yang dimilikinya.
Pada materi makalah ini akan dibahas mengenai katalogisasi bahan pustaka buku.

icon Katalogisasi Bahan Pustaka.pdf

 
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno