• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

KATALOGISASI DESKRIPTIF PERPUSTAKAAN PONDOK PESANTREN

 E-mail
Oleh Sokhibul Ansor, S. Sos. M. Hum    Sabtu, 13 September 2014 19:58
 

KATALOGISASI DESKRIPTIF PERPUSTAKAAN PONDOK PESANTREN

 

Oleh: Sokhibul Ansor, M. Hum


 

Koleksi perpustakaan harus diatur, diolah sedemikian rupa sehingga informasi yang tertuang dalam koleksi perpustakaan dapat disimpan dan ditemukan kembali dengan cepat, tepat bilamana diperlukan. Ini berarti dalam perpustakaan diperlukan model sistem temu kembali informasi (information retrieval system).

 

Laura B Doyle dalam Zen (1989) menggambarkan model skema sistem temu kembali informasi di perpustakaan yang mengkaitkan antara proses pengaturan informasi dengan pencari informasi sebagaimana berikut.

 

 

Model Skema Sistem Temu Kembali Informasi (Information Retrieval System).

 

Model di atas memberi gambaran bahwa katalog perpustakaan adalah sebagai alat temu kembali informasi di perpustakaan yang diperlukan pencari informasi. Ini berarti katalog perpustakaan mutlak diperlukan, dan harus disiapkan dan dikerjakan pustakawan. Pekerjaan membuat katalog perpustakaan dikenal dengan pekerjaan katalogisasi, dimana pekerjaan tersebut bagian dari pekerjaan analisis dokumen.

 

Kegiatan katalogisasi diperpustakaan meliputi katalogisasi deskriptif dan katalogisasi subyek. Katalogisasi deskriptif adalah kegiatan mengadakan identifikasi dari ciri-ciri fisik suatu dokumen, seperti pengarang, judul, tempat terbit dan penerbit, tinggi buku. Kegiatan ini lazim disebut ‘deskripsi bibliografis’.

 

Hasil kegiatan katalogisasi tersebut dituangkan dalam bentuk simbul notasi berupa angka desimal yang mencerminkan urutan jajaran koleksi pada rak buku berdasarkan pengelompokannya dan nomor notasi dalam kartu katalog atau katalog OPAC (Online Public Access Catalogue) Dalam makalah ini yang dibahas adalah katalogisasi deskriptif.


icon klasifikasi-pesantren.pdf (42.19 KB)  
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno