• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

KONTRIBUSI TAMAN BACAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATK AN MINAT DAN BUDAYA BACA PADA MASYARAKAT MISKIN

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso , S.Sos    Selasa, 28 Juli 2015 16:55
Abstraks. Dampak kemiskinan yang terjadi di Indonesia , diantaranya : (1)  Tingginya tingkat pengangguran,  (2) Tingginya tingkat kriminalitas , pelacuran dan gelandangan yang  disebabkan efek pengangguran, (3) Rendahnya tingkat pendidikan sehingga tidak mampu bersaing di era globalisasi yang menuntut keterampilan di segala bidang. (4) Rendahnya tingkat kesehatan masyarakat sehingga berdampak pada tingginya tingkat kematian (5)  Rawan terjadinya konflik sosial bernuansa SARA karena ketidakpuasan dan kekecewaan  atas kondisi kemiskinan yang semakin hari semakin akut.   
Tujuan Penyelenggaraan TBM dimaksudkan untuk menyediakan akses sarana pembelajaran yang menyediakan dan memberi layanan bahan bacaan yang merata, meluas, dan terjangkau oleh masyarakat dengan mudah dan murah. Adapun tujuannya adalah: (1) Meningkatkan kemampuan keberaksaraan dan keterampilan membaca, (2) Menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca, (3) Membangun masyarakat membaca dan belajar, (4) Mendorong terwujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat, (5) Mewujudkan kualitas dan kemandirian masyarakat yang berpengetahuan, berketerampilan, berbudaya maju, dan beradab.
Hasil yang diharapkan dari pemberian bantuan TBM ini adalah:(1)  Memperluas akses TBM sampai tingkat kecamatan, (2) Meningkatnya mutu perlengkapan dan peralatan sebagai sarana kelembagaan TBM, (3) Meningkatnya jumlah koleksi dan variasi judul bahan bacaan yang  disediakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, (4) Meningkatnya minat dan kegemaran membaca masyarakat, (5) Meningkatnya kegiatan pembudayaan kegemaran membaca, (6) Adanya produk unggulan sesuai dengan potensi lokal yang dapat
dikembangkan dan diberdayakan oleh masyarakat secara ekonomi.
Layanan yang dapat diberikan TBM adalah:  (1) Layanan  taman bacaan masyarakat secara elekronik (2) Membaca ditempat, (3) Meminjamkan buku, (4) Pembelajaran (5) Praktek keterampilan, (6)  Kegiatan Literasi. (7) Melaksanakan lomba-lomba.
Untuk mendorong masyarakat mau dan mampu membaca dilakukan dengan dengan berbagai kiat, yaitu : (1) Mengenali masyarakat dan berbagai kebutuhannya,  (2) Melakukan sosialisasi TBM (3) Membentuk kelompok sasaran berdasarkan kemampuan baca/kebutuhan. (4) Membimbing dan meningkatkan kemampuan baca kelompok sasaran,       (5) Menyelengarakan kegiatan yang bermanfaat.
Kata kunci : Kemiskinan, Minat baca, Taman Bacaan Masyarakat

icon Kontribusi Taman Baca.pdf
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno