• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

KAJIAN TERHADAP LAYANAN SERIAL ( E-JOURNAL ) DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso , S.Sos    Selasa, 28 Juli 2015 19:06
Abstraks. Serial terutama jurnal ilmiah mempunyai peran, yaitu  : (1) menyampaikan gagasan, ide dan penemuan baru dalam bidang tertentu. (2) memberikan gambaran, potret peristiwa/kejadian serta situasi yang terjadi di bidang ekonomi, sosial, politik, kebudayaan serta perkembangan baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. (3) sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan informasi sekaligus sebagai sumber jawaban sehubungan adanya penemuan-penemuan baru yang dimuat dalam serial. (4) dapat memberikan cakrawala yang lebih luas. (5) melalui media ini akan dapat memberikan jawaban dari berbagai pertanyaan apa.
Dibandingkan dengan jenis koleksi lain, informasi dalam serial mempunyai kebeberapa keuntungan, yaitu :  (1) informasi  dalam serial lebih mutakhir jika dibandingkan dengan buku sehingga sangat bermanfaat terutama dalam penulisan karya ilmiah , kegiatan belajar mengajar dan penelitian, (2) informasi dalam serial lebih singkat dan padat, sehingga pembaca akan lebih mudah menangkap ide pokok dan mengambil kesimpulan setelah membaca serial, (3) Pemustaka dapat membaca beberapa artikel dari pengarang yang berbeda dalam satu serial, sehingga lebih memperluas wawasan dari pada membaca sebuah buku yang hanya dikarang oleh satu atau dua orang.
Pada era globalisasi saat ini , kebijakan pengembangan koleksi di perpustakaan PT sudah seharusnya disesuaikan dengan perkembangan perubahan status perpustakaan dari perpustakaan konvensional menjadi perpustakaan digital, dimana perpustakaan digital memiliki kelebihan,  yaitu  : (1)  menghemat ruang karena  karena koleksi digital adalah dokumen-dokumen berbentuk digital sehingga penyimpanannya akan sangat efisien, (2) akses ganda (multiple acces). (3) tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. (4) koleksi dapat berbentuk multimedia. (5) biaya lebih murah.
Jenis layanan serial, yaitu : (1)  layanan baca, (2)  layanan penelusuran / temu kembali informasi. (3) layanan informasi berpilih (selective dissemination of information).(4)   layanan informasi cepat (current awereness service). (4) layanan koleksi elektronik dan online digital.
Kendala yang ditemui dalam mengakses e-journal adalah : (1)  masalah bahasa, di mana masyarakat belum terbiasa dan masih sulit dalam memahami bahasa asing (bahasa Inggris). (2) kesulitan memahami strategi penelusuran secara efektif dan efesien; (3) perpustakaan tidak pernah melakukan pelatihan tentang strategi penelusuran e-journal (4) koneksi internet di lingkungan kampus kurang mendukung dalam mengakses e-journal maupun (4) banyak penyedia e-journal yang hanya memberikan fasilitas gratis download abstraknya saja tanpa bisa diunduh secara full-text
Untuk mengatasi berbagai  kendala/hambatan dalam mengakses e-journal, perlu ada upaya : (1) meningkatkan penguasaan pemustaka terhadap bahasa asing (Inggris), (2) memberi pelatihan dalam penelusuran informasi, (3) meningkatkan kapasitas koneksi internet di lingkungan kampus, (4)  melanggan e-journal secara berkesinambungan sehingga mengakses secara fulltext .
Kata kunci : serial, e-journal, perpustakaan PT
icon Layanan E-Journal.pdf
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno