• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

PELAYAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN SDN Jatimulyo 3 MALANG

 E-mail
Oleh Listariono , A.Ma, S.Pd    Rabu, 11 Maret 2015 17:37
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah, pengelola perpustakaan berupaya untuk menyediakan koleksi bahan pustaka yang dibutuhkan oleh pemustaka, yaitu murid-murid, guru-guru serta masyarakat yang ada di sekolah. Siswa dapat dapat memanfaatkan perpustakaan diwaktu luangnya untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya atau mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku-buku cerita. Sedangkan guru-gurunya dapat memanfaatkan perpustakaan untuk menambah wawasan pengetahuannya.
Agar buku-buku yang dimiliki perpustakaan dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh pemakainya, buku-buku yang ada harus dikelola dengan menggunakan sistematika yang berlaku,  adapun kegiatan yang harus dilakukan oleh petugas perpustakaan dapat dirinci sebagai berikut: buku yang baru datang, baik buku pembelian maupun buku-buku hadiah dimasukkan ke dalam buku induk, langkah berikunya dibuatkan kode klasifikasi setelah itu dibuatkan sarana penelusuran. Sarana yang dibutuhkan untuk pemakai perpustakaan salah satunya adalah katalog bahan pustaka. Katalog bahan pustaka ini akan menuntun pemakai perpustakaan sekolah untuk mengetahui koleksi-koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan dan langkah yang terakhir adalah tugas dari perpustakaan adalah pelayanan pemakai.
  1. Pengertian yang dimaksud dengan pelayanan pemakai disini adalah bentuk layanan yang diberikan oleh perpustakan kepada pemakai untuk memperoleh sumber-sumberi informasi yang dibutuhkannya
  2. Tujuan layanan perpustakaanadalah memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan informasi yang sesuai dengan keinginannya (Yusuf, 1994:84)
  3. Fungsi layanan perpustakaan adalah mempertemukan pembaca dengan bahan pustaka yang mereka minati (Martoatmojo, 1994: 6)
Dalam penyelenggaraan layanan perpustakaan, hendaknya bertitik tolak pada landasan pemikiran yang jelas, untuk apa layanan dilaksanakan, siapa yang harus dilayani, kondisi-kondisi apa yang mempengaruhi situasi layanan dan pemakai, strategi umum apakah yang perlu dilaksanakan dalam layanan an pemakai, strategi umum apakah yang perlu dilaksanakan dalam layanan perpustakaan. Tanpa adanya pola yang jelas serta adanya wawasan yang luas tentang hal tersebut, dikuatirkan layanan perpustakaan akan merupakan pekerjaan rutin dan pasif semata-mata (Muchyidin, 1980:20)


icon Layanan Pemakai SDN Jatimulyo 3.pdf
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno