• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

PELAKSANAAN PENDIDIKAN PEMAKAI PERPUSTAKAAN (P3) SEBAGAI MEDIA PROMOSI MELALUI PENGENALAN KEHIDUPA N PERGURUAN TINGGI (PKPT)

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso , S.Sos    Selasa, 28 Juli 2015 19:01
Abstrak. Beberapa kendala dalam pelaksanaan kegiatan promosi di perpustakaan PT, diantaranya  yaitu : (1)  sumber daya yang dimiliki perpustakaan PT belum memiliki nilai keunggulan, (2) masyarakat  akademis belum memandang secara benar terhadap tugas, fungsi dan peranan perpustakaan PT. Beberapa upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam promosi perpustakaan  PT, yaitu : (1) meyakinkan pimpinan PT tentang esensi perpustakaan. (2) meningkatkan citra  positif tentang  perpustakaan PT. (3) menempatkan promosi perpustakaan sebagai salah satu prioritas program perpustakaan PT. Strategi yang bisa digunakan dalam melaksanakan kegiatan promosi perpustakaan PT, yaitu  : (a) menerbitkan buku pedoman perpustakaan PT.  (b) mengadakan kegiatan ilmiah dalam bidang perpusdokinfo. (c) penataan kondisi fisik perpustakaan (Atmospheric). (d) kontak perorangan
Tujuan P3 di perpustakaam PT adalah : (1) meningkatkan keterampilan pengguna agar mampu memanfaatkan kemudahan dan sumber daya perpustakaan secara mandiri, (2) membekali pengguna dengan teknik yang memadai dan sesuai untuk menemukan informasi dalam subjek tertentu, (3) meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan pelayanan perpustakaan, (4) mempromosikan pelayanan perpustakaan, (5) menyiapkan pengguna agar dapat mengantispasi perkembangan ilmu dan teknologi. Pokok bahasan dalam P3 di perpustakaan PT meliputi : (1) tugas dan fungsi (2)  peraturan dan tata tertib , (3) sistem layanan, (4)  jenis sumber referensi dan informasi ilmiah , (5) alat pencarian bahan pustaka, (6) cara menemukan buku di rak buku , (7) susunan buku dalam rak buku , (8) perpustakaan digital , (9) kerja sama perpustakaan. Beberapa kendala dalam pelaksanaan P3, yaitu : (1) jumlah pemateri tidak seimbang dibandingkan dengan jumlah mahasiswa baru yang mengikuti P3 (2) tidak semua pustakawan memiliki kemampuan untuk melakukan sebuah presentasi (3) ruang yang digunakan untuk melaksanakan presentasi P3 tidak representatif (4) kegiatan P3  tidak ditindaklanjuti dengan kunjungan ke perpustakaan (library tour).
Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan berbagai upaya agar pelaksanakaan P3 berjalan efektif, yaitu dengan : (1)  menambah jumlah pemateri (2) meningkatkan kompetensi pustakawan dalam presentasi (3) melaksanakan presentasi P3 pada tempat yang representatif (4)  melaksanakan kegiatan library tour .
Kata kunci : Promosi perpustakaan, pendidikan pemakai, perguruan tinggi   

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno