• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Perpustakaan SDN Tegalgondo Kec. Karangploso Kab. Malang

 E-mail
Oleh Nining Nugrahini, SE    Senin, 09 Februari 2015 20:54
Penyelenggaraan pendidikan yang terprogram dan terarah diyakini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi modal dasar bagi kelanjutan pembangunan bangsa. Untuk mewujutkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam proses pendidikan sangat perlu memperhatikan sarana dan prasarananya.
Perpustakaaan sebagai salah satu sarana pendidikan untuk menunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan sekolah. Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional(UU No. 20 th 2003)  disebutkan bahwa setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik.
Dalam peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, diantaranya disebutkan bahwa setiap satuan pendidikan, wajib memiliki prasarana perpustakaan yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan (Depdiknas, 2005). Oleh karena itu keberadaan perpustakaan sekolah merupakan hal yang sangat penting. Perpustakaan sekolah diselenggarakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pemakai yang ada dilingkungan sekolah bersangkutan, khususnya para siswa, guru dan staf melalui pemanfaatan sumber informasi yang ada diperpustakaan.
Tujuan akhir dari didirikannya perpustakaan adalah untuk mendayagunakan agar koleksi yang dimiliki dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemakai(siswa, guru, staf sekolah dan masyarakat pemakai lainnya jika memungkinkan). Penggunaan koleksi perpustakaan dapat dicapai secara maksimal jika perpustakaan ditangani dengan baik dan benar, dan perpustakaan menjalankan kegiatan-kegiatan informasi secara dinamis. Sebagai ujung tombak jasa perpustakaan, bagian layanan berhubungan secara langsung dengan pemakai. Baik buruknya citra perpustakaan banyak dikaitkan dengan bagian ini. Untuk itu setiap petugas perpustakaan perlu melaksanakan tugasnya dengan penuh dedikasi, selalu mengutamakan kualitas layanan yang diberikan. Bila dipandang perlu sangat baik bila seseorang yang bertugas dibagian layanan mengerti masalah psikologi komunikasi atau psikologi yang berkaitan dengan layanan.

icon Layanan Perpustakaan Tegalgondo.pdf
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno