• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Pustakawaan : Sudahkan menjadi Agen informasi

 E-mail
Oleh SETIAWAN, S.Sos    Rabu, 21 Januari 2015 17:39

Pustakawaan : Sudahkan menjadi Agen informasi

( Studi Kasus pada Pustakawan Universitas Negeri Malang Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Social Dalam Pelayanan Informasi Bagi Pengguna)

 Oleh: SETIAWAN, S.Sos


Perkembangan jaman yang semakin maju membawa dampak luar biasa bagi sendi kehidupan. Perkembangan ini tak luput dari segi informasi yang terus menerus mengalir dengan beragam pengetahuan yang di bawanya. Informasi menurut Abdul Kadir mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut1. Sedangkan Menurut Jogiyanto HM., Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan2, dari pengertian diatas kita bisa mengambil suatu kesimpulan bahwasannya data yang diolah menjadi bentuk yang berguna itulah yang di sebut informasi , Informasi tersebut merupakan hasil pengolahan data atau fakta yang dikumpulkan dengan metode ataupun cara – cara tertentu.
 
Mengolah informasi merupakan salah satu tugas terpenting bagi seorang pengelola informasi, pustakawan merupakan salah satu diantara pengelola data yang akhirnya menjadi informasi yang di butuhkan penggunanya, pustakawan harus benar-benar bisa menjaga kemampuan dirinya sebagai bagian pengelola informasi, pustakawan harus bisa menempatkan ke-profesionalannya dalam mengelola informasi, dan ini sudah diakui sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPan) Nomor 18 Tahun 1988. Status pustakawan juga diakui sebagai salah satu tenaga kependidikan berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno