• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

STRATEGI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DALAM MEWUJUDKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN

 E-mail
Oleh Drs. Hari Santoso , S.Sos    Selasa, 28 Juli 2015 16:51
Abstrak. Keunggulan kompetitif yang kuat pada perpustakaan PT memiliki enam karakteristik, yaitu :  (1) Keunggulan kompetitif didorong oleh keinginan dan kebutuhan pemustaka. (2) Keunggulan kompetitif  memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesuksesan perpustakaan PT, (3) Keunggulan kompetitif  menyesuaikan sumber daya perpustakaan PT yang unik dengan kesempatan yang ada di lingkungan. (4) Keunggulan kompetitif itu awet, lama dan sulit ditiru oleh pesaing. (5) Keunggulan kompetitif memberikan dasar untuk perbaikan lebih lanjut, dan  (6) Keunggulan kompetitif memberi arah dan motivasi terhadap perpustakaan PT secara keseluruhan.
Perpustakaan PT agar  dapat membangun kapabilitas dan melanjutkan keunggulan kompetitif  dituntut untuk : (1) Secara terus menerus menilai dan memformulasikan strategi-strategi baru guna memenuhi kebutuhan pemustaka dengan cara yang lebih efektif. (2) Perpustakaan PT harus dapat beradaptasi dan terbuka dengan perubahan sehingga keterbukaan terhadap sebuah perubahan akan menjadikan perpustakaan PT sebagai organisasi yang dinamis, (3) Perpustakaan PT dapat mengembangkan kapabilitasnya dan mempertahankan keunggulan kompetitif dengan cara membangun kesatuan strategis       
Pengelolaan pustakawan yang efektif dan efisien didasarkan pada tiga prinsip, yaitu : (1) Pengelolaan dengan orientasi layanan.  (2)  Pengelolaan yang memberikan kesempatan yang seluas-luasnya pada pustakawan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengelolaan perpustakaan PT sehingga pustakawan termotivasi dalam bekerja karena merasa dihargai, diterima dan dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan . (3) Pengelolaan pustakawan yang mampu menumbuh-kembangkan jiwa intrepreneurship (kewirausahaan) dimana setiap individu dalam perpustakaan PT memiliki jiwa enterpreneurship.
Kinerja seorang pustakawan dipengaruhi oleh : (a) pengetahuan, kemampuan, dan sikap (b) gaya kerja, kepribadian/minat,  dasar-dasar, nilai sikap, kepercayaan dan gaya kepemimpinan.
Terdapat lima tipe karakteristik kompetensi, yaitu : (1) Motif, (2) Sifat, (3) Konsep diri, (4) Pengetahuan, (5) Keterampilan
Secara umum kompetensi personal yang harus dimiliki seorang pustakawan adalah : (1) Task achievement, (2) Relationship, (3) Personal attribute, (4) Managerial, (5) Leadership, Peningkatan kompetensi pustakawan pada perpustakaan PT yang terintegrasi dan berfokus pada kinerja superior  dilakukan melalui kebijakan :  (1)  Rekrutmen dan Seleksi (2) Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan dan Pelatihan. (3) Pembinaan Karir  ,(4) Manajemen Kinerja (5) Remunerasi.
Kata kunci :  Keunggulan kompetitif, kompetensi, pustakawan

icon Strategi Perpustakaan.pdf
 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno