• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Artikel Umum

Menemukan Kebenaran Melalui Perpustakaan

Oleh N. Rochmadi    Jumat, 31 Agustus 2012 09:32

Perkembangan peradaban manusia tidak bisa dilepaskan dari penemuan pengetahuan. Perolehan pengetahuan pada dasarnya merupakan penjelasan akan suatu kebenaran pada manusia. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa perkembangan peradaban manusia seiring dengan perolehan kebenaran yang dimiliki manusia.
 

Selanjutnya... [Menemukan Kebenaran Melalui Perpustakaan]
 

Prakerin SMK Negeri 8 Malang

Oleh Administrator    Selasa, 10 Mei 2011 17:24

Selanjutnya... [Prakerin SMK Negeri 8 Malang]
 

Kunjungan SD Bani Hasyim



Perpustakaan menerima kunjungan anak-anak SD Bani Hasyim kelas III, jumlah siswa sebanyak 67 santri. Kunjungan ke perpustakaan pada tanggal 20 Oktober 2009, bertujuan untuk melihat dari dekat perpustakaan sebagai tempat menghimpun berbagai koleksi bahan pustaka.Kunjungan ke perpustakaan merupakan bagian dari kurikulum sekolah sebagai kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan peradaban teknologi dan kebudayaan dengan tema "ilmu". "Perpustakaan UM dipilih sebagai sasaran agar anak-anak dapat melihat dan mencontoh  sikap kakak mahasiswa dalam memanfaatkan bahan bacaan yang tersedia untuk kepentingan tugas belajarnya dan melihat fasilitas layanan di perpustakaan perguruan tinggi", jelas Ibu Guru Pendamping. Selama kurang lebih dari 60 menit mereka didampingi petugas perpustakaan Bpk Dwi Sugianto, Bpk. Teguh Yudi, dan Ibu Nining Nugrahini, dengan antusias mereka menanyakan pertanyaan2 yang sudah mereka siapkan dari sekolah maupun spontan setelah melihat di lapangan. Pertanyaan yang cukup kritis dari adik SD Bani Hasyim adalah mengapa ada tulisan "HARAP TENANG"  tetapi kakak mahasiswa masih ada yang bercakap-cakap di meja belajar.    nah..

 

Minat dan Kebiasaan membaca Masyarakat Jawa Timur

PDF   E-mail
Oleh darmono    Selasa, 14 Juli 2009 20:12

Darmono – Anggota Peneliti

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan gambaran minat dan kebiasaan membaca masyarakat Jawa Timur, (2) mengetahui perbedaaan minat dan kebiasaan membaca masyarakat berdasarkan jenis kelamin, tingkat usia, jenis pekerjaan, jenjang pendidikan, dan tingkat penghasilan, (3) memperoleh gambaran hubungan antara minat dan kebiasaan membaca masyarakat berdasarkan jenis kelamin, tingkat usia, jenis pekerjaan, jenjang pendidikan dan tingkat penghasilan, (4) memperoleh gambaran pengaruh antara minat dan kebiasaan membaca masyarakat berdasarkan jenis kelamin, tingkat usia, jenis pekerjaan, jenjang pendidikan dan tingkat penghasilan.

Selanjutnya... [Minat dan Kebiasaan membaca Masyarakat Jawa Timur]
 

Kajian Efektifitas Perpustakaan Keliling di Indonesia Bantuan Perpustakaan Nasional RI

PDF 
Oleh darmono    Selasa, 14 Juli 2009 17:07

Darmono – Anggota Peneliti

Perpustakaan keliling merupakan salah satu bentuk layanan perpustakaan yang dilakukan dengan cara mendekatkan koleksi perpustakaan kepada pembacanya. Pada umumnya koleksi tersebut dibawa dengan menggunakan mobil, dengan cara ini perpustakaan dapat memberikan jasa layanan perpustakaan di daerah yang penduduknya sulit melakukan akses ke perpustakaan umum.

Selanjutnya... [Kajian Efektifitas Perpustakaan Keliling di Indonesia Bantuan Perpustakaan Nasional RI]
 

Pustakawan Perpustakaan UM mendapatkan dana hibah Program Penerapan IPTEK Sumber Dana DP2M Ditjen Dikti Depdiknas

Oleh Administrator    Senin, 13 Juli 2009 19:23

Proposal Pengabdian Masyarakat  program penerapan IPTEK yang diajukan oleh tim pustakawan Perpustakaan  UM terdiri dari Nining Nugrahini, Darmono, dan I Ketut Widiasa telah berhasil lolos uji seleksi dan mendapatkan dana hibah dari Dana DP2M Ditjen Dikti Depdiknas tahun 2009. Judul proposal adalah Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah  Di Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kota Malang Untuk Menunjang Proses Pembelajaran.   

Selanjutnya... [Pustakawan Perpustakaan UM mendapatkan dana hibah Program Penerapan IPTEK Sumber Dana DP2M Ditjen Dikti Depdiknas]
 

Komunikasi Ilmiah Melalui Jurnal Mengapa Kita Tertinggal?

Oleh darmono    Senin, 06 Juli 2009 20:27

BULAN April lalu harian Kompas melaporkan masalah penerbitan majalah ilmiah atau jurnal sebagai wahana komunikasi ilmiah (cetak miring dari penulis) di lingkungan pendidikan tinggi. Diungkapkan pengalaman Drs. Harisusanto - redaktur pelaksana majalah ilmiah Atma nan Jaya - yang menyatakan bahwa materi yang masuk ke redaksi pas-pasan dan mutunya rendah. Untuk bisa dimuat, separuh dari isi artikel yang masuk harus dirombak.

Selanjutnya... [Komunikasi Ilmiah Melalui Jurnal Mengapa Kita Tertinggal?]
 

Menggali Potensi Guru Dalam Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah

Oleh Administrator    Jumat, 29 Mei 2009 17:39

Perpustakaan sekolah sebagai penunjang utama dalam kegiatan pembelajaran mempunyai sumbangan yang sangat besar nilainya dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Kegiatan belajar yang ditunjang oleh faslitas serta bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan akan memberikan pengalaman ganda yaitu dapat mencapai tujuan pengajaran dan kemampuan menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar.

Selanjutnya... [Menggali Potensi Guru Dalam Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah]
 

Perpustakaan Tanpa Denda, mungkinkah?

Oleh Administrator    Rabu, 27 Mei 2009 18:54

Disiplin istilah yang sering kita dengar dalam setiap aktivitas sehari-hari terutama yang berhubungan rutinitas pekerjaan atau sesuatu hal yang berhubungan dengan pihak yang lain. Istilah yang gampang-gampang susah untuk diterapkan terlebih bila dikaitkan dengan social budaya dan prilaku seseorang dalam suatu tempat atau komunitas. Di perpustakaan disiplin dilekatkan dengan sebuah tata tertib yang mengatur hak dan kewajiban petugas dan pengguna agar system yang berjalan dapat berjalan dengan baik. Layanan sirkulasi yang mengatur peminjaman, perpanjangan dan pengembalian buku merupakan salah satu bagian yang berhubungan langsung dengan pengguna dituntut untuk konsisten dalam menegakkan disiplin. Permasalahan muncul manakala ada beberapa pengguna yang tidak disiplin dalam mengembalikan buku yang dipinjam. Denda adalah konsekuensi yang harus diterima akibat dari tidak disiplin.

Selanjutnya... [Perpustakaan Tanpa Denda, mungkinkah?]
 

Perpustakan bekerjasama dengan SMK VEDC dan 9 Malang

Penilaian Pengunjung: / 34
KurangTerbaik 

 

Selanjutnya... [Perpustakan bekerjasama dengan SMK VEDC dan 9 Malang]
 


Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno