• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Pustakawan Perpustakaan UM mendapatkan dana hibah Program Penerapan IPTEK Sumber Dana DP2M Ditjen Dikti Depdiknas

Oleh Administrator    Senin, 13 Juli 2009 19:23

Proposal Pengabdian Masyarakat  program penerapan IPTEK yang diajukan oleh tim pustakawan Perpustakaan  UM terdiri dari Nining Nugrahini, Darmono, dan I Ketut Widiasa telah berhasil lolos uji seleksi dan mendapatkan dana hibah dari Dana DP2M Ditjen Dikti Depdiknas tahun 2009. Judul proposal adalah Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah  Di Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kota Malang Untuk Menunjang Proses Pembelajaran.   

Latar belakang  masalah yang diangkat  dalam proposal adalah  keberadaan dari perpustakaan SMK yang perlu dipersiapkan untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan pembelajaran di lingkungan SMKagar dapat yang berfungsi secara baik. Dalam penerapan pembelajaran banyak ditemui berbagai permasalahan lapangan salah satunya adalah ketersediaan bahan pelajaran untuk menunjang proses pembelajaran masih harus perlu dipersiapkan dengan baik. Banyak sekolah di lingkungan SMK yang belum siap dengan penyediaan bahan pelajaran melalui perpustakaan sekolah. Ketidaksiapan tersebut bukan semata-mata disebabkan kurangnya bahan pelajaran (baca buku dan sumber informasi ilmiah lainnya), akan tetapi juga disebabkan oleh pengelolaan perpustakaan yang kurang baik dan terstandar, sehingga koleksi yang sudah dimiliki kurang dapat didayagunakan untuk menunjang pelaksanaan kurikulum secara maksimal.  

Untuk meningkatkan keberadaan perpustakaan sekolah di lingkungan SMK agar dapat berfungsi dengan baik dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah, perlu ditempuh adanya upaya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang menguasai dan peduli terhadap pengembangan perpustakaan sekolah. Untuk itu dipandang strategis bahwa guru atau staf yang akan diberi tugas mengelola perpustakaan sekolah dibekali dengan pelatihan tentang manajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah. Dengan demikian diharapkan bekal yang akan diberikan melalui pelatihan dapat diterapkan untuk menghidupkan keberadaan perpustakaan sekolah sehingga mampu menunjang kegiatan proses pembelajaran secara maksimal.  

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1. Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada pengelola perpustakaan sekolah di lingkungan sekolah di SMK tentang manajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah melalui pendidikan dan pelatihan singkat.

2. Menyiapkan sumber daya manusia (pustakawan) yang mampu menjadi motivator pengembangan perpustakaan sekolah di lingkungan sekolah di SMK 

Jadwal pelaksanaan  kegiatan  direncanakan  pada Minggu kedua bulan Agustus 2009.  Sasaran  pendidikan dan pelatihan tentang manajemen dan tata kerja pengelolaan perpustakaan sekolah untuk menunjang proses pembelajaran pada sekolah-sekolah di lingkungan SMK di Kota Malang negeri dan swasta adalah para pengelola atau calon pengelola perpustakaan sekolah..  Jumlah peserta pelatihan yang akan diundang diperkirakan 150 peserta yang masing-masing mewakili sekolah mereka.  

Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah:

1) Untuk pendidikan dan pelatihan ini digunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, dan praktik. Tujuan metode ini adalah untuk memberikan masukan pengetahuan dan keterampilan tentang aspek-aspek pengelolaan perpustakaan sekolah.

2) Monitoring ke sekolah setelah kegiatan selesai dengan maksud untuk mengetahui implementasi hasil kegiatan di sekolah. Monitoring dilakukan secara sampling untuk mengetahui implementasi pelaksananaan perpustakaan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.

 

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno