• Halaman 1
  • Pintu depan Perpustakaan UM
  • Area Internet Gratis
  • Area Hotspot
  • Layanan
  • Opac

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika

PDF  Array Cetak Array
Oleh Yuniawatika ,S.Pd., M.Pd    Senin, 06 Juni 2016 16:51
Yuniawatika  ( Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )
Harti Kartini( Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )
Jurusan KSDP Prodi PGSD Universitas Negeri Malang


ABSTRAK
Permasalahan dalam tulisan ini adalah kemampuan menulis siswa masih rendah. Kemampuan menulis merupakan salah satu aspek dari kemampuan komunikasi matematis yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan menulis matematis dapat dilakukan melalui representasi matematis, yaitu (a) aspek drawing, yakni memunculkan model konsep, seperti gambar, diagram, tabel, dan grafik; (b) aspek mathematical expressions, yakni membentuk model matematis; dan (c) aspek  written text, yakni argumentasi verbal yang didasarkan pada gambar dan konsep-konsep formal.Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai alternatif strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis matematis pada pembelajaran matematika yaitu strategi Writing from a Promptdan Writing in Performace Tasks (WPWT) dan Think Talk Write (TTW).


Kata  Kunci: kemampuan  menulis  matematis,  Writing  from  a  Prompt dan  Writing  in  Performace Tasks(WPWT), Think Talk Write (TTW)

Artikel diatas dipublikasikan dalam Prosiding Seminar Internastional Membudayakan Menulis Kelas Dunia untuk Membangun Kualitas Pustaka.

 

 

 
Akun Media Sosial


Ask Librarian


Buku Prof. Dr. H. Suparno